Home >> Tips dan Trik >> Konter vs rumahan, lebih untung mana dalam berbisnis pulsa.

Konter vs rumahan, lebih untung mana dalam berbisnis pulsa.

Dalam berbisnis pulsa, kamu dapat membedakan setiap pemain yang benar-benar serius menjadi 2 kategori, pertama mereka yang memiliki konter dan kedua mereka yang hanya berbisnis melalui rumahan. Seperti pembagian namanya, mereka yang memiliki konter memilih berjualan pulsa maupun paket data disuatu lokasi dengan bangunan khusus untuk berjualan. Sedangkan mereka yang berjualan dirumah lebih mengandalkan promosi sebagai cara memberitahu pelanggan.

bingung memilih tempat usaha

Memang secara tidak langsung orang akan melihat, pemilik konter dianggap lebih sukses dari pada mereka yang hanya jualan dirumah, mengingat nantinya mereka yang menjual pulsa dirumah pada saatnya akan membuka konter juga. Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, namun taukah kamu bahwa berjualan dirumah juga memiliki beberapa keuntungan tersendiri. Beberapa kelebihan dan kekurangan berjualan pulsa dirumah, maupun dikonter.

Kelebihan berjualan pulsa rumahan

  1. Lebih hemat biaya

Hal ini sudah jelas, pengeluaran yang kamu keluarkan saat berbisnis dirumah sudah pasti lebih sedikit. Omset usahamu hanya berkurang untuk pembayaran listrik, tanpa pembayaran sewa di konter.

  1. Lebih fleksibel

Saat kamu berbisnis pulsa secara rumahan, kamu tetap bisa santai sembari mengerjakan pekerjaan lainya. Hal ini tidak bisa kamu dapati saat membuka konter.

  1. Anti repot

Jika kamu tidak menyukai sesuatu hal yang berbau “repot” maka bisnis melalui rumahan sangat cocok buatmu. Hal ini karena dalam berbisnis pulsa rumahan, kamu tidak perlu susah-susah membeli sampai merawat lokasi usaha.

Kekurangan berjualan pulsa rumahan

Menjalankan bisnis pulsa melalui rumahan memang meguntungkan dari satu sisi. Namun tetap saja ada beberapa kekurangan dalam berjualan pulsa rumahan.

  1. Promosi lebih gencar

Jika rumah yang kamu buat untuk tempat bisnis berjauhan dari lokasi jalan utama, maka cara agar orang mengetahui tentang bisnismu adalah dengan promosi sesering mungkin.

promosi

  1. Kepercayaan pelanggan yang lebih rendah

Beberapa orang terkadang kurang percaya dengan pebisnis pulsa yang berjualan hanya melalui rumahan. Karena pelanggan akan berpikir jangan-jangan barang yang ditawarkan kurang baik dan sebagainya.

  1. Rumah akan lebih berantakan

Hal ini sudah jelas, saat kamu memulai bisnis pulsa dan penjualan paket data, maka secara tidak langsung rumahmu akan lebih berantakan, apalagi jika kamu seorang pebisnsi server pulsa, bisa lebih berantakan lagi karena banyak nya alat yang dibutuhkan

Kelebihan berjualan pulsa di konter

  1. Promosi tidak terlalu gencar

Dengan memiliki konter, maka lokasi usahamu akan jadi jelas. Sehingga kamu hanya perlu membuat beberapa banner untuk menjelaskan tarif dari pulsa maupun kuota yang kamu jual

  1. Bentuk investasi

Jika konter milikmu merupakan tanah milikmu sendiri, maka hal ini bisa menjadi investasimu dimasa yang akan datang. Bagaimana dengan konter semi permanen ?? konter semi permanen memang tidak bisa untuk investasi. Namun lokasi yang telah jelas membuat konter semi permanen tetap bisa mendapat untung yang cukup banyak.

  1. Kepercayaan pelanggan lebih tinggi

Pelanggan biasanya lebih percaya kepada pebisnis pulsa yang memiliki konter, karena jika ada apa-apa, mereka memiliki kejalasan kemana mereka akan mengeluh. Sehingga mereka tidak akan ragu dalam memilih membeli di konter tersebut.

Kekurangan bisnis pulsa di konter

  1. Modal yang cukup banyak

Sudah bukan rahasia umum lagi jika membangun konter sendiri membutuhkan modal yang tidak sedikit. Karena itulah sebagian pebisnis pulsa (pemula terutama) lebih memilih berbisnis di rumah saja.

transaksi banyak

  1. Waktu yang tidak fleksibel

Tentu saja jika kamu memiliki konter, kamu harus berada di konter tersebut setiap saat, karena keuntunganmu ditentukan seberapa lama kamu membuka konter tersebut. Sebenarnya ada pilihan agar kamu tetap bisa santai pergi kemana-mana saat konter buka, yaitu dengan cara merekrut pegawai.

  1. Akan jadi lebih repot

Jika berbisnis dirumahan hanya mengeluaran pembiayaan hanya untuk listrik, maka membuka konter akan menjadi lebih repot lagi. Selain membayar listrik, kamu harus membayar sewa (jika sewa), membayar gaji pegawai, dan sejenisnya.

Pada intinya semua keputusan memiliki kelebihan dan kekurangan masing. Namun semuanya kembali lagi kepada seberapa pandai kamu dalam melihat peluang dan mengembangkan bisnis yang kamu jalankan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *