Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Mengenal Tentang Listrik Pintar PLN

Mengenal Tentang Listrik Pintar PLN

Listrik pintar PLN merupakan sistem baru dalam kelistrikan di Indonesia. Berbagai macam keunggulan ada pada listrik pintar PLN. Namanya saja listrik pintar, pasti memiliki banyak kelebihan dari sistem baru kelistrikan nasional ini. Apa saja keunggulan listrik pintar PLN ini ? Untuk tau selengkapnya tentang listrik pintar PLN, kami akan uraikan di bawah ini.

Sistem Listrik Pintar PLN

sumber : https://bills.alterra.id/

Jika kamu tahu pulsa prabayar hp, sistem listrik pintar PLN mirip seperti itu. Biasanya pembayaran listrik itu di bayar setelah melakukan penggunanan listrik, namun sistem listrik pintar ini, pelanggan PLN agar bisa menggunakan listrik dirumahnya harus membayar dulu, atau membeli pulsa listrik dan mengisinya di meteran listrik rumahnya. Dan jika pulsa listrik habis, otomatis terjadi pemadaman dan tidak bisa menggunakan listrik sebelum mengisi pulsa listrik lagi.

Listrik pintar PLN ini juga disebut dengan listrik prabayar. Penamaan listrik pintar ini dimaksudkan juga agar pelanggan PLN bisa mengatur kebutuhan listriknya supaya pengeluaran dalam satu bulan tidak membengkak. Selain pintar untuk pelanggan, sistem ini juga pintar untuk PLN, yaitu memberikan efesiensi dalam pekerjaan.

Keunggulan Listrik Pintar PLN

sumber : https://tokenlistriktermurah.wordpress.com/

Dalam setiap teknologi yang berkembang pasti memiliki keunggulan yang bisa bermanfaat banyak bagi penggunanya, termasuk sistem listrik prabayar PLN. Apa saja keunggulan dari lstrik pintar PLN, mari kita cek poin-poin selengkapnya di bawah ini.

Biaya Instalasi Murah

Biaya instalasi dikenakan pada pemasangan awal meteran prabayar dan biaya untuk jaminan pemasangan perdan listrik pintar PLN. Selanjutnya biaya yang dikeluarkan hanya untuk pulsa listrik saja sesuai dengan kebutuhan listrik pelanggan PLN

Praktis

Pengguna listrik pintar banyak diberikan kemudahan dalam pembelian token listrik. Pulsa listrik bisa didapatkan di konter pulsa terdekat rumah atau bisa via aplikasi yang ada di smartphone milik sendiri, seperti apliaksi OVO, Gopay dan lain-lainnya.

Tidak Ada Biaya Bulanan

Tidaka ada biaya pokok yang dikenal abnomen. Pelanggan listrik pintar PLN cukup membeli token listrik saja dan mendapatkan Kwh sesuai dengan harga pembelian, serta jumlah Kwh yang digunakan sesuai dengan pemakaian. Sehingga pelanggan bisa memperkirakan kebutuhan listrik dalam setiap bualannya.

Tidak Ada Denda

Jika pelanggan listrik pasca bayar terlambat dalam membayar tagihan akan dikenai denda. Namun, pelanggan listrik pintar PLN tidak akan mendapatkan denda karena pemakain listrik sudah sibeli diawal sebelum pemakaian. Dan jika stroom habis maka akan langsung padam saja. Untuk menghidupkan kembali cukup mengisi pulsa listrik lagi.

Pintar Hemat Listrik

Jika pelanggan pasca bayar PLN menggunakan listrik tanpa takut listrik padam. Sehingga kadang diakhir bulan tagihan membengkak. Beda dengan pelanggan prabayar, jika penggunaan listrik besar maka pulsa listrik bisa cepat habis dan mengalami pemadaman otomati. Sehingga pelanggan prabayar dituntut untuk bisa hemat agar pengeluaran listrik tidak besar.

Pembelian Token Listrik Mudah dan Cepat

Untuk mendapatkan token listrik bisa dilakukan dengan cepat, yaitu membeli ke konter pulsa yang meneydiakan pulsa listrik, atau bisa membeli via smartphone milik sendiri via aplikasi OVO, Gojek, dll.

Lebih Aman

Meteran prabayar cukup pintar, karena ada sensor yang bisa mendektesi masalah pada instalasi dan meteran akan otomatis merespon dengan terjadi pemadaman.

Kelemahan Listrik Pintar PLN

Sebagus apapun sistem teknologi yang ada pasti ada sisi kelemahannya. Pada listrik pintar PLN juga memiliki kelemahan. Kelemahan listrik pintar PLN diantaranya.

Harga Token Listrik Mahal

Tarif per Kwh token listrik pintar untuk golongan rumah tangga berdaya 450 VA, dan 900 VA lebih mahal daripada tarif per kwh untuk listrik pascabayar. Namun, untuk harga token listrik yang masih mendapatkan subsidi harganya masih murah.

Meteran Listrik Pintar Gampang Error

Karena meteran digital listrik pintar PLN didalamnya ada ssitem alram otomatis sehingga sangat sensitif sekali terhadap terjadinya arus dan tegangan listrik yang tidak stabil yang bisa menyebabkan error pada meteran listrik sehingga tidak dapat di isi token listrik sebelum minta angka 20 digit dari PLN untuk meresetnya.

Listrik Langsung Padam Saat Pulsa Habis

Tidak ada tawar menawar, karena ini merupakan sisitem otomatis, maka ketika pulsa listrik habis otomatis langsung terjadi pemadaman. Biasanya sebelum terjadi pemadaman, ada alarm jika sudah menunjukkan kawh batas tertentu agar menjadi peringatan untuk mengisi kembali pulsa listrik.

Cara Mengecek Sisa Token Listrik

sumber : https://jeruk.id/

Pada listrik pintar PLN ada beberapa merk berbeda meteran prabayar. Sehingga dalam pengoperasiannya ada sedikit perbedaan antara merk satu dengan merk yang lainnya. Sebagai informasi cara mengecek sisa token listrik di beberapa merk meteran akan kami berikan di bawah ini.

  • Meteran Merk Hexing

Pada merk Hexing, pelanggan PLN bisa menekan angka 801, kemudian akan muncul jumlah sisi token pada layar meteran prabayar.

  • Meteran Merk Conlog

Pada merk Conlog pelanggan bisa langsung melihat sisa token listrik pada layar, tanpa mekan tombol pada meteran prabayar.

  • Meteran Merk Star

Untuk meteran merk star, pelanggan bisa cek sisa token listrk dengan menekan angka 07, kemudian tekan tombol enter dan jumlah sisa token listrik akan muncul pada layar.

  • Meteran Merk Itron

Untuk merk Itron, pelanggan juga bisa langsung melihat sisa token listrik pada layar meteran prabayar tanpa menekan tombol.

Prosedur Permohonan Pemasangan Baru Listrik Pintar PLN

sumber : https://www.wartaekonomi.co.id/

Agar informasi ini yang lengkap, akan kami berikan cara atau prosedur dalam permohonan untuk pemaangan baru listrik pintar PLN sebagai panduan singakat jika anda mau pasanga baru listrik pintar di rumah anda.

Datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat dengan membawa beberapa persyaratan.

  • Fotokopi kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku
  • Denah/peta lokasi rumah untuk memudahkan proses survei lapangan
  • Surat Kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan
  • Membayar biaya penyambungan baru, biaya penyambungan bisa di cek di Call 123 PLN

Melakukan permohonan pasang baru melalui call center 123 PLN.

Pemberkasan administrasi permohonan sambungan baru.

Survei lapangan untuk mengetahui secara langsung kondisi kelistrikan dilapangan.

Calon pelanggan baru menyelesaikan proses admistrasi di Kantor PLN

Proses pembayaran biaya penyambungan

Menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)

PLN melakukan penyambungan listrik ke rumah pelanggan jika semua administrasi terselesaikan

Pembelian Token Listrik

Setelah penyambungan baru, pelanggan listrik pintar PLN bisa membeli token listrik dengan bermacam cara dan di beberapa tempat. Pembelian token listrik bisa dilakukan di konter pulsa terdekat rumah, atau bisa juga di alfamart atau indomart. Jika pengguna memiliki aplikasi gopay atau OVO, pelanggan bisa membeli token via smartphone sendiri tanpa harus pergi keluar rumah. Setelah mendapatkan token, langsung bisa diisikan kemeteran listrik prabayar dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan. Kesalahan yang dilakukan 3 kali berturut turut, maka meteran secara otomatis akan memblokir. Dan untuk membuka blokiran tersebt harus call PLN di 123.

Leave a Reply

Your email address will not be published.