Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Muncul Tulisan ” PERIKSA”, Apakah Token bermasalah ?

Muncul Tulisan ” PERIKSA”, Apakah Token bermasalah ?

Menggunakan listrik prabayar adalah sebuah pilihan tepat untuk saat ini. Biaya listrik yang semakin mahal membuat pelanggan melakukan berbagai cara penghematan agar biaya yang dikeluarkannya setiap bulan tidak besar. Salah satunya dengan memasang listrik dengan meteran digital yaitu, listrik prabayar.

muncul periksa

Namun, problematika yang sering dihadapi oleh pelanggan listrik prabayar adalah munculnya tulisan Periksa pada meteran digital tersebut. Masalah pertama ketika muncul tulisan Periksa yaitu, token listrik tidak bisa diinput, yang kedua pelanggan bingun mencari solusi kemana, dan yang ketiga PLN responnya kurang cepat, kadang lebih dari 24 jam tidak ditangani sehingga pelanggan menjadi resah.

Munculnya tulisan Periksa ada berbagai faktor penyebabnya.
Berikut faktor penyebabnya :

1.Instalasi listrik yang buruk

instalasi buruk

Jika menggunakan listrik prabayar sejak dibangunnya rumah dan instalasi baru, kemungkinan besar bukan dari instalasinya karena menggunakan kabel yang standart dan instalasi masih sederhana. Tetapi jika pemasangan listrik prabayar dari migrasi listrik pascabayar, bisa jadi instalasi yang menjadi faktor penyebab utamanya. Instalasi yang lama kadang menggunakan kabel yang dibawah standart, kemudian sambungan kabel sudah sangat banyak sehingga sangat rumit.

2.Grounding yang buruk

grounding buruk

Pemasangan grounding harus benar, pemasangan harus dilakukan oleh ahlinya agar permasalahan meteran digital tidak muncul. Jika grounding bermasalah maka meteran akan mendeteksi bahwa ada arus diluar kebiasan dari settingan meteran sehingga munculah tulisan periksa.

3.Kebocoran listrik

kebocoran listrik

Penataan kabel instalasi maupun kabel kabel listrik lainnya haruslah rapi. Agar jika terjadi permasalahan lebih mudah mendeteksinya. Ketika penataan kabel sangat rumit saling tumpuk menumpuk maka yang paling rawan terjadi adalah kebocoran listrik. Tempat tidak rapi biasanya disukai hewan pengerat yaitu tikus untuk memakn kabel listrik tersebut, sehingga kabel terkelupas, bahkan ada yang putus. Akhirnya listrik mengalami kebocoran, dan kebocoran listrik ini menjadi pemicu munculnya tulisan periksa pada meteran listrik prabayar.

4.Tutup meteran terbuka

cover kwh terbuka

Mungkin terjadi ketidak sengajaan terjadi benturan sehingga kotak penutup meteran sedikit terbuka. dan langsung munculah tulisan Periksa. Tulisan periksa tersebut muncul sebagai pengaman dari sistem listrik prabayar dari pencurian listrik.Tetapi jika tulisan periksa tadi sudah tidak bisa digunakan untuk menambah Kwh listrik, barulah disebut masalah bagi pelanggan.

 

Melihat faktor penyebab munculnya tulisan periksa, maka bisa dipastikan token tidak bisa di input, karena meteran terjadi barrier dalam kondisi pengamanan. Untuk membuka barrier tadi harus ada kode yang harus diinput untuk melepaskan pengaman tadi. Caranya hanya bisa dilakukan dengan menghubungi PLN, karena hanya PLN lah yang bisa memberikan kode tersebut.

Sebagaimana judul diatas tadi, apakah tokennya bermasalah atau meterannya yang bermasalah sehingga tidakbisa diinput. Sangat jelas sekali yang bermasalah adalah meterannya. Jadi tokennya tetap valid dan tidak bermasalah, karena meteran error sehingga token tidak bisa ditambahkan dan harus menunggu meteran menjadi normal kembali.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *