Home >> Tips dan Trik >> Panduan Menghitung Jumlah KWH Pulsa Token

Panduan Menghitung Jumlah KWH Pulsa Token

web-banner-pln-855x285px-01

Meski sering membeli pulsa token listrik, masih banyak pengguna listrik prabayar tidak mengetahui hal ini. Apakah anda sudah tahu bagaimana menghitung Jumlah KWH pulsa listrik? Belum. Ya, itu sudah pasti.

Sebagai pengguna, kebanyakan memang tidak tahu menahu mengenai hal ini. Yang diketahui oleh para pengguna listrik prabayar, yaitu kapan waktunya mengisi pulsa listrik. Yap, itu saja sudah cukup. Ada baiknya pengguna Listrik PLN PraBayar (Pulsa Token) mengerti cara menghitung jumlah KWH.

Bukan hanya pengguna yang baru berlangganan atau bagi pengguna yang baru beralih dari Listrik PascaBayar ke Listrik PraBayar (Token), pengguna lama listrik prabayar pun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung jumlah KWH. Khususnya jumlah KWH dari pembelian pulsa token dengan nominal tertentu.

Sebelum anda menghitung jumlah KWH pulsa token, ada beberapa hal yang mempengaruhi besar kecilnya jumlah KWG Pulsa Token, diantaranya:

  • Tarif Dasar Listrik (TDL)
  • Pajak Penerangan Jalan (PPJ)
  • Biaya Admin Bank

Keterangan:

  • TDL adalah Besaran Tarif Daya, contoh: Daya 450, 900, 1300 dst.
  • PPJ adalah pajak penerangan jalan yang sudah ditentukan. Tiap daerah memiliki perbedaan besaran PPJ. Maksimal prosentase sejumlah 10%. PPJ untuk wilayah Kabupaten besarannya mencapai 3% dan untuk wilayah Kotamadya sebesar 6%.
    Biaya Admin Bank adalah biaya administrasi untuk bank.

Rumus penghitungan jumlah KWH pulsa token pln

rumus-jumlah-kwh-token

Misalnya, bila anda bertempat tinggal di Kabupaten. Membeli pulsa token nominal Rp 50 ribu. Daya listrik anda R1 900 VA. Biaya TDL Rp 605/kwh. Dan, biaya Admin sebesar Rp 1.600. Maka, anda akan mendapatkan hasil:

contoh-cara-menghitung

Nah, anda sudah tahu bukan bagaimana caranya menghitung jumlah kwh transaksi pembelian atau pengisian pulsa token pln? Apabila anda menemukan bahwa rumus dan cara menghitung jumlah kwh token di atas tidak sesuai dengan jumlah kwh yang anda hitung, hal itu bisa dikarenakan perbedaan pajak penerangan jalan (PPJ). Setiap daerah memiliki besaran PPJ berbeda-beda. Tarif PPJ untuk daerah Tingkat Kabupaten berkisar 3% – 6%, sedangkan Tingkat Kotamadya antara 6% – 10%.

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

GooglePlay

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *