Home >> Tips dan Trik >> Mengenal dan Menghitung KWh Listrik , Yuukk !!!

Mengenal dan Menghitung KWh Listrik , Yuukk !!!

Sebagai orang awam kita kadang mempertanyakan hitungan satuan listrik KWh dengan Watt, bagi pengguna listrik prabayar kita sering bertemu dengan istilah satuan KWh jika kita membeli token listrik. Ada juga kasus yang lainnya, yaitu kadang kita merasa token yang kita beli begitu cepat habis. Atau sebagai pelanggan listrik pasca bayar kita juga dihadapkan hal yang sama mungkin, yaitu kenapa tagihan listrik semakin membengkak tiap bulannya. Untuk menjawab itu semua mari kita mengenal dan belajar menghitung KWh dan Watt, agar kita mengetahui jumlah daya listrik yang kita pakai sehari – hari dirumah kita.

apa itu kwh

Cara menghitung satuan daya listrik Watt menjadi KWh

Satuan KWH adalah kepanjangan dari Kilo Watt Hour atau 1000 Watt Jam
KWh terdiri dari 2 hal, yaitu :
1.KW atau Kilowatt yang artinya pemakaian daya listrik 1000 Watt
2.H atau Hour yang artinya pemakaian dalam 1 jam

Jadi KWh adalah banyaknya Daya Listrik yang kita gunakan dalam satuan Kilowatt, dalam waktu satu jam. Menggunakan satuan Watt karena peralatan listrik atu elektronok tidak ada yang menggunakan KWh, yang ada menggunakan Watt.
Contoh :
Jika daya listrik total yang sedang digunakan adalah 1000 watt maka berapa KWh yang digunakan dalan 1 jam ? jawabnya adalah 1 KWh

Watt adalah satuan daya listrik yang dibutuhkan peralatan listrik atau elektronik
Contoh :
1.Televisi dengan daya 200 Watt, artinya televisi tersebut memakai daya 200 Watt saat sedang nyala
2.Lampu dengan daya 25 Watt, artinya lampu jika dinyalakan akan memakai daya 25 Watt

kenali KWh

Kemudian 1 KWh berapa Watt ?
KWh itu adalah jumlah penggunaan semua peralatan listrik dengan besar daya dalam satuan Kilowatt (KW), yang dinyalakan dalam waktu satu jam (Hour). Jadi 1KWh itu berapa Watt ? Jawabnya adalah 1000 Watt.

Menghitung besar daya listrik / Watt

Jika kita melihat meteran listrik bertambah 1 KWh, dan Lama pemakaian peralatan listrik adalah 5 Jam, Berapa Watt Peralatan listrik yang digunakan?
Watt = (KWh : Jam) x 1000
Watt = (KWh : Jam) x 1000
Watt = (1 KWh : 5 Jam) x 1000
Watt = 0,2 KW x 1000
Watt yang digunakan adalah: 200 Watt.

Menghitung total pemakaian daya listrik / KWh

sebuah Majig Jar dengan daya 300Watt, Majig Jar tersebut tersebut dinyalakan selama 10 jam setiap harinya, Berapa KWh pemakaian Majig Jar tersebut?
KWh = (Watt x Jam) : 1000
KWh = (Watt x Jam) : 1.000
KWh = (300Watt x 10 Jam) : 1.000
KWh = 3000 : 1000
KWh = 3 KWh

Menghitung lama pemakaian listrik / Jam

Pemakaian sebuah peralatan elektronik dengan Daya sebesar 200Watt, menyebabkan pemakaian pada KWh meter bertambah sebanyak 2 KWh, Berapa Jam peralatan elektronik tersebut dinyalakan?
Jam = KWH : (Watt : 1000)
Lama Pemakaian = KWh: (Watt : 1000)
Lama Pemakaian = 2 KWh : (200Watt : 1000)
Lama Pemakaian = 2 KWh : 0,2KW
Lama Pemakaian = 10 Jam

hemat listrik

Demikian cara-cara menghitung satuan Watt, KWh yang sederhana, dengan cara- cara yang sederhana ini mudah-mudahan kita bisa memahaminya agar kedepan apa yang kita lakukan dalam pemakaian listrik dirumah kita bisa lebih diatur lebih baik sehingga tidak menimbulkan kejengkelan atau keterkejutan saat kita membayar tagihan listrik tiap bulannya atau bagi pelanggan listrik prabayar agar tambah lebih berhemat supaya tidak sering membeli token listrik yang bisa mengganggu pos keuangan kita. Dengan bisa berhemat maka kita akan menjadi pelanggan PLN yang pintar seperti motto dari PLN yaitu LISTRIK PINTAR

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *