Home >> Wisata >> Obyek Wisata Gili Trawangan

Obyek Wisata Gili Trawangan

Obyek Wisata Gili Trawangan berlokasi di Pulau Lombok. Obyek wisata Gili Trawangan ini merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara dan turis domestik. Pulau kecil ini memiliki banyak spot yang menjadi destinasi para wisatawan karena memiliki pesona keindahan alamnya.

Obyek wisata Gili Trawangan memiliki luas pulau yang kecil sehingga beberapa spot menarik bisa dengan mudah kita datangi dan menikmatinya. Untuk mendatangi spot-spot menari tersebut cukup dengan menggunakan jenis alat transportasi mulai sepeda kayuh dan menyewa cidomo karena di obyek wisata Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor.

Obyek wisata Gili Trawangan merupakan salah satu gili (pulau kecil) dari 3 gili yang memiliki letak yang berjejer dekat dengan Pulau Lombok. Ketiga gili itu diantaranya Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Di antara ketiganya, Gili Trawanganlah yang memiliki luas wilayah yang paling luas. Selain itu di Gili Trawanganlah yang memiliki spot paling menarik dan sangat dikenal di Lombok.

Obyek wisata Gili Trawangan yang memiliki keindahan alam menakjubkan ini membuat tempat ini sangat dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga terkenal di luar negeri. Beberapa spot keindahan di pulau kecil ini diantaranya menawarkan obyek wisata alam bawah laut yang sangat mempesona dengan pantainya yang berpasir putih yang sangat indah. Kemudian spot untuk menikmati sunset dengan panorama yang indah dan sejumlah spot hiburan lainnya yang menarik. Obyek wisata yang sudah mendunia ini juga sudah banyak memiliki sarana penunjang seperti hotel, restoran, dan layanan wisata lengkap sehingga bisa memanjakan para wisatawan.

Spot-Spot Menarik Obyek Wisata Gili Trawangan

Wisata Bawah Laut

obyek wisata gili trawangan

sumber : https://www.water-sport-bali.com/

Wisata bawah laut ini merupakan salah satu spot wisata unggulan di Gili Trawangan. Wisata bawah laut ini menawarkan keindahan biota bawah laut yang sangat beragam, mulai dari terumbu karang yang tumbuh dengan baik sehingga menjadi tempat banyak ikan dengan beragam jenis hidup disana. Wisata bahari ini sangat disukai oleh banyak wisatawan untuk melakukan diving, snorkeling, seawalker dan glass bottom boat.

Watersport

Watersport yang dilakukan di atas air ini menjadi spot kedua setelah spot wisata bawah laut yang ditawarkan pada obyek wisata Gili Trawangan. Watersport menarik yang ditawarkan mulai dari banana boat, glas bottom boat, berlayar ke Gili Meno, dan surfing. Dan ada watersport baru yang merupakan wisata petualangan ekstrem untuk menguji nyali, yaitu aqua flight. Aqua flight ini adalah sebuah alas kaki khusus yang telah dihubungkan dengan selang kemudian dialiri air bertekanan tinggi, sehingga membuat pemain bisa terbang dan juga bisa menyelam, seperti seekor lumba-lumba yang menari indah.

Pantai Gili Trawangan

sumber : https://www.water-sport-bali.com/

Pantai Gili Trawangan memiliki pesona yang menakjubkan karena pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan pantai ini bersih sehingga airnya tampak jernih. Keindahan pantai ini cukup membuat takjub para wisatawan saat pertama menginjakkan di pulau ini dan membuat para wisatawan ingin berenang. Obyek wisata pantai di Gili Trawangan ini banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berjemur dan bersantai.

Tempat Konservasi Penyu

Di Gili Trawangan ada tempat konservasi penyu yang berlokasi di dekat dermaga fast boat di Gili Trawangan. Tempat ini sudah dikenal dengan nama Turtle Conservation atau tempat konservasi penyu. Pada tempat ini dilakukan aktivitas penangkaran anak penyu yang disebut tukik. Setelah anak-anak penyu yang di tangkar sudah bisa hidup di habitat aslinya, maka akan dilepaskan di laut bebas di Gili Trawangan. Untuk datang ke penangkaran penyu ini tidak dipungut biaya dan bisa didatangi siapapun.

Tempat Sunset (Matahari Terbenam)

sumber : https://puspasiagian.com/

Sunset (matahari terbenam) merupakan pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati di sore hari. Pemandangan alam sunset di pulau Gili Trawangan bisa dinikmati di pinggir pantai dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Sunset view ini lokasinya berada di sebelah Barat pulau. Di lokasi ini banyak wisatawan yang melakukan foto selfie dengan pemandangan alam spektakuler yang instagramable, seperti bersantai di ayunan sambil menikmati matahari terbenam.

Nonton Film Di Pinggir Pantai

Sensasi menonton film di tempat terbuka bisa dilakukan di obyek wisata Gili Trawangan. Lokasi nonton film ini berada di pinggir pantai sehingga ada sensasi yang seru saat menonton. Keseruan saat menonton akan disemarakkan dengan cahaya kerlipan bintang yang ada dilangit. Saat menonton sudah disediakan tempat duduk beserta camilan dan minuman yang bisa dinikmati. Yang menarik lagi untuk menonton film ini tidak perlu membayar tiket, tetapi cukup membeli makanan dan minuman saja.

Live Music

Selain obyek wisata, di Gili Trawangan juga ada tempat hiburan seperti live music. Biasanya turis mancanegara senang dengan tempat hiburan seperti ini untuk melepaskan penat. Di obyek wisata Gili Trawangan ada sejumlah kafe atau bar yang menawarkan hiburan live music mulai dari musik regge hingga musik modern. Biasanya kafe dan bar ini ramai pengunjung saat di malam hari. Lokasi bar dan kafe berada di tepi pantai.

Atraksi Peresean

sumber : https://www.balitoursclub.net/

Apa itu peresean ? Peresean adalah seni bela diri tradisional asli suku Sasak yang disebut juga stick fighting. Seni bela diri tradisional ini sering dipentaskan di pusat keramaian Gili Trawangan yang berlokasi di pasar seni yang berada di dekat dermaga speed boat atau fast boat Gili Trawangan. Dalam atraksi seni bela diri ini kedua petarung disebut pepadu kemudian dalam pertarungan keduanya saling menyerang menggunakan batang rotan dan menagkis dengan perisai yang disebut ende. Selain keberanian, keahlian juga dibutuhkan dalam seni bela diri ini supaya tidak terkena pukulan rotan.

Boat Party

Karena Gili Trawangan merupakan obyek wisata, maka wajar saja didalamnya terdapat banyak tempat hiburan. Tempat hiburan yang ditawarkan salah satunya adalah boat party atau pesta di atas perahu. Pesta ini dilakukan di atas sebuah kapal Pinisi yang sudah dimodifikasi menjadi bentuk yang elegan dan mewah yang terbuat dari kayu besi. Perahu ini telah didesain oleh designer dari Italia. Perahu ini melakukan perjalanan mengelilingi Gili Trawangan dengan di tasnya sdah disiapkan pesta beserta DJ musik. Di atas perahu juga bisa menikmati pemandangan sunset. Kapasitas perahu ini adalah 25 orang penumpang di tambah dengan 7 awak kapal.

Demikian sejumlah spot di objek wisata Gili Trawangan yang menawarkan keindahan alam dan hiburan didalamnya. Keindahan di pulau ini juga di dukung dengan pulau yang bebas dari kendaraan bermotor sehingga suasana alami alamnya bisa dirasakan dengan sangat nyaman di sana. Untuk menuju ke Gili Trawangan dari Bali cukup melakukan perjalanan air dengan menggunakan speed boat dari dermaga Padang Bai, Bali menuju dermaga Gili Trawangan yang membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.