Home >> Tips dan Trik >> Menjadi Pelanggan PLN Yang Cerdas

Menjadi Pelanggan PLN Yang Cerdas

Pergantian seorang pemimpin dinegara ini akan berdampak juga dengan kebijakan-kebijakan baru yang akan berpengaruh pada kehidupan semua rakyatnya. Jika kebijakan-kebijakan baru itu menguntungkan rakyatnya tentu itu tidak menjadi persoalan yang penting. Tetapi jika kebijakan -kebijakan baru itu berdampak luas merugikan rakyat, maka perlu sekali solusi yang cerdas untuk memecahkan permasalahan itu. Salah satu contoh kebijakan itu adalah tentang kelistrikan nasional, semakin hari tidak semakin baik dan murah harga per KWh listrik, justru semakin mahal dan subsidipun dihapus.

pelanggan cerdas

Bagi rakyat kelas menengah kebawah ini sangat memberatkan, karena masih banyak kebutuhan mereka sehari-hari yang harus mereka penuhi, sedangkan dengan anggaran yang pas-pasan mereka harus membayar listrik lebih dari 100% dari biasanya mereka membayar listrik. Dengan kenyataan yang seperti saat ini menuntut kita agar lebih cerdas dalam menggunakan listrik dirumah kita. Tidak ada cara lagi yang bisa memperingan tagihan listrik kita dari pemerintah selain adanya subsidi, namun yang hanya bisa kita lakukan adalah pembatasan pemakaian listrik dirumah kita, padahal semakin hari kebutuhan listrik tidak semakin berkurang , justru semakin bertambah dan kita disuruh untuk membatasi pemakainnya, sungguh ironi negeri ini.

Ada beberapa cara cerdas supaya tagihan listrik kita tidak membengkak :

1.Menanak nasi di rice cooker dengan benar

menanak nasi

Ada beberapa orang menanak nasi di rice cooker kurang tepat, yaitu dengan cara menggunakan air dingin untuk menanak nasi, padahal dengan air dingin proses menanak nasi akan semakin lama dan listrik yang kita gunakan akan semakin banyak. Dan cara yang benar adalah menanak nasi dengan menggunakan air panas agar proses menanak nasi lebih cepat dan listrik yang kita gunakan tidak banyak.

2.Gunakan setrika otomatis

setrika otomatis

Setrika otomatis disini adalah setrika yang memiliki pengatur panas , yang jika kita set panas dalam suhu tertentu, maka setrika akan mati sendiri dan selama panas sudah dibawah batas yang kita set setrika akan nyala sendiri lagi. Dengan memakai setrika otomatis maka listrik yang terbuang sia-sia bisa kita hindari.

3.Gunakan mesin cuci dengan bijak

mesin cuci

Bijak ketika melakukan pencucian, dengan mencuci pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci, yaitu pakaian tidak melebihi volume mesin cuci, gunakan pengering ketika musim hujan saja, jika musim kemarau manfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian. Langkah-langkah tersebut bisa membuat awet mesin cuci dan meminimalkan listrik yang kita pakai.

4.Jual kulkas

kulkas

Jika kulkas hanya sebagai menyimpan makanan-dan minuman sisa saja lebih baik kita jual, karena hanya akan menambah beban tagihan listrik kita. Tetapi jika kulkas kita bermanfaat sebagi sarana kita jualan makanan atau minuman maka justru hasil kulkas tadi akan membantu untuk membayar tagihan listrik kita.

5.Gunakan lampu LED

lampu led

Sebagai penerangan yang sangat hemat listrik adalah lampu LED, jika dirumah kita masih ada yang tidak terpasang lampu LED, sebaiknya segera pasang lampu LED, meskipun harganya agak mahal tetapi sebanding dengan tagihan listrik yang kita bayar nanti. Sekali pasang kita akan menikmati berbulan-bulan tagihan listrik yang ringan.

6. Pasang Tandon air

tandon air

Tandon air sangat bermanfaat sekali ketika terjadi pemadaman listrik, ketika malam hari tidak menyalakan pompa air untuk mengalirkan air, cukup satu atau dua kali dalam sehari menyalakan pompa air untuk mengisi penuh tandon air.

7.Memperbanyak ventilasi dirumah

banyak ventilasi

Mengatur ventilasi agar cahaya matahari dipagi dan siang hari bisa masuk didalam rumah sehingga lampu hanya dinyalakan dimalam hari saja, dan sirkulasi udara bisa sejuk dan segar dengan memperbanyak tanaman disekitar rumah kita ,sehinga tidak memerlukan AC lagi sebagai pendingin ruangan.

Demikian beberapa hal cerdas kita sebagai pelanggan PLN, agar listrik hemat dan tagihan kita tidak membengkak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *