Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> LISTRIK PRABAYAR, SOLUSI PINTAR PLN

LISTRIK PRABAYAR, SOLUSI PINTAR PLN

Bermunculnya alat-alat atau mesin-mesin pembantu pekerjaan manusia menjadikan listrik sebagai hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mendapatkan air, kita menggunakan pompa air yang harus digerakkan dengan tenaga listrik, yang dulu untuk mendapatkan air cukup dengan menimba disumur, menanak nasipun juga begitu, sekarang dengan alat magic jar saja nasi bisa sudah masak sendiri dan berbagai macam alat-alat lainnya yang mengunakan tenaga listrik untuk menyalakannya.

listrik pintar

Dengan terbatasnya pasokan listrik keseluruh pelosok tanah air, karena terbatasnya pula pembangkit tenaga listrik yang ada, maka pihak PLN dituntut cerdas dalam mengelola listrik nasional ini. Sistem yang lama dari PLN ternyata tidak bisa memberikan perkembangan dan perbaikan dalam masalah kelistrikan ini. Sistem yang lama adalah menggunakan sistem pascabayar, dimana sistem ini ada beberapa kelemahannya bagi manejemen PLN.

RAWAN TERJADI PENUNGGAKAN TAGIHAN LISTRIK

telat bayar
Masih banyak pelanggan yang membayar tagihan tidak sesuai dengan jatuh temponya, kadang sampai menunggak 3 bulan, memang secara prosedur kasus-kasus seperti ini seharusnya sudah diselesaikan dengan pemutusan listrik, tetapi tagihan yang nunggak belum terbayar. Dan dilapangan kadang lebih sulit melaksanakan prosedur tersebut.

RAWAN PENCURIAN LISTRIK

curi listrik
Proteksi dari meteran pascabayar yang sangat lemah sehingga mudah para pelanggan nakal untuk mengakalinya supaya tagihan mereka menjadi lebih sedikit yang harus dibayarkan

BURUKNYA BIROKRASI
Dampak birokrasi buruk dalam sebuah perkerjaan akan menjadi tidak efisien, sistem pascabayar yang mengandalkan manusia untuk mengecek berkala meteran ditiap-tiap rumah ini menjadi kendala tersendiri karena semua rumah tidak semuanya bisa diakses dengan mudah, karena ada yang rumah yang berpagar tinggi, rumah yang lama ditinggal penghuninya. Kasus seperti ini yang membuat sulit dalam pencatatan. artinya akurasi kevalidan data tidak bisa 100%.

Akhirnya pihak PLN menemukan sistem yang baru, yaitu sistem prabayar. Sistem prabayar ini diperuntukkan pada pelanggan pemasangan baru dan bagi pelanggan lama pascabayarpun bisa dilakukan pemasangan jika pelanggan menginginkannya. Apa kelebihan listrik prabayar untuk manejemen PLN.

PEMBAYARAN YANG MUDAH

bayar mudah
Pelanggan untuk bisa menggunakan listrik dirumah mereka harus membeli token listrik dahulu seperti kita mau isi pulsa hp. Token listrik bisa dibeli di kantor PLN, kios-kios pulsa , kios PPOB dan tempat-tempat lainnya yang menyediakan token listrik.

TIDAK ADA PENCATATAN DAN TUNGGAKAN
Karena listrik sudah dibayar dimuka maka otomatis tidak ada tunggakan dan pencatatan. sehingga birokrasi PLN menjadi efisien

PUTUS ALIRAN LISTRIK OTOMATIS
Sebagaimana hp celular kita jika pulsa habis maka kita tidak bisa menggunakan untuk menelepon atau sms, begitu juga listrik prabayar ini, jika kwh token sudah habis maka otomatis terjadi pemadaman listrik, dan untuk menyalakan kembali kita harus membeli token kembali untuk diisikan ke meteran listrik prabayar kita dirumah.

Bagi pihak PLN sistem listrik prabayar ini sangat menguntungkan, karena PLN bisa konsentrasi melakukan pekerjaan lainnya seperti menambah pasokan tenaga listrik dengan cara menambah dan mendirikan pembangkit tenaga listrik. Dengan bertambahnya pasokan listrik, PLN akan lebih mudah memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan listrik. Sampai pemadaman listrik jarang terjadi. karena pemadaman terjadi akibat pasokan listrik yang terbatas sehingga pemadaman akan dilakukan bergiliran.

Demikian solusi pintar PLN supaya masalah kelistrikan ini bisa diselesaikan dengan baik dan menjadi manfaat bagi ke dua belah pihak yaitu PLN dan pelanggan listrik. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *