Home >> Tips dan Trik >> Kiat-kiat Mengatur Pembukuan Bisnis Pulsa

Kiat-kiat Mengatur Pembukuan Bisnis Pulsa

Dalam sebuah bisnis apapun yang sangat penting dilakukan adalah pencatatan. Secara garis besar pencatatan ini untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan keuangan. Jika didalam sebuah bisnis memiliki pencatatan yang baik maka bisa dipastikan perjalanan bisnis tersebut akan baik pula. Begitupun jika kita memiliki bisnis pulsa, baik level konter maupun agen pulsa. Kadang pelaku bisnis ini menganggap remeh masalah pembukuan ini, karena merasa usahanya masih baru dan masih kecil, sehingga urusan pembukuan terabaikan. Akhirnya banyak sebuah usaha dan bisnis pulsa ini mengalami kegagalan. Supaya bisnis dan usaha kita tidak gagal maka kita harus menerapkan pembukuan dengan baik.

pembukuan bisnis pulsa

Ada beberapa kiat dalam mengatur keuangan bisnis pulsa :

1.Membuat pos keuangan usaha sendiri

pos keuangan

Jangan sampai menggabungkan antara uang pribadi dan uang usaha kita, ini adalah kesalahan yang akan berakibat buruk dalam perjalanan bisnis kita nantinya. Uang bisnis atau usaha harus memiliki pos sendiri, sehingga kita bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran keuangan bisnis pulsa kita, dan kita bisa mengukur seberapa besar keberhasilan usaha kita. Jika masih jauh dari target yang kita tetapkan maka kita bisa melakukan strategi jitu supaya pemasukan keuangan bisnis pulsa kita semakin meningkat.

2.Membagi modal menjadi dua

2 modal

Membagi modal menjadi dua maksudnya adalah karena didalam bisnis pulsa kita sebelum melakukan transaksi harus memiliki saldo terlebih dahulu, maka modal pertama kita isikan sebagai saldo awal, ketika didalam perjalanan , saldo kita sudah menipis maka kita isi saldo lagi dengan modal yang kedua tadi supaya tidak sampai kehabisan saldo. Dengan memiliki saldo yang cukup ketika ada konsumen membeli pulsa kita bisa melakukan transaksi dengan cepat dan memberikan pelayan yang cepat buat konsumen.

3.Melakukan pencatatan setiap transaksi

catat setiap transaksi

Dengan mencatatan setiap transaksi kita bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran kita setiap harinya. Sehingga kita bisa mengukur jumlah saldo yang harus kita siapkan tiap harinya sambil melakukan strategi penjualan suapaya transaksi setiap harinya bisa meningkat.

4.Lakukan pencatatan dengan beberapa buku yang berbeda

beberapa pembukuan

Ketika melakukan deposit atau pengisian saldo, kita harus mencatatnya dibuku sendiri dengan hari, tanggal, tahun dan besaran deposit kita. Kemudian pencatatan transaksi pulsa juga kita catat dibuku sendiri, serta catatan untuk pemasukan dan pengeluaran dalam setiap harinya juga kita lakukan dibuku sendiri.

5.Terapkan transaksi tunai

transaksi tunai

Artinya setiap transaksi yang kita lakukan ada riil uangnya, kadang karena teman atau keluarga yang membeli pulsa mereka tidak langsung membayar tunai transaksi tersebut, namun mereka berhutang dulu. Kasus seperti inilah yang bisa berpotensi bisnis pulsa kita macet karena ketika kita butuh saldo , kita tidak bisa melakukan deposit karena tagihan pulsa tadi belum terbayar.

6.Pengeluaran yang kecil

pengeluaran kecil

Ketika bisnis masih baru keuangan atau modal kita fokuskan pada saldo dahulu, sebelum melakukan pembelian aksesoris-aksesoris yang menunjang pada bisnis pulsa ini. Dengan saldo yang selalu tersedia,maka jika ada pembelian dari konsumen maka transaksi akan menjadi lancar.

7.Cek arus kas usaha

arus kas

Mengontrol arus kas setip hari sangat penting dilakukan, supaya jika terjadi kendala maka kita akan segera memberikan solusi kendala tersebut, agar arus kas ini berjalan lancar yang menandakan bisnis pulsa ini juga lancar.

Demikianlah beberapa kiat dalam mengatur pembukuan bisnis pulsa, semoga pelaku bisnis pulsa bisa menerapkan beberapa kiat diatas agar bisnis pulsa yang dijalankannya tidak macet dan bisa berjalan dengan lancar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *