Home >> Tips dan Trik >> Kiat-kiat Menghemat Listrik

Kiat-kiat Menghemat Listrik

Hampir lima tahun dalam pemerintahan ini, kita sebagai rakyat kecil sangat terasa beban kebutuhan kita sehari-hari semakin berat. Kebijakan yang tidak memberikan kebaikan terutama pada masyarakat kelas menengah bawah, mulai dari dihapusnya subsidi BBM, naiknya pajak, dan lain-lain hingga naiknya tarif listrik. Terutama tarif listrik ini yang begitu terasa bebannya bagi kita golongan masyarakat ekonomi menengah kebawah. Dihapusnya subsidi, dan memberikan subsidi yang tidak tepat sasaran menjadikan sebagian pengeluaran keuangan kita perbulan hanya untuk membiayai listrik, padahal kebutuhan yang mendasar lainnya juga masih banyak yang perlu dibiayai. Maka solusi yang paling bisa kita lakukan adalah melakukan penghematan pemakaian listrik dirumah kita.

hemat listrik

 

Kiat-kiat menghemat listrik di rumah :

1.Gunakan listrik seperlunya

tidur

Alat – alat elektronik yang tidak sedang dipakai sebaiknya dimatikan saja, dan nyalakan alat elektronik yang kita sedang memerlukan saat itu, seperti halnya televisi yang sering kita nyalakan tetapi kita melakukan aktifitas lainnya, sehingga kita tidak fokus untuk menonton televisi. Juga sering banyak orang lakukan adalah menonton televisi sampai tertidur, sebaiknya televisi kita matikan sebelum kita tertidur dihadapan televisi.

2.Cabut kabel peralatan listrik dari sumber listrik

cabut kabel

Peralatan elektronik dalam kondisi stanby sebenarnya masih mengkonsumsi listrik meskipun tidak banyak, namun jika tidak pernah dicabut dari sumber listrik maka dalam sebulan kalkulasi listrik yang terpakai bisa banyak. dan sebaiknya peralatan yang tidak terpakai dicabut saja kabelnya dari sumber listrik.

3.Nyalakan lampu dimalam hari saja

nyalakan lampu

Mematikan lampu dimulai ketika kita menjelang tidur, kecuali lampu yang diperlukan untuk penerangan yang penting seperti lampu depan dan belakang rumah untuk penerangan jalan. Di pagi dan siang hari tidak perlu menyalakan lampu, kita gunakan cahaya matahari untuk penerangan pada waktu itu. Selain lebih hemat mematikan lampu ketika kita sedang tidur membuat tubuh kita lebih sehat dibandingkan kalau kita menyalakan lampu.

4.Gunakan mesin cuci seperlunya

mencuci dengan mesin cuci

Jika pakaian sedikit yang kotor, sebaiknya cuci dengan manual menggunakan tangan. Gunakan mesin cuci jika jumlah pakaian yang kotor banyak. Jika musim kemarau manfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan baju, gunakan pengering pada mesin cuci jika pada musim penghujan saja. Serta gunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya, sehingga mesin awet dan listrik tidak boros.

5.Belilah setrika listrik otomatis

setrika listrik

Semua baju tidak perlu kita setrika semuanya, cukup baju yang penting saja yang kita setrika, seperti baju seragam sekolah dan seragam kantor, dan baju yang sering kita pakai diluar rumah saja yang kita setrika. baju untuk didalam rumah, seperti baju tidur dan lainnya tidak perlu kita setrika. Dan menyetrika dengan setrika listrik otomatis, akan lebih hemat listrik karena setrika akan otomatis mati dan menyala sesuai kebutuhan panas yang kita perlukan.

6.Gunakan air panas untuk menanak nasi pada Magic com

menanak nasi

Dengan menggunakan air panas proses menanak nasi akan lebih cepat matang dari pada menggunakan air dingin, sehingga kita bisa menghemat listrik. Nyalakan magic com beberapa menit sebelum kita hendak makan saja, jangan dinyalakan terus-menerus.

7.Beralih dari listrik pasca bayar ke prabayar

listrik prabayar

Dengan sistem prabayar kita sangat berhitung ketika menggunakan listrik, karena jika pulsa listrik yang kita miliki habis, maka akan otomatis terjadi pemadaman. Selain itu sistim prabayar juga tidak ada biaya beban sehingga biaya lebih murah darpada sistem pasca bayar.

Demikian beberapa kiat-kiat menghemat listrik, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *