Home >> Tips dan Trik >> Panduan Mengelola Keuangan Bisnis Pulsa

Panduan Mengelola Keuangan Bisnis Pulsa

Pengelolaan keuangan yang baik dalam sebuah usaha wajib dilakukan, sudah banyak kasus tidak berkembang atau bangkrutnya sebuah usaha disebabkan oleh pengelolaan keuangan yang tidak baik. Di dalam bisnis pulsa ini pun juga demikian, jika pengelolaan keuangan kacau maka bisa dipastikan bisnis pulsa yang dilakukan juga akan kacau, alias tidak berkembang bahkan sampai bangkrut.

panduan mengelola keuangan

Terutama bagi pemula dalam bisnis pulsa ini harus memahami pengelolaan keuangan dengan baik sebelum mereka memulai melakukan bisnis pulsa. Jangan sampai nekat menjalankan bisnis pulsa tanpa ilmu yang cukup dalam pengelolaan keuangan khususnya. Setelah cukup memiliki ilmu tentang pengelolaan keuangan barulah bisnis bisa mulai dijalankan.

Berikut panduan dalam mengelola keuangan bisnis pulsa dengan baik :

1.Pisahkan antara uang usaha dengan uang pribadi

pisahkan uang pribadi dengan usaha

Sekecil apapun usaha kamu, kewajiban memisahkan uang untuk usaha dan uang pribadi harus kamu lakukan. Banyak kasus terjadi pada pemula, bahwa merasa bisnisnya masih baru maka mereka mengabaikan permasalahan ini, yaitu mencampur uang usaha dengan uang pribadi. Mereka beralasan bahwa usahanya baru kecil, jadi tidak perlu memisahkan keuangan ini. Namun apa yang terjadi, justru mereka kesulitan untuk mengukur seberapa besar transaksi yang terjadi diawal bisnis pulsa mereka. Sehingga mereka tidak mampu untuk memperbaiki kekurangan usaha mereka, dan akhirnya usaha pulsa tidak berkembang. Dengan memisahkan uang usaha dengan uang pribadi, maka catatan kamu akan rapi, dan bisa menjadi analisa bisnis usaha kamu seberapa jauh berkembangnya. Kemudian kamu bisa mencari strategi baru supaya bisnis pulsa kamu bisa lebih berkembang lagi.

2.Menentukan prosentase keuangan sebagai modal

prosentase keuangan

Prosentase yang ditetapkan setiap pengusaha berbeda -beda. Yang penting prosentase dari keuntungan atau laba, biaya operasional, biaya pengembangan bisnis pulsa, tidak mengganggu prosentase modal usaha yang kamu jalankan. Dengan mengalokasikan dana dengan prosentase yang tepat pada pos masing-masing tesebut, maka bisnis pulsa kamu akan berjalan dengan baik.

3.Buat laporan keuangan yang rapi tiap bulan

laporan keuangan

Dengan laporan yang rapi,maka kamu bisa menghitung jumlah transaksi yang terjadi dalam satu bulan, dan kamu bisa menghitung pemasukan dan pengeluaran keuangan yang terjadi dalam sebulan. Setelah itu baru kamu bisa menghitung keuntungan dalam sebulan serta merencanakan strategi kedepan supaya transaksi bisa meningkat.

4.Jangan berhutang

jangan berhutang

Mengembangkan usaha butuh kesabaran, kamu lakukan saja sesuai dengan kemampuan kamu. Mengembangkan usaha bisa kamu lakukan sedikit demi sedikit dengan menambahkan keuntungan bisnis pulsa ini menjadi modal sampai bisnis pulsa yang kamu jalankan menjadi besar. Jangan terpengaruh dengan cara instan dengan cara berhutang supaya bisnis pulsa cepat besar. Justru nanti bisnis pulsa belum tentu berkembang, malah kamu akan terbebani dengan hutang yang kamu lakukan.

5.Pantau selalu arus kas

arus kas

Jangan sampai didalam arus kas ini banyak pengeluaran yang tidak begitu penting, jika terjadi seperti itu segera menormalkan kembali arus kas tersebut. Jika arus kas bisnis pulsa kamu sudah terpantau dengan baik, itu menandakan bisnis pulsa kamu juga lancar dan baik. Tetap pertahankan kondisi tersebut dan terus berupaya meningkatkan pemasukan dari arus kas bisnis pulsa kamu.

Demikian panduan dalam pengelolaan keuangan bisnis pulsa, semoga kamu sebagai pemula dalam bisnis pulsa ini bisa menerapkan dalam bisnis yang sedang kamu jalankan. Beberapa panduan diatas bisa menjadi acuan dasar dalam menjalankan bisnis pulsa kamu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *