Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Muncul Tulisan PERIKSA, Penyebab dan Solusinya

Muncul Tulisan PERIKSA, Penyebab dan Solusinya

Masalah yang sering menyusahkan pelanggan listrik prabayar adalah munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik prabayar. Dengan kondisi seperti itu, maka stroom tidak bisa diisi ulang sebelum meteran listrik menjadi normal kembali. Untuk menormalkan kembali meteran listrik prabayar harus dimasukkan kode clear temper token, dan kode tersebut hanya pihak PLN yang bisa mengeluarkannya. Selain itu kode clear temper token hanya untuk satu kali saja, dan jika muncul lagi tulisan PERIKSA maka harus minta lagi kode clear temper token lagi ke PLN. Permasalahan yang merepotkan sebenarnya adalah ketika Call PLN dan lama responnya, padahal satu-satunya solusi adalah dari PLN tetapi untuk Call PLN saja pelanggan merasa kesulitan.

periksa lpb
Sebelumnya yang perlu diketahui penyebab munculnya tulisan PERIKSA pada meteran prabayar ada beberapa hal.

Pertama, ada perbedaan aliran listrik pada penghantar phase dan netral, perbedaan tersebut muncul bisa karena ada kebocoran arus yang ke ground sehingga tulisan PERIKSA tersebut muncul karena setingan otomatis fitur pada meteran listrik prabayar. Meteran prabayar memiliki setingan otomatis, besaran arus yang masuk dan keluar sesuai dengan setingan tersebut, jika ada perbedaan maka akan muncul tulisan PERIKSA.

aliran listrik pada penghantar phase dan netral

Kedua, Instalasi listrik dalam rumah yang buruk menjadi salah satu penyebab juga munculnya tulisan PERIKSA tadi. Instalasi listrik dibikin sebelum pemasangan listrik prabayar atau instalasi lama karena sebelumnya pelanggan menggunakan listrik pascabayar. Ketika migrasi ke listrik prabayar ternyata sering terjadi muncul tulisan PERIKSA. Jika pemasangan instalasi listrik dilakukan bersamaan dengan pemasangan listrik prabayar, kemungkinan untuk terjadinya muncul tulisan PERIKSA sangat kecil sekali, karena instalasi tersebut merupakan instalasi baru.

instalasi sederhana

Ketiga, Kabel dibawah standar juga pemicu munculnya tulisan PERIKSA. Kabel dibawah standar rawan terkelupas karena kualitas yang buruk, selain itu kabel dibawah standar juga membuat arus listrik tidak stabil karena kualitas buruk tadi. Jika kabel terkelupas maka listrik rawan akan kebocoran, dan kebocoran listrik tadi akan menimbulkan munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik prabayar.

kabel terkelupas

Keempat, Arus listrik tidak stabil menjadi salah satu penyebab juga munculnya tulisan PERIKSA. Suplay listrik dari PLN yang terlalu besar karena ada kerusakan pada jaringan bisa juga menjadi penyebabnya. Ada juga sambungan kabel yang kurang kuat sehingga tegangan listrik menjadi tidak stabil. Penyebab-penyebab tersebut yang bisa mengetahui adalah teknisi dari PLN.

tegangan tinggi

Dari keempat penyebab diatas tentunya ada solusi yang bisa dilakukan agar meteran listrik prabayar menjadi normal kembali. Solusi pertama untuk arus yang berbeda tadi adalah meminta teknisi PLN untuk mengecek sumber permasalahan tadi dan memperbaiki instalasi yang kurang benar sehingga arus listrik menjadi seimbang dan stabil. Solusi kedua adalah memperbaiki instalasi lama dengan instalasi baru yang standar dan baik. Solusi ketiga sudah masuk dari solusi yang kedua tadi yaitu memperbaiki instalasi menjadi lebih baik dan sesuai standar sehingga tidak terjadi kebocoran arus listrik. Dan yang terakhir adalah Call PLN 123 untuk mendapatkan kode temper token.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *