Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Energi listrik dihasilkan dari muatan listrik, sehingga bisa menghasilkan gerakan elektrok dalam sebuah konduktor dalam zat cair atau gas dan menghasilkan listrik statis. Energi listrik yang bisa mengubah menjadi energi lain adalah energi listrk dinamis. Sedangkan, arus listrik terdiri dua macam yaitu arus listrik AC dan arus listrik DC.

Sumber Arus Listrik

sumber : https://www.abcpowergenset.com/

Listrik haris ada sumbernya untuk bisa diubah dalam bentuk energi ain. Di dalam arus listrik terdapat dua jenis partikel yang bernama proton dan elektron. Kedua pertikel ini mengandung energi listrik dengan memiliki arus yang berbeda-beda. Arus positif adalah yang dimiliki oleh partikel proton, sedangkan elektron memiliki muatan arusnya negatif. Jika ada benda yang kekurangan elektron, maka benda tersebut akan kelebihan energi positif proton.

Sebaliknya jika sebuah benda berlebihan dalam energi elektronnya, maka benda tersebut bermuatan negatif. Dan jika kedua benda memiliki jumlah proton dan elektron yang sama, benda tersebut akan netral. Sebelum mengenal energi listrik, pertama harus mengenal sumber arus listrik. Dalam mengenal sumber arus listrik, harus diketahui dulu muatan yang ada didalamnya.

Arus Listrik Dan Muatan Listrik

sumber : https://klikhijau.com/

Untuk menghasilkan energi setiap listrik haus ada arusnya. Jika tidak ada arusnya, maka peralatan tidak mau menyala. Sedangkan jika arus terhambat maka peralatan seperti lampu akan menyala berkedap-kedip karena ada gangguan pada arus listriknya. Di bawah ini hal-hal berhubungan dengan arsu listrik.

  • Arus listrik mengalir dari potensial tinggi menuju potensial rendah. Arus listrik ini berlawanan dengan arah aliran elektron.
  • Arus yang bermuatan negatif maka elektorn bisa bergerak dari arah kutub positif menuju kutub negatif.
  • Pada rangkaian tertutup, elektron akan mengalir dari kutub negatif menuju ke kutub positif.
  • Baterai bisa menyimpan muatan listrik dan bisa untuk mengalirkannya.

Fakta-Fakta Energi Listrik

sumber : https://www.vimanews.com/

Energi Listrik Menjadi Awal Kemajuan Teknologi

Berbagai peralatan elektrik mulai dari TV, radio, komputer, smartphone, dan alat-alat canggih lainnya tidak akan bisa digunakan jika tidak ada energi listrik yang mengalirinya. Keberadaan alat-alat elektrik yang membantu pekerjaan manusia ini diawali dengan ditemukannya energi listrik. Jadi semua peralatan modern yang canggih itu semua dapat berjalan sesuai fungsinya disebabkan oleh adanya energi listrik.

Energi Listrik Memiliki Berbagai Manfaat

Energi listrik bisa dirubah menjadi energi panas, data pada komputer, gerak, cahaya, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak ada energi yang lebih banyak manfaatnya di alam selain energi listrik. Energi listrik ini sendiri bisa diciptakan dari beberapa energi alam juga, seperti energi panas matahari, energi gerak angin, dll.

Energi Listrik Tidak Pernah Habis

Maksudnya energi listrik tidak pernah habis adalah energi listrik ini perlu dibangkitkan dahulu. Dan proses membangkitkan energi listrik ini memerlukan biaya yang besar untuk membuat instalasi listrik ini. Dan pada dasarnya energi listrik itu tidak bisa habis juga tidak bisa bertambah. Namun energi listrik hanya bisa berubah bentuk saja sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Energi Listrik Dapat Disimpan

Bukti energi listrik bisa disimpan adalah dengan keberadaan baterai, power bank, aki, dll. Fungsi energi listrik disimpan adalah supaya energi ini tidak bergerak kemana-mana karena keberadaan konduktor disekitarnya. Selain itu penyimpanan energi listrik akan memudahkan dalam pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Energi Listrik Untuk Kehidupan Manusia

sumber : https://www.liputan6.com/

Sebagai Penerangan

Energi listrik dapat diubah menjadi energi cahaya dengan ditemukannya lampu. Sehingga penerangan bisa dilakukan pada malam hari menggunakan energi listrik. Penemuan energi listrik menjadi energi cahaya ini merupakan penemuan yang sangat fenomenal dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sebagai Panas

Energi listrik bisa berubah menjadi energi panas melalui alat setrika, heater yang bisa memasak air dengan menggunakan listrik, mesin penanak nasi, solder, dan peralatan lainnya.

Sebagai Energi Gerak

Energi gerak bisa dihasilkan dari adanya energi listrik seperti elektromagnetik pada Motor listrik. Putaran motor tersebut dapat diubah lagi menjadi berbagai keperluan melalui alat pompa air, mesin cuci, pemotong besi, gerinda, bor listrik dan lain-lainnya. Energi listri menjadi energi gerak bisa ditemukan juga pada sepeda dan mobil listrik.

Sebagai Suara

Mikrophone dan speaker merupakan peralatan yang mengubah energi listrik menjadi suara sehingga suara Adzan bisa terdengar dari jarak sangat jauh. Dengan peralatan hanphone energi listrik ini bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh.

Sebagai Pengubah Data

Energi Data ini karena adanya listrik pada komputer dan smartphone. Sehingga data-data tersebut bisa berubah menjadi gambar, tulisan, dan lian-lain.

Sebagai Pengganti BBM

BBM sebagai bahan baku untuk menggerakkan berabagai peralatan dan mesin dapat digantikan dengan energi listrik. Sehingga munculnya inovasi baru seperti mobil dan sepeda motor listrik. Bahan bakar minyak (BBM) yang bisa habis ini bisa digantikan dengan energi listrik yang tidak pernah habis.

Sebagai Sumber Pengobatan

Arus listrik yang tidak besar dimanfaatkan oleh orang-orang ahli dalam pengobatan sebagai alat yang efektif. Seperti dalam pengobatan tusuk jarum, energi listrik ini menjadi energi yang membantu untuk menerapi titik-titik meredian dalam tubuh supaya stabil kembali.

Sebagai Bantuan Alat Olahraga

Metode terapi Electrical Muscle Stimulation (EMS) yang menggunakan energi listrik sekarang banyak dimanfaatkan untuk mengurangi resiko cidera ketika berolahraga.

Sebagai Bantuan Alat Belajar

Smartphone atau komputer yang didalamnya terdapat ebook tempat menyimpan banyak catatan ini tidak akan bisa dibuka jika tidak ada energi listrik.

Sebagai Alat Bantu Kimia

Pada percobaan kimia, energi listrik selalu diperlukan dalam mempermudah proses kimia untuk menjadikan senyawa baru sebagai energi baru.

Penghematan Listrik

Meski keberadaan listrik ini tidak akan pernah habis, namun kita sebagai manusia juga perlu untuk menghematnya supaya tidak boros dan biaya listrik juga tidak membengkak. Tindakan apa saja untuk menghemat listrik supaya listrik bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan ? Selengkapnya bisa di cek di bawah ini.

Gunakan Peralatan Listrik Seperlunya

Penghematan listrik bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan listrik seperlunya. Seperti mematikan televisi dan radio sebelum tertidur.Selain bisa menghemat listrik, juga bisa membuat peralatan listrik ini bertahan lama.

Matikan Lampu di Siang Hari

Pada siang hari manfaatkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan. Lampu hanya digunakan jika di dalam rumah jika sangat dibutuhkan seperti ketika terjadi hujan sehingga ruanagan di dalam rumah menjadi gelap. Keperluan menyalakan lampu pada umumnya adalah di malam hari.

Gunakan Tandon Air

Tandon air sangat berguna dalam penghematan listrik, karena pompa air akan meyala jika volume air sudah sedikit. Sehingga listrik tidak sering menyala yang menyebabkan boros.

Gunakan Setrika Otomatis

Aktivitas menyetrika sering dilakukan dalam rumah tangga. Hal ini bisa menghemat listrik jika menggunaka setrika listrik otomatis. Karena panas setrika bisa disesuaiakan dengan bahan pakaian yang akan disetrika. Selain itu, jika panas sudah dalam batas maksimal akan mati otomatis dan akan menyala kembali secara otomatis.

Demikian sekilas tentang manfaat energi listrik dalam kehidupan manusia. Semoga banyak manusia bisa memanfaatkan energi listrik dengan benar sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.