Home >> Wisata >> Menikmati Liburan Di Nusa Penida Bali

Menikmati Liburan Di Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali merupakan sebuah pulau kecil yang lokasinya berada di sisi tenggara Pulau Bali. Di sekitar lokasi Nusa Penida Bali ini juga terdapat dua pulau kecil lainnya yaitu, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Ketiga pula kecil ini masuk wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, provinsi Bali. Namun, di antara ketiganya Nusa Penida Bali dan Nusa Lembongan yang sudah sangat di kenal di Indonesia dan mancanegara sebagai tujuan wisata yang unik dan menarik.

Keunikan Nusa Penida Bali banyak dilihat dari berbagai sisi. Sehingga pulau kecil ini setiap hari diperbaiki dengan menambahkan fasilitas-fasilitas pendukung agar pesona Nusa Penida Bali ini menjadi distinasi wisata yang menarik dan unik. Ada beberapa hal yang menarik dan unik di Nusa Penida Bali yang disukai oleh para wisatawan.

Keindahan Alam Nusa Penida Bali

sumber : https://www.water-sport-bali.com/

Secara geografis, Nusa Penida Bali memiliki alam yang terdiri dari daratan yang landai dan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan. Kandungan tanah yang mengandung zat kapur yang cukup tinggi ini membuat sebagian besar tanah di Nusa Penida Bali kondisinya sangat kering. Sehingga mata pencaharian sebagian besar masyarakat Nusa Penida ini bukan sebagi petani, tetapi sebagai nelayan, pedagang dan petani rumput laut.

Sejak pulau kecil ini dikenal oleh banyak wisatawan, maka sebagian lainnya masyarakat beralih profesinya menjadi penyedia jasa transportasi, akomodasi dan membuka rumah makan atau restoran. Perkembangan sektor wisata di Nusa Penida tidak secepat di Nusa Lembongan. Tetapi saat ini sudah banyak kegiatan liburan yang dilakukan di Nusa Penida Bali seperti snorkeling, scuba diving dan berfoto dispot-spot menarik.

Pantai Pasir Putih Nusa Penida Bali

sumberĀ  : https://www.balitoursclub.com/

Keindahan pantai pasir putih Nusa Penida menjadi salah satu daya tarik kepada wisatawan supaya mereka ingin meluangkan waktu liburannya datang ke Nusa Penida. Keindahan alam pulau kecil ini dulunya tidak seramai ini karena pantai pasir putih yang dimilikinya belum ada akses jalan yang memadai> Sehingga dulu masih sepi dengan pengunjung, namun sekarang akses jalan yang mudah dan banyak fasilitas pendukungnya, maka pantai pasir putih menjadi salah satu tujuan jika berlibur ke Nusa Penida Bali. Di antara obyek wisata pantai yang ada di Nusa Penida adalah :

Pantai Atuh

Pantai Atuhmerupakan salah satu pantai di pulaui ini yang sangat dikenal. Yang membuat pantai ini sangat dikenal karena memiliki pasir putih yang terpisah dengan tebing karang yang tinggi sehingga di pasirnya tercampur dengan batu karang kecil-kecil. Keindahan alam bawah lautnya masih sangat alami berupa terumbu karang yang indah sangat terlihat dari permukaan laut. Di sini banyak wisatawan memanfaatkan untuk melakukan snorkeling. Di pantai ini tampak pemandangan laut lepas dengan gugusan pulau kecil yang menambah keindahan alam di pantai ini.

Pasih Uug

Pasih memiliki arti pantai sedangkan Uug artinya rusak. Jadi Pasih Uug memiliki arti pantai rusak atau juga dikenal dengan sebutan broken beach Nusa Penida. Di pantai ini menawarkan pemandangan indah yaitu lingkaran tebing karang tinggi yang dibawahnya terdapat pantai. Jika dilihat memalui drone pemandangan dipantai ini seperti kolam air laut besar.

Pasih Andus

Pasih Andus Nusa Penida ini merupakan pantai yang unik karena di pantai ini seperti mengeluarkan asap. Hal ini sebenarnya terjadi disebabkan oleh hantaman ombak laut selatan yang besar sehingga setelah menghantam dinding karam terjal mengakibatkan percikan air laut yang menjulang tinggi sehingga pantai ini dinamakan Pasih Andus.

Pantai Crystal Bay

Pantai Crystal Bay di Nusa Penida merupakan salah satu pantai yang banyak pengunjungnya, khususnya wisatawan mancanegara. Karena di pantai ini menawarakan aktivitas liburan berupa snorkeling dengan keindahan biota laut yang masih alami dan kondisi yang asri.

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking ini lokasinya ada di bukit Kelingking pulau Nusa Penida Bali. Uniknya bentuk tebing karang ini mirip seperti bentuk Tyrannosaurus Rex, sehingga tebing bukit di Kelingking Nusa Penida ini menjadi salah satu tujuan wisata pantai favorit para wisatawan.

Dari atas bukit para wisatawan dapat melihat keindahan pantai pasir putih yang memiliki air berwarna kebiruan dan sangat bersih. Namun untuk sampai kepantai tersebut dari atas bukit, para pengunjung harus menuruni tebing yang berupa tangga setapak dengan berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pemandangan Dari Atas Tebing Tinggi

sumber : https://travelspromo.com/

Tujuan berikutnya yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke Nusa Penida Bali adalah pemandangan yang indah dari atas tebing tinggi. Di sini para pengunjung akan melihat pemandangan yang sangat indah Samudra Hindia di saat sore hari. Pemandangan indah ini dilakukan di lokasi Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida, Banah Cliff, dan Saren Cliff. Karena di atas tebing ketiga lokasi tersebut sudah terkenal sangat indah.

Pemandangan Bawah Laut Nusa Penida Bali

sumber : https://nationalgeographic.grid.id/

Daya tarik wisata pantai yang mampu mendatangkan banyak pengunjung, salah satunya adalah pemandangan indah bawah lautnya. Nah, di pulau kecil ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah. Dan ini terbukti dengan keindahan biota lautnya yang bisa dilihat dari permukaan lautnya. Sehingga hal ini menjadi daya tarik para pengunjung untuk melakukan diving ataupun snorkeling Di Nusa Penida ada beberapa lokasi Snorkeling & Scuba Dive yang sangat indah dan menarik, lokasi tersebut diantaranya Malibu Point, Penida Bay, Batu Meling, Toyapakeh, Manta Point, Batu Abah, dan Batu Lumbung.

Cara Menuju Nusa Penida Dari Bali

Pulau Nusa Penida dengan Pulau Bali terpisahkan oleh selat. Sehingga untuk menuju ke Nusa Penida jika dari Bali harus menggunakan dua jalur transportasi, yaitu via udara dengan menggunakan helikopter atau via laut dengan menggunakan kapal cepat. Namun, banyak wisatawan menuju ke Nusa Penida dari bali melalui jalur laut dengan menggunakan kapal cepat.

Pelabuhan Pantai Sanur Bali Menuju Nusa Penida

Menuju Nusa Penida yang bisa dilakukan dari Pulau Bali bisa dilakukan dari pelabuhan Pantai Sanur Bali. Di pelabuhan ini banyak pilihan kapal cepat dengan harga yang variatif mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tidak hanya kapal cepat saja yang disediakan untuk menuju ke Nusa Penida, tetapi kapal tradisional juga bisa menjadi pilihan para wisatawan untuk menuju ke Nusa Penida.

Pelabuhan Serangan Bali Menuju Nusa Penida

Para wisatawan yang ingin menuju ke Nusa Penida dari Bali juga bisa melalui Pelabuhan Serangan. Pelabuhan ini cukup dekat dengan lokasi pelabuhan Benoa. Penyedia jasa kapal cepat di sini biasanya banyak yang menuju rute wisata ke Gili Trawangan dan ke Lombok NTB. Namun, jika ada wisatawan ingin menuju ke Nusa Penida tetap dilayani.

Jarak ke Pelabuhan Serangan menuju Pantai Sanur biasanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer. Enaknya di pelabuhan ini hanya menyediakan kapal cepat dengan kelas nomer dua, karena kenyamanan penumpang sangat diurtamakan. Kenyamanan yang bisa didapatkan oleh penumpang adalah kaki penumpang tidak basah dengan air,. Di pelabuhan ada restorannya dan ada ruang tunggu penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.