Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Listrik Prabayar Membuat Kita Jadi Pintar

Listrik Prabayar Membuat Kita Jadi Pintar

Sebelum kita berlangganan listrik prabayar, tentu kita pakai listrik dengan tagihan bulanan, yaitu listrik pasca bayar. Kebiasaan ketika menggunakan listrik pasca bayar secara umum adalah kita tidak pernah memperhatikan listrik yang telah kita gunakan sehari-hari, yang kita tahu adalah tagihan yang harus kita bayar tiap bulannya. Meskipun tagihan listrik besar, kita tidak peduli apa yang telah membuat tagihan kita besar. Mungkin yang kita tahu bahwa tagihan besar karena subsidi dari pemerintah telah dicabut, padahal tagihan besar faktor lainnya adalah kebiasaan pemakaian listrik dirumah kita. Ada hal-hal yang sebenarnya tidak harus kita lakukan tetapi kita melakukan dan membiarkannya, contohnya adalah menyalakan lampu di dalam ruangan yang tidak terpakai, alat elektronik banyak yang kondisi stanby jika tidak terpakai, dan lain-lainnya.

listrik pintar

Kebiasaan diatas tetap kita lakukan dan menjadi sebuah hal yang wajar bagi kita karena tidak ada alarm atau peringatan seperti terjadinya pemadaman jika menggunakan listrik terlalu over. Sehingga yang kita tahu hanya besaran tagihan saja tiap bulannya. Berbeda sekali jika kita beralih ke sistem listrik prabayar, kita akan sedikit demi sedikit memperhatikan hal-hal yang kecil yang membuat kwh listrik kita cepat habis. Dalam sistem listrik prabayar yang pertama sebelum kita bisa menggunakan listrik , kita harus membeli token listrik dulu untuk diisikan kemeteran, setelah itu baru kita bisa menggunakan listrik dirumah kita, dan apabila pemakaian listrik rumah kita terlalu boros maka akan ada alarm atau bunyi peringatan bahwa listrik atau Kwh yang kita miliki masih sedikit dan disarankan untuk menambah token lagi supaya tidak sampai terjadi pemadaman.

input token

Tidak adanya sangsi pemutusan karena kita membayar didepan untuk menggunakan listrik dirumah kita, sehingga kita harus cerdas dan bijak dalam menggunakan listrik dirumah. Seratus persen listrik yang kita pakai dibawah kendali kita, artinya kita mau boros listrik tentu kita harus membeli token lebih banyak lagi, kalau kita mau hemat tentu kita tidak sering membeli token. Agar listrik dirumah kita tidak cepat habis maka kita harus melakukan penghematan, menggunakan listrik sesuai dengabn kebutuhan, mematikan lampu yang tidak perlu dan menggantikannya dengan lampu LED yang lebih hemat listrik, kita juga bisa mengecek arus , daya dan listrik yang kita pakai lewat meteran listrik dirumah kita, sehingga kita bisa memperkirakan dan bisa menghitung pengeluaran tiap bulannya untuk listrik yang kita gunakan.

pemutusan listrik

PLN telah memfasilitasi tempat -tempat untuk membeli token listrik agar bisa kita akses dengan mudah, seperti di minimarket, kios -kios ppob disekitar rumah kita, konter-konter pulsa hp yang menyediakan layanan token listrik yang ada disekitar kita, dan banyak lagi tempat -tempat layanan tersebut disekitar kita dan jaraknya tidak jauh dengan rumah kita. Bahkan jika kita mau jadi agen pulsa tentu pembelian token listrik bisa kita lakukan sendiri dirumah lewat sms atau aplikasi yang telah disediakan. Jadi sangat mudah sekali kita untuk membeli token listrik tersebut. Perlu juga kita ketahui bahwa Kwh yang tersisa dimeteran rumah kita tidak ada masa kadaluarsanya, artinya bisa dipakai sampai habis. dan tips terbaik buat kita adalah jika membeli token sebaiknya membeli dengan nominal yang besar, karena kta aakan sedikit dikenai biaya admin, beda jika kita membeli dengan nominal kecil berkali-kali, maka kita akan dikenai baya admin juga berkali kali setiap kita melakukan pembelian.

beli token listrik via sms

Demikianlah uraian seputar listrik prabayar yang membuat kita semakin cerdas dalam menggunakan listrik dirumah kita, sehingga apa yang kita lakukan bisa membantu supaya biaya yang kita keluarkan untuk listrik dalam rumah kita tidak besar

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *