Home >> Pulsa elektrik Murah >> Mengenal Tentang Internet

Mengenal Tentang Internet

Internet di era digital saat ini seakan-akan menjadi kebutuhan pokok bagi umat manusia. Hadirnya internet membuat kecepatan informasi dari belahan dunia mudah didapatkan. Menarik untuk di bahas tentang internet ini mulai sejarah ditemukannya internet hingga perkembangan internet hari ini. Pembahasan menarik kali ini juga akan di bahas tentang sejarah internet di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya mari kita mulai pembahasan ini dari sejarah internet di dunia di bawah ini.

Sejarah Internet di Dunia

sumber : https://www.baktikominfo.id/

Awal ditemukannya internet ketika masih terjadi perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Pada tahun 1958 pihak Uni Soviet dari sisi teknologi sudah melampaui Amerika Serikat. Saat itu Uni Soviet sudah bisa meluncurkan satelit di orbit yang dinamakan Sputnik. Sehingga teknologi yang dimiliki Uni Soviet saat itu menjadi ancaman bagi Amerika Serikat.

Kemudian Amerika Serikat melakukan perbaikan dalam kurikulum pendidikannya dengan memasukkan mata pelajaran seperti fisika, kimia dan kalkulus pada setiap sekolah. Bahkan juga banyak perlombaan-perlombaan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diadakan oleh banyak perusahaan yang di dukung oleh pemerintah Amerika Serikat.

Kepanikan pemerintahan Amerika saat itu terlihat dari pemerintah yang langsung mendirikan ational Aeornautics and Space Administration (NASA) dan departemen Defense’s Advanced Research Project Agency (ARPA) sebagai lembaga dalam penelitian tentang teknologi masa depan yang bertujuan mengalahkan teknologi yang dimiliki Uni Soviet.

Penemuan Galactic Network Komputer

Dalam sebuah peperangan hal yang paling penting adalah informasi. Dan kecepatan informasi diperoleh dari sistem komunikasi yang baik. Sampai pada tahun 1962 ditemukannya jaringan komputer sebagai alat berkomunikasi satu dengan lainnya. Jaringan komputer ini ditemukan oleh seorang ilmuwan MIT dan ARPA yang bernama J.C.R. Licklider. Dari penemuan inilah sebagai prototipe perkembangan internet modern.

Kemudian pada tahun 1965 penemuan galactic network komputer dikembangkan oleh ilmuwan lain dari MIT yang diberi nama packet switching. Packet switching merupakan metode pengiriman informasi dengan kemampuan memecah data menjadi blok-blok kecil sebelum informasi tersebut terkirim pada tujuannya. Sehingga setaip paket dapat dikirim sesuai dengan rute tujuan pengiriman. Metode pengiriman informasi yang ditemukan ini diberi nama ARPAnet.

Penemuan Node-to-Node Communication

Tidak selang begitu lama, ARPAnet pada tahun 1969 mengembangkan kembali teknologinya dan terciptalah metode pengiriman pesan antar sesama komputer yang diberi nama penemuannya tersebut dengan nama node-to-node communication. Penemeuan ini diuji di laboratorium penelitian UCLA ke Standford dengan mengirimkan pesan ‘LOGIN’. Namun, pesan yang dikirimkan tersebut masih terjadi error yang hanya diterima dua huruf pertama dari kata LOGIN.

Jaringan Internet Pertama di Dunia

Tidak putus asa, ARPAnet ditahun yang sama terus mengembangkan teknologinya dengan mencoba mengkoneksikan 4 buah komputer dan dua tahun sesudahnya dipasanglah jaringan di ALOHAnet university of Hawaii dan London’s University College, serta di The Royal Radar Establishment di Norwegia. Jaringan inilah pertama kali di sebut jaringan internet. Di tahun 1970 jaringan internet ini disempurnakan oleh Vinton Cerf , sehingga jaringan internet ini bisa menghubungkan diseluruh dunia sebagai alat komunikasi. Vinton Cerf menamakan penemuannya dengan nama Transmission Control Protocol atau TCP, kemudian ia tambahkan Internet Protocol di akhirnya (TCP/IP).

Penemuan World Wide Web

Sumbangsih penemuan protokol oleh Vinton Cerf sehingga internet bisa terhubung ke seluruh dunia. Jaringan internet ini menjadi alat bagi para peneliti untuk mengirimkan data satu dengan lainnya pada tahun 80’an hingga tahun 90’an. Setelah tahun 1990 seorang progammer asal Swiss yang bernama Tim Berners-Lee menemukan sebuah konsep World Wide Web.

Protokol yang diciptakan oleh Cerf telah mengubah internet seluruhnya. Protokol ini menyebabkan internet dapat terhubung di seluruh dunia. Sepanjang tahun 1980 hingga 1990-an internet digunakan oleh peneliti untuk mengirimkan data satu sama lain. Konsep ini menurut Berners-Lee, internet bisa digunakan untuk suatu jaringan informasi yang besar, sehingga seluruh manusia dapat mengakses informasi di internet.

Penemuan Mosaic

Mosaic adalah sebuah browser atau mesin pencarian di internet yang ditemukan oleh sekelompok mahasiswa dari University of Illinois. Mesin pencarian ini sudah mampu menyajikan sebuah tampilan yang cukup bersahabat seperti gambar dan tulisan dalam satu halaman yang sama. Penemuan mesin pencarian pertama ini terjadi pada tahun 1992. Dari penemuan inilah web memiliki fungsi komersil dan lahirlah beberapa website yang dibikin oleh perusahaan-perusahaan sehingga lahirlah e- commerce.

Toko Online Pertama

Pada tahun 1994 sampai 1996 mulai muncul toko online, bank virtual dan banner periklanan di internet pertama di dunia. Diantara toko online tersebut adalah Amazon.com, Craiglist, dan eBay. Dan setelahnya muncul situs-situs untuk mencari pasangan atau online dating.

Kemudian dua sarjana teknik elektro di Stanford University yaitu Jerry Yang dan David Filo membikin sebuah layanan email terbesar yang di beri nama Yahoo!. Di tahun 1996 berkembang juga mesin pencarian yang dikembangkan oleh Microsoft dan Netscape. Microsoft mengembangkan Internet Explorer, sedangkan Netscape mengembangkan browser Navigator.

Pada tahun berikutnya kemudahan pengguna internet bisa menstransfer data peer-to-peer via internet. Sehingga perusahan Napster bisa membagikan berbagai macam musik lewat internet. Namun hal ini merugikan industri musik sehingga secara hukum Napster di tutup. Hingga di tahun 2004 mulai muncul berbagai media sosial seperti Facebook kemudian diikuti YouTube dan Twitter. Baru pada tahun 2010 munculah Instagram dan Pinterest yaitu media sosial untuk berbagi foto dan video.

Sejarah Internet di Indonesia

sumber : https://www.nesabamedia.com/

Internet di Indonesia awal perkembangannya di mulai sekitar tahun 1980’an. Koneksi internet di Indonesia dilakukan pertama kali oleh seorang ekonomi dan ahli komputer yang bernama Joseph Luhukay. Setelah berhasil mengkoneksikan internet di Indonesia Joseph Luhukay kemudian mengembangkan sebuah jaringan UINet di kampus Universitas Indonesia. Jaringan internet Indonesia berhasil dihubungkan ke jaringan internet global oleh Joseph Luhukay pada tahun 1984. Keberhasilan ini sangat membanggakan, karena Indonesia menjadi negara Asia pertama yang berhasil mengkoneksikan ke jaringan internet global.

Menurut disertasi milik Merlyna Lim dengan judul “@rchipelago Online : The Internet and Political Activism in Indonesia”. Orang yang berjasa tentang jaringan internet di Indonesia selain Joseph Luhukay ternyata ada sosok lainnya yaitu Onno Purbo. Onno Purbo bersama teman-temannya memiliki aktivitas penyuka radio amatir. Kemudian mereka mengembangkan frekuensi radio ini menjadi jaringan internet yang dilakukan pada tahun 1993.

Melalui hobi yang mereka gemari ingin menciptakan komunikasi jarak jauh yang lebih murah. Maka Onno Purbo bersama teman-temannya akhirnya menemukan ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia yang dikelola oleh PT Indo Internet. Sebelumnya Onno Purbo membuat artikel mengenai tata cara membangun sebuah jaringan telekomunikasi yang ekonomis melalui internet.

Dari munculnya pioner perusaahan ISP yang dimotori oleh PT Indo Internet, selanjutnya banyak bermunculan perusahaan ISP, seperti PT Rahardjasa Internet, PT Pos Indonesia dengan Wasantara Network, IndosatNet dan Telkomnet. Pada saat reformasi terjadi, sudah tercatat ada sekitar 138.000 pelanggan ISP dengan 512.000 pengguna internet. Namun, saat itu ISP masih dapat diakses oleh kalangan tertentu saja yang sudah memiliki komputer.

Warung internet (warnet)

Warung internet (warnet) menjadi cara internet mulai di kenal di seluruh Indonesia dan berkembangnya internet di Indonesia. Pertama kali masyarakat Indonesia mengenal internet lewat warung internet (warnet) dengan hanya membayar penggunaan per jam, dengan tanpa memiliki komputer dan telepon sendiri.

Internet Sekarang

Internet sekarang sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai untuk komunikasi lewat media sosial hingga untuk bisnis dengan menjual barang dan jasa via website. Perkembangan internet sekarang juga diiringi dengan teknologi handphone yang semakin canggih juga.

Indonesia Pengguna Internet Besar di Dunia

Data yang dirilis oleh Internetworldstats.com pada tahun 2017 menggambarkan jumlah pengguna Internet di dunia. Menariknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk 5 besar pengguna internet terbesar di dunia. 5 besar negara pengguna internet di dunia saat itu adalah negara China, India, AS, Indonesia dan Brazil.

Penggunaan Sosial Media

Penggunaan internet melalui sosial media semakin hari semakin meningkat. Pengguna sosial media mencapai 40 % dari pengguna internet karena seiring berkembangnya smartphone.

Perkembangan Bisnis Online

Bisnis online menjadi tren di era internet saat ini. Kelebebihan pangsa pasar yang bisa dijangkau dengan mudah, maka perkembangan bisnis online setiap harinya selalu mengalami perkembangan. Apalagi didukung oleh perkembangan sarana sarana yang mendukungnya seperti jasa pengiriman yang semakin berkembang.

Fakta Perkembangan Internet di Indonesia

sumber : https://www.teknobgt.com/

Perkembangan internet di Indonesia membawa banyak keuntungan dari berbagai bidang. Mulai dari bidang teknologi dengan hadirnya smartphone yang semakin canggih sehingga permintaan semakin besar. Dibidang pendidikan juga banyak memberikan keuntungan seperti di masa pandemi covid 19 pembelajaran bisa dilakukan secara online. Di bidang ekonomi tentu manfaatnya juga sangat besar, dan di bidang lain-lainnya juga demikian. Dari manfaat banyak yang didapatkan ternyata ada beberapa fakta tentang perkembangan Internet di Indonesia, diantaranya.

  • Pengguna Internet di Indonesia Lebih Dari 80 Juta

Teknologi internet yang senakin pesat saat ini berakibat juga meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Pertumbuhan pengguna yang semakin pesat ini menurut hasil salah satu survei pada tahun 2016 pengguna Internet di Indonesia mencapai jumlah pengguna aktif lebih dari 88 juta pengguna. Jika data ini dikomparasikan dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 259.1 juta jiwa. Maka pengguna internet di Indonesia sekitar 34 % dari populasi penduduk Indonesia.

  • Perkembangan Internet Semakin Pesat

Menurut data lainnya perkembangan Internet dari tahun ketahun berikutnya semakin terus bertambah. Hal ini semakin mudah dan meluasnya pembangunan jaringan internet di Indonesia. Hingga di pelosok desa jaringan internet sudah mulai terpasang, sehingga pengguna internet di Indonesia tidak pernah mengalami penurunan, justru semakin naik.

  • Perkembangan Pengguna Internet Dan Media Sosial

Selain internet, pengguna media sosial dari hari ke hari juga terus mengalami peningkatan. Hingga perusahaan penyiaran di tanah air mulai mengambil ancang-ancang untuk beralih ke media sosial dan internet seperti Youtube. Perkembangan pengguna ini banyak berasal dari perangkat smartphone untuk mengaksesnya.

  • Pengguna Mobile Device Terbanyak

70 % pengguna internet, mereka menggunakan perangkat mobile dalam mengakses internet dan media sosial. Di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang banyak menjadi pangsa potensial berkembangnya perangkat mobile modern. Sehingga menyumbang sebagai pengguna internet yang cukup besar.

  • Penggunaan Media Sosial Terbanyak

Penggunaan media sosial saat ini sudah dilakukan oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari populasi penduduk Indonesia yang besar, maka pengguna media sosial juga sangat besar.

  • Facebook Aplikasi Media Sosial Terfavorit

Facebook menjadi aplikasi media sosial terfavorit. Selain itu aplikasi Whatsapp juga sangat disukai oleh pengguna internet di Indonesia. Kemudian disusul dengan penggunaan Instagram, dan aplikasi media sosial lainnya.

  • Perkembangan Marketing Online

Perkembangan marketing online juga semakin pesat, apalagi di musim pandemi covid 19 saat ini. Banyak juga pengguna internet mencari penghasilan di dunia marketing online.

Dampak Positif Dan Negatif Internet

sumber : https://bacacoding.blogspot.com/

Dampak positif dan negatif pasti ada di teknologi internet. Tinggal bagaimana mengelola dengan benar teknologi internet agar bisa bermanfaat bagi kita. Jika kita tidak bisa mengendalikan internet dengan benar, maka akan terjerumas pada hal-hal negatif yang akan berdampak seperti di bawah ini.

Dampak Negatif Internet

  • Konten Dewasa

Konten dewasa, baik berupa video atau gambar bisa saja bersliweran di dunia internet. Kemudahan mengakses konten dewasa ini akan berdampak negatif terutama untuk anak-anak dan anak muda. Hal ini dapat mempengaruhi sikap dan kecenderungan anak-anak kepada hal-hal yang negatif.

  • Banyak Informasi Palsu (HOAX)

Informasi Palsu ini berakibat pada tindakan penipuan. Bagi yang masih awam dunia internet, hal ini menjadi obyek potensial terjerumus pada penipuan.

  • Menampilkan Perilaku Buruk

Di internet, perilaku apa saja bisa ditemui, jika tidak pandai menyaring berita atau tontonan maka akan bisa terpengaruh perilaku buruk dari hasil tontonan maupun berita yang didapatkan.

Dampak Positif Internet

  • Menambah Pengetahuan

Informasi kebaikan juga banyak ditemukan di internet. Sehingga hal ini bisa menambah wawasan atau pengetahuan yang lebih luas. Bagi pelajar dan mahasiswa, perkembangan internet ini sangat banyak menguntungkan dan membantu pekerjaan-pekerjaan sekolah atau kampus.

  • Media Komunikasi Yang Mudah

Komunikasi via internet bisa dilakukan ke seluruh belahan dunia. Kemajuan teknologi internet ini sangat menguntungkan untuk bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan mudah.

  • Mencari Lowongan Kerja

Di internet juga banyak lowongan pekerjaan, tidak hanya yang ada di dalam negri saja, tetapi lowongan pekerjaan di luar negri juga dengan mudah kita temui. Kita bisa mencari loker sesuai dengan keahlian kita dengan mudah di internet.

  • Mudah Melakukan Bisnis dan Transaksi

Banyak orang memanfaatkan internet sebagai sumber pendapatan yang besar. Transaksi yang dilakukan di internet bisa berupa barang atau jasa. Bisnis di dunia internet sangat berkembang pesat, diantara cara-cara mendapatkan income dari internet bisa menjadi blogger, content writer, buka toko online, dll.

  • Bidang kesehatan

Dalam bidang kesehatan juga banyak muncul aplikasi kesehatan yang bisa di unduh secara gratis sebagai aplikasi untuk mengatur gaya hidup, pola makan, olahraga. Panduan kesehatan juga ada yang berbentuk video-video bisa di lihat di Youtube. Namun

Nah, demikian ulasan tentang sejarah internet hingga dampak positif dan negatif dari internet yang bisa kita ketahui. Semoga tulisan di atas memberikan manfaat wawasan dan pengetahuan seputar perkembangan internet di dunia dan di Indonesia. Akhir kata gunakan internet dengan bijak yang dapat memberikan manfaat kebaikan bagi diri kita dan orang banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.