Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Listrik Prabayar Solusi Penghematan Listrik

Listrik Prabayar Solusi Penghematan Listrik

Selama PLN dan pemerintah tidak menambah pembangkit listrik dan menemukan sember pembangkit listrik alternatif maka bisa dipastikan tarif listrik yang sekarang ini adalah tarif bertahan yang artinya sewaktu-waktu tarif listrik akan bisa naik lagi dan terus naik. Jika terus naik dipastikan beban rakyat semakin berat karena biaya listrik salah satu pengeluaran dalam rumah tangga yang cukup besar. Listrik adalah kebutuhan yang sangat penting saat initanpa adanya listrik kita akan kembali pada pekerjaan pekerjaan manual yang cukup membutuhkan waktu yang lama. Tetapi dengan adanya listrik maka pekerjaan sehari-hari bisa dilakukan oleh mesin yang yang digerakkan energi listrik.

listrik prabayar

Semua transaksi-transaksi sekarang ini sudah dalam bentuk online. Semuanya itu bisa berjalan karena adanya listrik sebagai sumber tenaga yang bisa menyalakan mesin elektronik dan mesin-mesin lainnya. Jadi pentingnya listrik membuat berapapun biaya penggunaannya harus kita bayarkan meskipun mengorbankan kebutuhan lainnya. Yang anak kos mereka rela uang sakunya juga jadi korban biaya listrik karena untuk menyalakan komputer untuk mengerjakan tugas kuliah harus dengan listrik, yang ibu rumah tangga juga begitu yaitu mengorbankan biaya lainnya hanya untuk memenuhi biaya listrik yang telah mereka gunakan demi listrik tetap menyala.

Dari biaya listrik yang mahal maka diperlukan solusi agar biaya yang dikeluarkan menjadi ringan. Solusi tersebut adalah penghematan pemakaian listrik, selain penghematan solusi pertama yang harus kita lakukan adalah mengganti sistem listrik pascabayar menjadi sistem listrik prabayar. Keunggulan listrik prabayar ini selain tidak ada biaya bebannya, penghitungan stroomnya juga akurat karena menggunakan sistem otomatis pada meteran listriknya, beda dengan listrik pascabayar yang penghitungannya manual sehingga rawan dari kesalahan. Selanjutnya barulah melakukan penghematan pemakaian lisrik didalam rumah.

Berikut penghematan listrik didalam rumah :

1.Mengganti semua alat listrik dengan yang hemat listrik.

alat listrik hemat energi

Alat yang hemat listrik biasanya agak mahal, tetapi jika dikalkulasi barang tersebut dengan pemakaian justru lebih murah ketika kita membeli barang yang mahal tetapi setiap harinya tidak boros listrik sehingga meringankan biaya tiap harinya. Mulai dari lampu, kulkas, mesin cuci, setrika, dan lain lainnya.

2.Melakukan kebiasaan penghematan yang baik.

matikan tv

Dimulai mematikan TV sebelum tidur, jangan sampai tertidur didepan TV sampai pagi. Kemudian mencabut steker pada sumber listrik jika sudah selesai menggunakan alat elektronika baik itu setrika, radio, TV , dan lain lainnya karena jika kabel belum tercabut listrik masih terkonsumsi. Kebiasaan mematikan semua lampu dirumah sebelum tidur kecuali lampu depan dan belakang rumah sebagai penerangan diluar.

3.Memasang tandon air.

tandon air besar sekali

Karena kebutuhan didalam rumah yang paling besar adalah kebutuhan air, karena untuk minum, memasak , mencuci, mandi dan lain lainnya. Semakin banyak penghuni rumah semakin banyak juga kebutuhan airnya. Dengan adanya tandon air maka pompa listrik tidak sering menyala yang berakibat boros liatrik, tetapi dengan adanya tandon air maka pompa air menyala hanya beberapa kali saja karen a jika tandon sudah menipis airnya baru pompa listrik menyala secara otomatis dan akan mati jika air dalam tandon sudah penuh kembali.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *