Home >> Tips dan Trik >> Panduan Terkini Menghemat Listrik

Panduan Terkini Menghemat Listrik

Salah satu kebutuhan vital sehari-hari banyak orang saat ini adalah listrik. Karena listrik bisa menjalankan berbagai macam alat untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Kebutuhan vital satu ini menjadi penguasaan oleh negara, jadi kebijakan pemerintahlah yang bisa mengatur harga dari listrik ini. Mau dijadikan murah, mahal, ataupun gratis, semuanya tergantung kebijakan dari pemerintah.

Namun fakta yang terjadi saat ini tarif listrik semakin mahal sehingga memotong biaya kebutuhan lainnya gara-gara untuk membiayai listrik yang kita pakai dalam sebulan. Sebagai pelanggan PLN kita hanya bisa menghemat pemakaian listrik agar biaya yang kita keluarkan tiap bulannya tidak membengkak.

Berikut panduan terkini menghemat listrik :

1.Pasang sistem listrik prabayar

listrik prabayar

Yang masing menggunakan listrik pascabayar sebaiknya migrasi ke listrik prabayar. Sistem listrik prabayar memberikan kemudahan kepada kita untuk berhemat listrik karena memiliki sistem otomatis dalam penghitungan stroom yang kita pakai. Jika pemakaian melebihi stroom yang kita miliki maka akan terjadi pemadaman otomatis sebagai peringatan untuk mengisi strooom kembali agar listrik bisa nyala kembali.

2.Pasang lampu LED

lampu led

Lampu LED adalah salah satu solusi menghemat listrik, karena memiliki daya yang kecil tetapi tingkat kecerahannya tinggi. Jika dibandingkan dengan lampu yang lain maka perbandingannya bisa 5 kali lipat bahkan lebih dalam penghematannya.

3.Pasang pompa air hemat listrik dan tandon air

pasang pompa air dan tandon air

Ada merek tertentu yang hemat listrik dengan kapasitas yang lumayan dalam memompa air. Kemudian agar listrik lebih hemat harus memasang tandon air. Jadi pompa air akan menyala otomatis jika air didalam tandon tinggal sedikit kemudian akan mati sendiri ketika air dalam tandon sudah penuh.

3.Pakai setrika otomatis dan setrika baju yang penting saja

setrika otomatis baju penting

Setrika otomatis memiliki pengaturan otomatis jika panas yang kita inginkan sudah tercapai maka setrika akan mati otomatis, kemudian akan menyala lagi ketika panas yang kita inginkan belum didapatkan. Agar lebih hemat lagi dengan menyetrika baju yang penting saja, seperti seragam kantor, seragam sekolah, baju untuk ibadah dan pakaian yang mudah kusut.

4.Membiasakan kebiasaan baik

matikan tv sebelum tidur

Mematikan televisi sebelum tidur, jangan sampai menonton televisi sampai tertidur. Kemudian matikan lampu ruangan yang tidak terpakai, mencabut kabel alat elektronik dari sumber listrik setelah memakainya, matikan semua lampu sebelum tidur, dan lakukan kebiasaan baik lainnya.

5.Menanam tanaman disekitar rumah

tanaman disekitar rumah

Tanaman yang banyak dan rindang disekitar rumah akan memberikan udara yang sejuk dan segar didalam rumah. Jadi mengurangi pemakaian pendingin ruangan sehingga listrik menjadi hemat dan biaya tidak membengkak.

6.Pekerjaan manual

pekerjaan manual

Pekerjaan manual seperti mencuci baju dengan menggunakan tangan atau tanpa mesin, memasak nasi menggunakan kompor gas, mengisi air dengan menimba air secara manual. Hal tersebut juga memberikan manfaat bagi diri kita selain hemat listrik , tubuh juga menjadi bugar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *