Home >> Tips dan Trik >> Mendongkrak Penjualan Token Listrik

Mendongkrak Penjualan Token Listrik

Usaha retail token listrik yang sudah kita jalankan mengalami stagnan dalam penjualannya. Padahal kebutuhan listrik pada masyarakat semakin meningkat, terutama pelanggan listrik prabayar. Jadi pasti ada yang kurang dalam usaha jualan token listrik kita, dan kita harus evaluasi dahulu sehingga tahu kekurangan dari usaha jualan token listrik yang kita lakukan.

strategi penjualan

Usaha yang menjamur di sekitar kita juga termasuk penyebab tidak berkembangnya usaha jualan token listrik kita, karena banyak terjadi persaingan di lapangan. Berikutnya kurangnya promosi kepada pelanggan PLN prabayar, harga juga berpengaruh pada penjualan token listrik kita.

Setelah mengevaluasi beberapa kekurangan yang kita miliki, maka langkah selanjutnya kita harus merencanakan strategi yang tepat supaya penjualan token listrik yan kita lakukan bisa mengalami kenaikan.

Strategi menaikan penjualan token listrik :

1.Tempat jualan strategis

tempat strategis konter

Jika tempat jualan kita blm strategis, kita harus mencari tempat strategis untuk jualan token listrik, yaitu di daerah perumahan baru yang padat penduduknya. Perumahan baru ini sudah pasti tiap rumahnya semua menggunakan listrik prabayar, karena pasang baru saat ini diharuskan pakai listrik sistem prabayar.

2.Desain menarik tempat jualan

token listrik

Tampilan menarik tempat jualan kita merupakan salah satu daya pikat ke pelanggan supaya datang ke tempat kita untuk melakukan pembelian token listrik. Memasang spanduk yang bagus, memasang harga token listrik pada sebuah papan yang kita tampilkan didepan tempat jualan kita. Pasang lampu yang terang pada malam hari, dengan lampu yang terang pelanggan nyaman membeli ditempat kita.

3.Promosi terus – menerus

promosi terus

Promosi mulai dari tetangga dekat kita, teman dekat, saudara, orang lain. Semua promosi tersebut kita lakukan terus – menerus, baik promosi langsung face to face atau via media sosial, yaitu lewat grup – grup yang kita ikuti di apalikasi seperti WA, Telegram, Facebook, dan lain -lain. Membagikan brosur disebuah momen acara yang besar, seperti lomba agustusan, pengajian, gerak jalan dan momen acara lainnya. Di brosur yang kita bagikan kita cantumkan nominal dan harga token listrik yang kita sediakan. Kita juga bisa memberikan bonus potongan harga jika pelanggan sudah melakukan pembelian 5 kali dengan nominal minimal 100 ribu misalnya.

4.Menambah jam buka konter

menambah jam buka konter

Menambah jam buka konter sangat perlu sekali, karena kebutuhan token listrik setiap pelanggan berbeda beda, kita tidak bisa mempridiksi hanya sianga atau sore saja mungkin mereka butuh token listrik, padahal kita tidak tahu pulsa listrik bisa habis sewaktu – waktu. Dengan menambah jam buka konter pelanggan akan tahu jika memerlukan token listrik akan datang kemana. Selain itu kita juga memberikan pelayanan 24 jam kepada pelanggan satu RW , meskipun konter sudah tutup, yaitu melalui telepon atau sms, kita juga siap menginputkan token kemeteran listrik pelanggan.

5.Pelayanan terbaik

pelayanan terbaik

Menyediakan cetak struk, kecepatan transaksi, memberikan tips sederhana seputar listrik prabayar, merespon cepat jika terjadi masalah token listrik pelanggan dan solutif. Semua itu adalah pelayanan yang harus kita berikan kepada pelanggan kita, supaya dengan pelayanan terbaik dari kita, pelanggan kita akan mempromosikan kepada calon pelanggan baru dengan sendirinya.

Dengan strategi diatas tadi semoga penjualan token listrik kita bisa mengalami kenaikan yang banyak, dengan naiknya penjualan token listrik maka keuntungan yang besar bisa kita dapatkan, dan jangan lupa untuk bersyukur kepada yang memberikan rizki pada kita.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *