Home >> Tips dan Trik >> Langkah-langkah terbaik untuk membuka konter semi permanen

Langkah-langkah terbaik untuk membuka konter semi permanen

Di era milenial yang serba digital ini, kebutuhan akan pulsa maupun kuota paket data semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamur nya konter-konter pulsa di pinggir jalan. Bagi kamu yang juga memilih berbisnis pulsa, tentunya sangat menginginkan memiliki konter sendiri, agar bisnis yang kamu jalankan semakin berkembang.

membangun conter pulsa

Namun semakin mahal nya harga tanah maupun sewa kontrakan, membuat sebagian pebisnis pulsa dengan modal pas-pasan lebih memilih untuk tetap melanjutkan bisnis melalui rumah pribadi. Tapi kamu tidak perlu kawatir, karena saat ini banyak sekali konter-konter semi permanen dipinggir jalan. Konter semi permanen ini memiliki struktur bangunan yang terbuat dari kayu, maupun besi seng sederhana dengan beratapkan asbes. Dengan modal yang tidak sebesar bangunan permanen yang memiliki struktur bangunan bata, semen, dan genteng, konter semi permanen ini menjadi tren baru bagi pebisnis pulsa.

Meskipun begitu, dalam membangun konter ini pun juga memerlukan beberapa pemilihan, salah satunya pemilihan lokasi pembangunan. Dalam memilih lokasi, kamu tidak bisa sembarangan membangun di tempat yang ramai pengunjung. Selain masalah ijin, efektifitas dari konter tersebut juga perlu dipikirkan terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih lokasi pembangunan konter milikmu.

Mengurus perizinan pendirian 

Suka atau tidak ijin ini sangat penting untuk kelangsungan hidup konter yang kamu kelola nantinya. Meskipun konter yang akan kamu bangun nanti merupakan bangunan semi permanen yang bisa dibongkar kapan saja dengan cepat, kamu harus tetap mengurus ijin terlebih dahulu.

Dalam mengurus perizinan sebenarnya kamu tidak perlu sampai mengurus kedinas-dinas yang bersangkutan, meskipun juga dianjurkan untuk mengurusnya juga. Yang terpenting adalah kamu harus melakukan komunikasi dengan warga setempat atau ketua RT setempat perihal konter yang akan kamu bangun. Kamu tentunya tidak ingin konter yang kamu bangun tiba-tiba di tutup oleh warga sekitar karena tidak melakukan laporan terlebih dahulu.

Pandai memilih bahan bangunan yang akan digunakan

Mungkin ini terkesan masalah sepele, namun sangat penting bagimu untuk mengetahui bahan apa saja yang akan kamu gunakan untuk membuat konter yang akan kamu pakai. Jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa dan langsung membangun, karena ini akan menimbulkan resiko dimana bangunan tidak dapat bertahan lama.

Pilih lokasi yang tepat sasaran

lokasi

Ada berbagai macam cara untuk memilih lokasi usaha. Dalam berbisnis pulsa, lokasi dipinggir jalan raya tidak selalu menjadi lokasi yang strategis. Karena dijalan raya besar belum tentu orang akan berhenti ke konter yang kamu miliki hanya untuk membeli beberapa giga kuota ataupun beberapa ribu pulsa saja. Kecuali konter milikmu cukup besar sehingga produk yang kamu tawarkan juga berbagai macam.

Yang terpenting dari pendirian konter adalah seberapa mudah akses untuk menuju kelokasi. Selain itu terkadang konter yang berada disebuah lingkungan perumahan malah lebih ramai pengunjung daripada yang berada di tepi jalan besar. Hal ini bisa terjadi dikarenakan terkadang orang dalam memilih paket internet yang kamu tawarkan membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itulah, seseorang jadi agak ragu jika harus berhenti cukup lama tepat dipinggir jalan besar hanya untuk memilih paket internet

Buat banner promosi dan daftar paket yang sedang promo

promosi

Satu hal yang jangan sampai kamu lupakan, ketika konter sudah berdiri jangan sampai lupa untuk membuat banner identitas dan banner daftar harga paket yang sedang promo saat itu. Buat dengan ukuran yang cukup mencolok, sehingga ketika orang sedang melintas akan langsung tertarik dengan promo yang sedang kamu tawarkan.

Itulah beberapa langkah awal dalam membangun konter pulsa semi permanen. Semoga kamu dapat mengamalkan langkah-langkah tersebut, sehingga bisnis pulsa yang kamu kelola semakin berkembang. Selamat mencoba!!!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *