Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Listrik Prabayar Untuk Rumah Kos

Listrik Prabayar Untuk Rumah Kos

rumah kos

Bisnis rumah kost adalah bisnis yang sangat menggiurkan. Dengan berinvestasi di bidang properti dengan mengelola rumah kost, dipastikan perbulannya Anda akan mendapatkan pendapatan pasif, tanpa perlu bekerja. Selain itu, nilai investasi dari rumah kost juga akan selalu naik tiap tahunnya, yang disebabkan karena semakin terbatasnya jumlah dari properti yang tersedia, sementara kebutuhan manusia akan properti semakin meningkat. Di daerah yang dekat dengan sekolah, kampus, perkantoran dan pertokoan, rumah kost menjadi sesuatu yang selalu diburu.

Bagi penghuni kos-kosan dalam haltarif kos rata -rata hampir sama, cuman ada yang membedakan dari selain tarif kos-kosan tersebut , yaitu masalah tarif listrik. Ada dua pendapat yang berbeda dari penghuni kos-kosan dalam melihat masalah tarif listrik ini, Pertama, penghuni kos yang suka bila kos-kosan memakai listrik pascabayar, yang biasanya menerapkan tarif listrik kepada penghuni kos sesuai dengan jumlah barang elektronik yang mereka bawa. Keuntungan dari sistem ini adalah penghuni kos tidak lagi memikirkan biaya listrik perbulannya, karena sudah menjadi satu paket biaya kos perbulannya.
Kedua, adalah penghuni kos yang lebih suka jika tiap kamar kos ada meteran listrik prabayar, jadi keuntungannya adalah , penghuni kos dibebaskan membawa peralatan elektronik apa saja, karena listrik dibebankan kepada penghuni kos.

kamar kos sederhana

Biasanya yang membuat keberatan bagi penghuni kos yang memekai sistem pertama adalah karena penghuni kos tidak selalu menggunakan semua perkakas elektronik tersebut. Mereka tidak memasak setiap hari, dan lebih sering makan di warteg. Biasanya mereka hanya memasak pada akhir bulan ketika kantong sudah sangat menipis. Begitu juga dengan setrika, yang sangat jarang mereka gunakan karena pakaian mereka sering di-laundry. Begitu pula dengan dispenser yang hanya mereka nyalakan sesekali saja. Satu-satunya yang barang elektronik yang selalu terhubung dengan listrik adalah laptop.

Sementara Rumah Kost yang menggunakan sistem listrik pintar (prabayar) PLN, menjadi pilihan bagi penghuni kos. Mereka menjelaskan bahwa ia harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu (yang nilai vouchernya bervariasi, mulai dari Rp. 20.000- 1.000.0000). Setelah itu baru digunakan. Mereka takjub, karena menggunakan sistem listrik pintar PLN justru jauh lebih hemat. Mereka telah membuktikannya. Voucher listrik senilai Rp. 50.000 bisa ia gunakan hampir selama 2 bulan.

Mengapa?

Melalui meter elektronik prabayar, Mereka bisa memantau pemakaian listrik setiap saat. Ketika ia merasa pemakaian listriknya sudah cukup banyak, maka ia pun ‘mengencangkan ikat pinggang’ alias memakai listrik hanya manakala benar-benar diperlukan.

Dengan sistem listrik pintar,Mereka bisa menyesuaikan pengeluaran untuk listrik dengan anggaran belanja yang ia miliki. Mereka juga diuntungkan ketika ia ada kegiatan di luar kota. Praktis, ia sama sekali tidak menggunakan listrik (dan tidak ada tagihan yang harus dibayar!).

listrik pintar

Rumah kost dengan sistem yang kedua mungkin pengelolaan listriknya sangat “berkeadilan”. Inilah rumah kost pintar, yang menggunakan sistem listrik pintar PLN.
Sedangkan jika Anda adalah pemilik rumah kost atau kontrakan, sistem listrik pintar PLN juga memberikan keuntungan lain. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah kontrakan karena pemakaian listrik menjadi tanggung jawab penyewa sepenuhnya, dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan penyewa.
Memang biaya awal pemasangan mungkin cukup besar bagi pemilik kos, tapi setelah itu justru sangat memberikan keuntungan bagi pemilik kos, karena tidak lagi dipusingkan oleh biaya penggunaan listrik penghuni kos-kosan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *