Home >> Tips dan Trik >> Masih bingung? Ini Cara Berobat Menggunakan BPJS

Masih bingung? Ini Cara Berobat Menggunakan BPJS

bpjs

Anda sudah terdaftar dalam program BPJS? Tentu anda ingin biaya pengobatan sepenuhnya ditanggung pihak PBJS kan? Agar keinginan anda tersebut menjadi nyata, lebi baik anda ketahui dulu aturan atau prosedurnya.

Pertama. Ikuti Prosedur Urutan Pengobatan

Jangan terburu-buru pergi ke rumah sakit. Pengguna BPJS yang sakit harus terlebih dahulu pergi ke FASKES 1 (Fasilitas Kesehatan 1). FASKES merupakan Dokter Keluarga/ Puskesmas Setempat. Anda tidak bisa langsung pergi ke rumah sakit. Kecuali, bila anda berada pada kondisi darurat. Apabila anda memaksakan diir pergi ke rumah sakit, maka BPJS tidak akan menanggung biaya pengobatan anda. Nah lho…

Kedua. Perihal Pengobatan.

Bila anda sudah memeriksakan diri di FASKES 1 dan ternyata anda sudah sehat kembali, maka anda tidak akan dirujuk ke rumah sakit. Apabila kondisi anda sudah tidak sanggup ditangani di FASKES 1, maka pihak FASKES 1 akan memberikan surut rujukan ke rumah sakit.

Ketiga. Bawa Kartu Rujukan ke Rumah Sakit

Apabila anda ingin berobat ke rumah sakit, maka pastikan anda membawa kartu rujukan dari pihak FASKES 1. Bila anda tidak membawa surat rujukan tersebut, maka anda dianggap berobat secara pribadi tanpa menggunakan BPJS.

Keempat. Kondisi Darurat.

Apabila anda sedang berada pada kondisi darurat, maka anda diperbolehkan langsung ke rumah sakit. Pengguna BPJS bisa berobat ke rumah sakit tanpa melalui FASKES 1. Dan, anda pun tidak membutuhkan surat rujukan dari pihak FASKES 1. Kondisi darurat yaitu kondisi di mana anda berada dalam kondisi sakit yang kemungkinan berpotensi kematian maupun cacat.

Kelima. Persyaratan Wajib.

Apabila anda mendapat rujukan ke rumah sakit dari FASKES 1, maka jangan lupa membawa syarat-syarat berobat ke rumah sakit, yaitu:
• Kartu BPJS Asli beserta foto copynya
• Foto copy KTP yang masih berlaku
• Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
• Foto Copy Surat Rujukan dari FASKES 1

Apabila anda sudah memenuhi segala persyaratan tadi, maka 100% biaya berobat anda akan ditanggung oleh pihak BPJS. Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan layanan BPJS ini, maka biasanya akan mengeluh.

Ada kalanya beberapa kasus, obat-obat jenis tertentu, tidak tercover/ tidak masuk daftar obat yang ditanggung BPJS. Solusinya, anda “dipaksa” membayar memakai uang pribadi lagi. Meski begitu, pihak BPJS tetap memberikan keringanan. Sudah tahu kan bagaimana agar pengobatan anda gratis dan 100% ditanggung oleh BPJS?

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

GooglePlay

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *