Home >> Tips dan Trik >> Mengatasi tulisan ” PERIKSA ” pada listrik Prabayar

Mengatasi tulisan ” PERIKSA ” pada listrik Prabayar

Sebuah alat pasti ada kelemahannya, begitu juga pada meteran listrik prabayar. Meteran yang sudah menggunakan sistem digital masih juga terdapat kelemahannya. Terbukti banyaknya keluhan pengguna listrik prabayar yang mengalami kejadian tulisan Periksa pada layar meteran. Ketika terjadi tulisan Periksa pada meteran banyak pengguna yang bingung apa yang harus dikerjakannya. Karena minimnya informasi maka mereka panik karena takut akan terjadi masalah pada listrik dirumahnya.

periksa lpb

Padahal munculnya tulisan Periksa ada beberapa penyebabnya, diantaranya tulisan Periksa muncul karena ada perbedaaan antara arus listrik yang masuk dan arus listrik yang keluar. Dari perbedaan tersebut maka meteran menganggap hal tersebut bermasalah sehingga meteran otomatis memberikan peringatan dengan munculnya tulisan Periksa.
Ada juga kasus yang bisa memunculkan tulisan Periksa, yaitu adanya arus listrik yang bocor, seperti pada alat elektronik yang jika dipegang akan terasa ada strumnya, kemudian ada kabel yang terkelupas atau sambungannya terkelupas.

kabel terkelupas

Meteran prabayar dalamnya terdapat semacam alarm yang akan mendeteksi sebuah masalah. Jika terjadi arus yang tidak sesuai dengan setelan meteran maka akan muncul tulisa Periksa. Kadang juga alat bisa error sehingga akan muncul tulisan Periksa meskipun dalam kondisi normal dan stabil.

Solusi untuk mengatasi tulisan periksa adalah dengan menelepon call center PLN 123, caranya sebagai berikut :

call center PLN

1.Sebelum menekan 123, kita harus memasukkan kode area kejadian, misalnya kejadian dirumah kita didaerah Kediri Jawa Timur, maka yang ditekan adalah 0354123 kemudian call.
2.Sampai terhubung selanjutnya kita pilih nomer 2 yaitu pengaduan, gangguan dan keluhan pelanggan. Kemudian kita akan terhubung langsung dengan operator PLN.
3.Pertama yang ditanyakan operator adalah tentang keluhan pelanggan apa. Kemudian kita jawab gannguan meteran listrik muncul tulisan Periksa.
4.Sambil menelepon sebelumnya kita siapkan nomer id pelanggan PLN rumah kita, karena operator selalu menanyakan nomer id pelanggan PLN tersebut.
5.Selain itu operator akan menanyakan Nama, alamat lengkap rumah kita, sama nomer telepon yang bisa dihubungi.
6.Kemudian operator akan memberikan nomer laporan pengaduan kepada kita sebagai bukti bahwa pengaduan kita sudah tercatat pada data base PLN.
7.Operator menyampaikan akan ada petugas dari PLN yang akan datang kerumah kita untuk mengecek dan memperbaiki jika ada kerusakan.
8.Paling akhir operator akan menyarankan untuk tidak memberikan uang atau bayaran kepetugas PLN karena layanan gratis, jika ada kerusakan yang memerlukan penggantian maka biaya akan dibebankan kedalam tagihan non taglis.

meter sudah normal

Sambil menunggu petugas PLN datang, kita bisa cek juga penyebab terjadinya tulisan Periksa dengan mengecek kabel ground yang ada dibawah meteran listrik apakah sudah benar posisinya atau ada yang tidak nyambung. Kemudian kita juga bisa mengecek dengan mematikan seluruh alat listrik yang ada didalam rumah , baik itu colokan yang menancap pada stopkontak harus kita copot dulu. Jika semuanya sudah mati maka kita lihat dilayar meteran apa masih muncul tulisan periksa. Jika tidak muncul kita mulai cek lagi penyebabnya dengan menyalakan satu per satu alat listrik yang ada dirumah kita. Jika saat menyalakan alat tertentu lalu muncul tulisan periksa maka alat tersebutlah yang menjadi masalah muncul tulisan Periksa.

Kemudian jika semua listrik sudah mati tetapi masih ada tulisan Periksa, kita tunggu saja petugas dari PLN, nanti kita akan diberikan kode 20 digit reset temper.

Comments

comments

2 comments

  1. pln kami ada tulisan PERIKSA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *