Home >> E - Wallet >> Mengenal Tentang Dompet Digital

Mengenal Tentang Dompet Digital

Dompet Digital merupakan salah satu sistem transaksi keuangan pada perkembangan teknologi industri 4.0. Transaksi keuangan ini tanpa menggunakan kartu sehingga memiliki banyak kelebihan dalam transaksi keuangan. Populernya sistem transaksi ini sejak Gopay dan OVO menjalin kerjasama dengan beberapa merchant. So, bagi kamu yang masih belum tahu tentang dompet digital, tulisan ini bisa menjadi sarana kamu untuk mengetahui tentang dompet digital.

Apa itu Dompet Digital ?

sumber : https://beritagar.id/

Dompet digital atau juga disebut e-wallet merupakan sebuah aplikasi elektronik yang berfungsi untuk melakukan transaksi keuangan online. Kelebihan transaksi ini tanpa menggunakan kartu maupun uang tunai. Transaksi keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone dengan sistem keamanan sandi dan pin

Perkembangan Dompet Digital di Indonesia

sumber : https://www.viva.co.id/

Meningkatnya pengguna smartphone menjadi salah satu faktor meningkatnya perkembangan dompet digital. Dompet digital awalnya digunakan untuk pembayaran ojek online, kemudian berkembang menjadi alat pembayaran pada sejumlah barang dan jasa di beberapa merchant yang memiliki layanan dompet digital. Pengguna dompet digital terbesar di Indonesia adalah kaum milenial. Sebab kaum milenial lebih cepat dan mudah menerima perkembangan teknologi dan ini sangat memudahkan bagi mereka.

Gopay

Gojek yang sangat populer di milenial ini memiliki platform pembayaran digital yang bernama Gopay. Mulanya Gopay hanya dipakai untuk pembayaran jasa ojek online. Perjalanan waktu kemudian Gopay mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai salah satu penyelenggara uang elektronik. Dari situlah, kemudian pihak Gopay memperluasa layanan sehingga bisa digunakan untuk pembayaran bermacam transaksi keuangan.

OVO

Platform serupa yaitu OVO juga demikian, OVO awalnya juga sebagai pembayaran digital untuk jasa ojek online yang bernama Grab. Kemudahan dan layanan yang luas, membuat dompet digital OVO ini mampu menguasai pasar dompet digital di Indonesia hingga 70 %.

DANA

Platfrom fintech (Financial technogy) yang bernama DANA hadir dengan memberikan layanan mulai dari pembelian pulsa HP, pembelian token listrik, pembayaran tagihan listrik, pembayaran cicilan kartu kredit dll. Layanan lainnya adalah layanan transfer saldo sesama pengguna DANA dengan berbagai macam promo, seperti potongan harga hingga casback 100%.

LinkAja

LinkAja merupakan platform dompet digital yang dimiliki pihak pemerintah yang bekerjasama dengan Telkomsel. Fitur dan layanan LinkAja mirip dengan paltform lainnya seperti OVO, Gopay, dan DANA.

Kelebihan Dompet Digital

sumber : https://blog.halofina.id/

  • Untuk menggunakan dompet digital cara pertama yang dilakukan adalah menginstall aplikasi platform dompet digital yang kita perlukan di smartphone kita sendiri. Data pribadi juga menjadi syarat dalam penggunaan dompet digital ini, seperti nama, alamat, KTP dan lain-lain.
  • Penggunakan dompet digital atau e-wallet lebih memberikan keamanan bagi penggunanya. Karena dalam penggunaannya akan diminta untuk memindai QR Code atau One Time Password (OTP) sebagai verifikasi akun agar tidak digunakan orang lain.
  • Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Karena dengan dompet digital transaksi bisa dilakukan menggunakan smartphone saja asalkan memiliki saldo yang cukup.
  • Belanja Online. Belanja online sudah menjadi aktivitas biasa bagi kaum muda milenial. Sehingga penggunaan dompet digital dianggap aman dan mudah bagi mereka dalam melakukan pembayaran.
  • Pengisian Pulsa telepon. Pengisian pulsa hp tidak perlu lagi datang ke konter pulsa. Menggunakan dompet digital sudah cukup, karena didalamnya terdapat fitur layanan pengisian pulsa hp. Selain itu harga pulsa yang ditawarkan juga bersaing.
  • Bayar listrik. Bayar tagihan listrik juga tidak perlu datang ke loket pembayaran PLN. Tinggal melakukan pembayaran via smartphone, tagihan listrik sudah bisa dibayarkan.
  • Bayar BPJS. Bayar BPJS juga dimudahkan dengan pengguaan dompet digital. Tidak perlu kuatir kena denda karena repot tidak bisa bayar via loket, cukup menggunakan dompet digital bayar BPJS bisa dilakukan.
  • TV Kabel. Ingin menikmati hiburan lewat TV berbayar. Hari ini mudah dilakukan, dan biaya bulanan juga bisa dengan mudah dibayar lewat dompet digital.

Perkembangan Pengguna Dompet Digital di Indonesia

sumber : https://kumparan.com/

Perkembangan pengguna dompet digital di Indonesia semakin hari terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Karena dompet digital ini hampir selalu berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari pengguna, maka pengguna lebih suka memanfaatkan layanan dompet digital dalam transaksi pembayaran.

Anak muda milenial menjadi pengguna dompet digital yang paling tinggi. Karena mereka lebih melek teknologi daripada orang-orang tua. Kenaikan pengguna dompet digital juga disebabkan oleh faktor promo dari platform dompet digital sebagai strategi marketing.

Fakta Dompet Digital

Fakta yang terjadi dengan berkembangnya dompet digital ternyata ada sisi buruknya juga. Sisi buruk ini ada pada platform dompet digital. Bebrapa fakta yang terjadi dari dompet digital bisa di baca pada uraian di bawah ini.

  • Terjadi Persaingan

Persaingan dalam merebut konsumen adalah hal yang biasa dilakukan dalam dunia usaha. Menurut sebuah laporan pada tahun 2018 pengguna dompet digital dari berbagai platform adalah Go-Pay mencapai 79%, kemudian diikuti oleh OVO 58%, T-Cash 55%, dan Dana 34%. Sementara penggunaan transaksi dengan dompet digital pada tahun 2018 sebesar Rp 47,19 triliun. Jumlah itu merupakan kenaikan hampir 4 kali dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp 12,37 triliun.

  • Memanjakan Pengguna

Promo cashback besar-besaran sering ditawarkan oleh setiap platform dompet digital. Meskipun ini merupoakan salah satu strategi marketing dari platform dompet digital. Tetapi hal sangat memanjakan pengguna dompet digital tersebut. Layanan top up pun juga menjadi sarana memanjakan pengguna, karena hanya terbebani biaya admin yang kecil. Belum lagi dompet digital ini bisa diuangkan dengan cara mentransfer saldo ke nomer rekening bank tanpa biaya admin.

  • Terlena

Pasar Indonesia yang sangat besar ini dilupakan oleh banyak perusahaan yang menjadi penyedia layanan uang elektronik. Pertumbuhan dompet digital yang semakin besar ini memberikan keuntungan perusahaan yang menjadi penyedia layanan dengan berbagai macam promo besar besaran sehingga perusahaan penyedia layanan mendapatkan keuntungan yang besar pula dan lupa untuk menggarap potensi pasar lainnya yang lebih besar.

Persaingan yang terus berlanjut antara platform dompet digital berakibat juga hal yang buruk. Seperti Go-Pay dalam sebulan bisa membakar uang untuk subsidi pengguna hingga Rp 15 miliar. Jumlah yang luar biasa hanya untuk jor-joran merebut hati pengguna. Strategi bakar uang ini sepertinya ingin memiliki tujuan monopoli dompet digital di Indonesia.

So, penjelasan yang singkat ini semoga menambah wawasan kamu tentang dompet digital. Perkembangan teknologi yang semakin cepat bisa menggantikan sistem yang dianggap kuno dan lambat. Begitu juga tentang dompet digital ini bisa berubah dan hilang dengan perkembangan teknologi baru yang lebih cepat dan efesien.

Selain memudahkan dalam melakukan pembayaran transaksi, dompet digital tanpa disadari bisa mengubah pola hidup kita konsumtif. Jadi, gunakanlah dompet digital secara bijak, dan jangan terpancing dengan promo-promo yang menggiurkan supaya pengeluaran dalam setiap bulannya bisa hemat dan terkendali. Belilah kebutuhan yang dibutuhkan jangan membeli kebutuhan yang diinginkan. Daftar kembali kebutuhan penting yang diperlukan dalam setiap bulannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.