Home >> Tips dan Trik >> Panduan Cara Daftar BPJS Online Terlengkap 2016

Panduan Cara Daftar BPJS Online Terlengkap 2016

C3ap99L-alur-bpjs

Tertarik mendaftar BPJS? Tenang, sekarang anda tidak perlu menunggu antri yang panjang dan menyita waktu. Secara umum, saat ini, mendaftar BPJS bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu konvensional (offline) dan online.

Offline artinya anda harus datang ke kantor BPJS terdekat. Memilih cara ini berarti anda harus siap mengantri. Cara kedua yaitu, Online. Dengan cara ini anda bisa mendaftar secara online di laman resmi BPJS.

Lalu, apa saja syarat-syarat Daftar BPJS Online?

Untuk mendaftar BPJS secara online, maka persyaratan yang anda perlukan tidak berbeda jauh dengan persyaratan ketika anda mendaftar secara offline, yaitu:
KK (kartu keluarga)
• KTP (kartu tanda penduduk) yang masih belaku
• Kartu NPWP
• Alamat Email dan No HP
• Nomor Rekening Penanggung yang digunakan membayar Iuran

Apabila persyaratan di atas sudah siap, maka langkah selanjutnya yang patut anda lakukan yaitu Cara Daftar BPJS Secara Online.

Langkah-langkah pendaftaran BPJS Secara Online:

  • Persiapkan terlebih dahulu alat yang diperlukan. Bisa laptop/tablet/smartphone plus koneksi internet.
  • Silahkan berkunjung ke laman BPJS Kesehatan.
  • Temukan menu pendaftaran Online e-Registration. Biasa terletak di pojok kiri atas. Klik menu itu.
  • Anda akan melihat halaman yang berisi persyaratan yang harus disiapkan. Apabila anda sudah membaca secara seksama, silahkan klik tombol “Pendaftaran”.
  • Muncul form pendaftaran. Silahkan anda isi dengan data diri sesuai KTP. Di dalam form pendaftaran, silahkan mengisi alamat, tempat tanggal lahir, nomor handphone, alamat email, dan kantor cabang BPJS terdekat di kota anda. Lokasi kantor cabang BPJS ini akan menjadi lokasi di mana anda mengambil kartu BPJS saat sudah jadi.

Nah, ini yang tidak kalah penting. Anda diwajibkan memilih kelas anggota BPJS. Bagi anda yang bukan merupakan Non-PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan) silahkan memilih salah satu dari:
Kelas 1/ orang = Rp 59.500/bulan
• Kelas 2/ orang = Rp 42.500/bulan
• Kelas 3/ orang = Rp 25.500/bulan

Ada baiknya anda mendaftar BPJS di awal bulan. Alasannya, apabila anda mendaftar di akhir bulan, maka anda akan dikenakan tagihan di awal bulan. Jadi, belum genap satu bulan anda terdaftar, adna sudah harus membayar tagihan.

Pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Apabila terlambat membayar tagihan, maka akan dikenakan denda sebesar 2%. Tidak ada perbedaan dari sisi pelayanan medis di kelas I, kelas II, maupun kelas III. Jenis obat, kualitas obat, penanganan medis, semuanya sama rata.

Perbedaan tipe kelas hanya pada pelayanan non-medis, yaitu kelas untuk ruang inap. Kelas I dirawat di ruang inap kelas I, kelas II di ruang inap kelas II, kelas III di ruang inap kelas III. Apabila di saat pengobatan and ingin mengganti kelas rawat inap, maka ada biaya tambahan.

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

GooglePlay

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *