Home >> Tips dan Trik >> Mengenal bisnis PPOB dan cara kerjanya

Mengenal bisnis PPOB dan cara kerjanya

Sebagian orang mungkin akan sedikit kebingungan ketika ditanya tentang bisnis PPOB. Ketika kamu coba searching di google yang muncul kebanyakan adalah penawaran menjadi agen PPOB. Jadi sebenarnya apa ppob itu ?? apa semacam bisnis ?? bagaimana cara kerjanya ??. semua pertanyaan tersebut akan dibahas satu persatu di artikel ini.

apa itu ppob

PPOB bisnis yang menguntungkan

PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking. Dari namanya dapat diartikan bahwa PPOB merupakan sebuah sistem pembayaran yang terkoneksi dengan internet. Kamu tentunya bertanya-tanya apa yang dibayarkan melalui sistem PPOB ??  pada awalnya sistem PPOB diciptakan untuk menggantikan sistem sebelumnya yaitu SOPP yang kala itu dianggap kurang efektif dalam melakukan pembayaran tagihan listrik maupun PDAM.

Sistem PPOB memang terkoneksi dengan sistem prbankan, sehingga konsep dari sistem PPOB sendiri menggunakan sistem satu loket, dimana dalam satu komputer kamu bisa melakukan berbagai macam pembayaran seperti tagiha listrik pasca bayar, pembelian token listrik, sampai pembayaran leasing dan voucher game online.

Karena kemudahanya tersebut, banyak sekali orang yang memilih menjadi agen PPOB untuk mendapatkan keuntungan, salah satu nya adalah mereka yang sebelumnya telah bergelut dibisnis pulsa. Alasan sederhana menjamur nya agen PPOB adalah karena pembayaran dengan sistem satu loket sangat diminati setiap orang. Orang tidak perlu lagi antri panjang untuk membayar tagihan listrik, ataupun untuk membayar tagihan PDAM.

Peluang berbisnis PPOB

Bisnis PPOB memiliki peluang yang sama dengan bisnis pulsa, karena keduanya berada pada ranah yang sama dan bisa berjalan bersamaan. Sehingga jika kamu merupakan pebisnis pulsa elektrik menggunakan komputer, maka kamu dapat mengembangkan bisnismu dengan menjadi agen PPOB. Beberapa alasan mengapa bisnis PPOB ini menguntungkan dan wajib kamu coba.

  1. Banyak masyarakat yang membutuhkan token listrik, voucher game dan lain lain
  2. Saldo dari bisnis PPOB tidak akan pernah busuk, sehingga saldo tidak akan bisa hangus
  3. Transaksinya mudah dan cepat
  4. Banyak sekali perbankan yang bisa kamu pilih untuk melakukan deposit

Cara menjadi agen PPOB

ppob

Menjadi agen PPOB cukup mudah, beberapa peralatan yang diperlukan dan langkah yang harus kamu ambil untuk menjadi agen PPOB

  1. Sediakan 1 unit komputer

Komputer diperlukan untuk melakukan transaksi pembayaran. Berbeda dengan bisnis pulsa yang bisa dilakukan melalui HP, bisnis PPOB harus dijalankan melalui komputer yang terkoneksi dengan internet.

  1. Sediakan printer

Printer juga merupakan hal wajib yang harus kamu sediakan dalam berbisnis PPOB. Karena hal ini untuk mengatasi jika terjadi eror di server pusat, maka bukti pembayaran sangat diperlukan sebagai bukti bahwa hari ini telah terjadi transaksi senilai sekian.

  1. 1 unit UPS (uninterrptible powe supply)

UPS merupakan sebuah alat pendamping komputer, alata ini berfungsi mirip dengan power bank pada HP. Karena komputer akan terus terkoneksi dengan internet sehingga otomatis komputer akan selalu menyala, maka UPS berfungsi sebagai alat yang menjaga komputer agar tetap hidup saat mati lampu.

  1. Mendaftar sebagai agen

Lakukan registrasi menjadi agen PPOB ke webmaster PPOB yang terpercaya. Banyak sekali webmaster terpercaya yang dapat kamu temukan di internet. Tapi apabila kamu ragu, kamu bisa bertanya kepada orang yang telah lebih dahulu memulai bisnis ini untuk konsultasi.

daftar gratis

  1. Melakukan deposit awal

Setelah melakukan registrasi, kamu diharuskan untuk melakukan deposit awal, sama seperti melakukan deposit pulsa, bedanya deposit PPOB jauh lebih banyak. Tiap webmaster atau dealer bervariasi, mulai dari 500 ribu – 5 juta rupiah.

Berbisnis PPOB bisa dibilang bisnis yang membutuhkan kesabaran. Karena sistem laba dari bisnis ini adalah laba kecil yang terus menerus. Maka dari itulah bisnis ini biasanya berkolaborasi dengan bisnis pulsa, maupun server pulsa. Namun kamu jangan berkecil hati, karena banyak juga orang-orang yang telah lama menjalankan bisnis ini bisa mendapatkan omset berjuta-juta tiap bulannya. jadi tunggu apalagi, segera mulai berbisnis.!!!

Comments

comments

One comment

  1. Say masih awam mengenai bisnis spt ini,,apalagi komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *