Home >> Tips dan Trik >> Mengenal Kuota dan Kecepatan Internet

Mengenal Kuota dan Kecepatan Internet

Masih banyak pengguna internet yang belum paham tentang kuota internet ini. Mereka membeli kuota internet biasanya melihat dari dua sisi, yaitu harga dan besaran kuota, dan mereka biasanya akan membeli kuota yang besar dengan harga yang lebih murah. Padahal kuota yang besar dan harga yang murah belum menjamin kecepatan internet yang mereka beli lebih baik. Jadi sebaiknya mereka harus belajar dahulu tentang pengertian kuota dan kecepatan internet dahulu supaya ketika membeli kuota internet bisa memilih kuota yang tepat.

Kuota Internet

kuota internet

Kuota sendiri artinya adalah suatu besaran yang sudah ditentukan. Jadi kalau kuota internet adalah besaran yang telah ditentukan oleh ISP untuk pelanggan dalam menggunakan internet. Didalam kuota ini ada dua besaran yang ditentukan yaitu besaran kecepatan internet dan besaran volume internet dalam satuan MB atau GB.

kuota speed

– Kuota kecepatan / speed juga disebut bandwidth atau internet unlimited

Kecepatan maximal yang didapatkan ketika melakukan upload atau download. Kuota speed hanya membatasi kecepatan dalam melakukan upload dan download saja, jadi tidak membatasi data yang diupload atau didownload.Sehingga, meskipun kecepatan internet yang digunakan melewati batas maximal maka internet tidak akan terputus meskipun kuota habis.

– Kuota volume base juga disebut Unlimited Speed

Batas total jumlah data yang bisa didownload dari internet dengan satuan GB. Paket internet seperti ini biasanya memiliki kecepatan internet yang bagus karena kecepatan tidak dibatasi. Dan yang dibatasi disini adalah besaran data yang bisa didownload saja. Jika jumlah data sudah melebihi maximal maka internet akan terputus atau kecepatan akan diturunkan.

Kecepatan Internet

internet speed

Sebelumnya yang perlu dibahas adalah tentang satuan dari kecepatan internet itu sendiri. Pada umumnya satuan kecepatan internet adalah Mbps.
Mbps adalah Mega bit per second, dan
MBps adalah Mega Bytes per second
1 bytes = 8 bit

Byte adalah satuan yang digunakan untuk mengukur besaran data digital.
contohnya : File MP3 dengan besaran 3.000.000 byte = 3000 KB (kilobyte) = 5 MB (mega byte ).

bit adalah sebuah partikel pembentuk data. bit biasanya untuk mentransfer data, dan satuan kecepatan transfer data inilah disebut bit. Data 1 byte membutuhkan transfer data 8 bit.
Jadi perangkat yang menggunakan satuan bit adalah modem, router, kabel data,switch, dan lain-lainnya. Dan satuan yang digunakan dalam internet biasanya adalah megabit bukan megabyte.
Misalkan dalam pembelian kuota internet dicantumkan besaran kecepatan internet 3.1 Mbps dan faktanya yang didapat cuman dibawahnya, maka itu wajar saja. Karena kecepatan tersebut dipengaruhi banyak hal, seperti cuaca, letak daerah untuk mengakses internet, sinyal, dan masih banyak faktor lainnya.

Dengan memahami dari pengertian kuota dan kecepatan internet maka dalam pembelian kuota internet berikutnya bisa memilih paket kuota internet dari provider yang tepat sesuai denga lokasi yang digunakan untuk mengakses internet, dan sinyal provider yang bagus pada lokasi tersebut. Jadi pembelian kuota tidak lagi berdasarkan murah dan besarnya kuota yang didapat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *