Home >> Tips dan Trik >> KIAT-KIAT AGAR LISTRIK DIRUMAH AMAN DARI KECELAKAAN

KIAT-KIAT AGAR LISTRIK DIRUMAH AMAN DARI KECELAKAAN

Listrik hampir menjadi sebuah kebutuhan vital djaman sekarang ini baik itu didaerah pedesaan ataupun perkotaan. Listrik bisa menjadi sahabat kita dengan baik jika kita menempatkan dan menggunakan sesuai dengan semestinya. Sebaliknya juga, listrik bisa menjadi sebuah ancaman bagi kita juga , jika tidak menempatkan dan menggunakan sesuai dengan semestinya. Apalagi jika kita tinggal diperkotaan, dengan padatnya rumah penduduk dan ruwetnya sebuah instalasi kelistrikan maka listrik ini bisa menjadi sebuah ancaman bagi kita. Ancaman apa saja yang mungkin bisa menimpa kita ?… Dengan ruwetnya sebuah instalasi listrik memicu untuk terjadi konsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran. Ada lagi yang bisa ditimbulkan dari ruwetnya instalasi adalah terjadinya kabel terkelupas dan rawan orang tersetrum karena kabel listrik terkelupas.

kiat aman dari bahaya listrik dirumah

Belum lagi ketika dimusim hujan, bencana banjir kalau diperkotaan ini menjadi sebuah pemandangan sehari-hari, karena daya serap tanah tidak mampu menampung air hujan itu, dan itu juga menjadi faktor terjadinya konsleting.
Tentunya kita tidak mau hal tersebut terjadi pada diri kita, terus langkah apa yang seharusnya kita lakukan supaya listrik didalam rumah kita memberikan kenyamanan. Ada beberapa poin yang harus kita lakukan supaya listrik dirumah kita aman.

1. Alat- alat listrik harus memiliki sertifikasi

Sertifikasi alat kelistrikan ini sangat berpengaruh sekali dengan keamanan instalasi listrik dirumah kita, dengan memilih dan menggunakan alat yang bersertifikasi kecelakaan yang disebabkan listrik akan minim resiko, karena kualitas alat sangat bagus dan kuat, karena sudah melewati standar ujicoba. Sebagai contoh alat listrik adalah kabel, jika kita menggunakan kabel yang bersertifikasi maka kualitas kabel kuat dan tahan lama,. Sebaliknya, jika menggunakan kabel yang tidak ada sertifikasinya, kualitas kabel buruk yaitu mudah terkelupas dan tidak tahan lama yang akan menyebabkan konsleting.

2. Menjauhkan alat-alat listrik dari kamar mandi

tersengat listrik

Penghantar listrik terbaik adalah air, karena kamar mandi adalah tempatnya air, alangkah tepatnya jika peralatan listrik harus jauh dari kamar mandi. Banyak kasus terjadi orang tersengat listrik karena dalam kondisi basah sebelumnya. Apalagi dimusim hujan ini, kita harus sangat berhati- hati dengan masalah itu.

3. Menjauhkan peralatan listrik dari anak kecil

bahaya listrik pada anak kecil

Rasa ingin tahunya sangat tinggi itulah ciri dari anak kecil, dia belum tahu bahaya atau tidak pada sebuah benda baru yang meraka temukan sebelum dia menyentuh benda tersebut. Jadi cara terbaik adalah membuat tinggi stop kontak dirumah, dengan posisi tinggi, tidak mungkin anak kecil bisa menjangkaunya. Langkah berikutnya adalah selalu melepas colokkan alat elektronik yang sudah tidak digunakan dari stopkontak, dan masih banyak hal lain yang masih bisa dilakukan supaya anak kecil aman dari listrik dirumah.

4. Cek rutin alat listrik yang kita gunakan didalam rumah

Dengan mengecek alat-alat listrik dirumah minimal 1 bulan sekali kita bisa menghindarkan suatu kecelakan yang disebabkan listrik dirumah kita. Mengganti kabel yang sudah lama, atau terkelupas, stop kontak dan lain-lain.

5. Menggunakan daya listrik sesuai dengan kebutuhan

Menggunakan listrik diluar daya yang ada dirumah, itu salah satunya penyebab terjadinya kecelakaan listrik dirumah, yaitu bisa mengakibatkan kebakaran. Jadi gunakan listrik secara bijak.

6. Menjauhkan bahan kimia yang mudah terbakar

Menjauhkan bahan kimia seperti obat nyamuk semprot, pengharum ruangan dari alat alat listrik, karena bahan yang menggunakan nosl akan mudah meletup dan terbakar.

Demikian sedikit kiat-kiat agar listrik aman dirumah dan nyaman bagi kita menggunakannya, semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *