Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Panduan Memulai Bisnis PPOB

Panduan Memulai Bisnis PPOB

Sebelumnya kita harus tahu tentang PPOB itu sendiri. PPOB kepanjangan dari Payment Point Online Bank adalah sistem pembayaran yang memanfaatkan fasilitas dari bank. Adapun produk-produk yang bisa dilakukan pembayaran dari sistem PPOB ini adalah pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan telkom, angsuran sepeda motor seperti Adira, WOM, FIF, bayar premi BPJS, tagihan PDAM, dan lain sebagainya. Bisnis PPOB ini semakin menjamur karena mudah dilakukan dan berpeluang mendapatkan untung yang besar dengan mempermudah pelanggan dalam proses pembayaran. Pelanggan tidak harus datang ke kantor, tetapi cukup didekat rumah kita yang membuka loket PPOB pembayaran sudah bisa kita lakukan.

bisnis ppob

Bagi kita yang mau memulai bisnis PPOB ini sebaiknya mempersiapkan peralatan dan mempelajarinya terlebih dahulu tentang bisnis ini. Sesudah itu langkah yang kita lakukan adalah:

1.Menyiapkan peralatan

peralatan ppob

Dalam bisnis ini ada peralatan yang harus disediakan sebagai penunjang bisnis PPOB, seperti PC atau laptop, untuk mengakses aplikasi yang telah disediakan oleh distributor PPOB kita nanti. Kemudian printer dan koneksi internet, karena bisnis ini berbasis internet, maka koneksi internet ini sangat vital bagi bisnis ini, koneksi bisa berupa modem atau koneksi speedy, atau koneksi lainnya yang mendukung ditempat kita nantinya. Printer sebagai alat mencetak struk hasil pembayaran tagihan atau cicilan pelanggan, sebagai bukti bahwa pelanggan tersebut sudah membayar dibulan itu dan untuk kepentingan yang lain bagi pelanggan.

2.Pilih distributor yang tepat

pilih mitra bisnis

Distributor yang memiliki pengalaman yang lama dan memiliki produk yang banyak tersedia, juga memiliki kecepatan transaksi yang cepat , ini bisa menjadi pilihan kita sebagai mitra terpercaya kita. Pengalaman yang lama disini bisa dipastikan bahwa mitra kita sudah banyak mengalami pahit manisnya dalam perjalanan bisnis ini dan bisa mengatasinya. Sedangkan produk yang banyak tersedia ini bisa menjadi daya tarik kita kepada pelanggan agar nanti mereka bertransaksi ditempat kita, juga kecepatan transaksi ini sebagai layanan kita kepada pelanggan nantinya.

3.Modal yang cukup

modal cukup

Modal dalam bisnis ini sebenarnya tidak harus besar, modal yang cukup sesuai dengan tagihan yang harus dibayar pelanggan kita nantinya. Modal kita nantinya akan sesuai ditentukan berapa banyak pelanggan kita dan besaran tagihan yang harus dibayar pelanggan kita nantinya. Jadi jangan buru-buru untuk mentransfer modal yang besar dulu, tetapi transferlah modal yang cukup, jika nanti kurang kita bisa mentransfer lagi.

4.Tempat yang strategis

tempat bisnis

Bisnis PPOB ini supaya bisa berkembang dengan baik salah satunya harus memiliki tempat strategis. Tempat strategis ini tidak berarti harus yang mahal dan mewah, tetapi anda bisa memanfaatkan peluang tempat strategis tersebut untuk bisa kita tempati, contohnya menyewa lokal kecil di sebagian tempat strategis tersebut. Asalkan banyak orang bisa mengakses tempat anda dan mudah dilewati kendaraan , baik roda 2 ataupun roda 4. tempat tersebut dekat dengan perumahan penduduk yang padat. karena penduduk tersebutlah yang akan menjadi calon pelanggan kita nantinya.

Demikianlah beberapa panduan memulai bisnis PPOB, yang sederhana dan bisa kita pahami dengan mudah. Semoga panduan tersebut bisa menjadi motivasi kita untuk melakukan bisnis PPOB. Karena bisnis ini memiliki resiko kerugian kecil, dan produk bisnis ini tidak mengalami kadaluarsa. Bagi pemula dalam bisnis PPOB, panduan diatas sangat cocok untuk diaplikasikan jika mau menjalankan bisnis PPOB dengan modal kecil-kecilan. Dengan modal kecil dulu nanti bisnis juga bisa berkembang, tidak harus memulai dengan modal yang besar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *