Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Keunggulan Listrik Prabayar

Keunggulan Listrik Prabayar

Direzim pemerintahan sekarang pelanggan listrik pasca bayar telah merasakan mahalnya tarif listrik , karena subsidi telah dicabut. Tidak tanggung-tanggung naik hampir 100 %, bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah ini sangat menyakitkan dan menyulitkan kehidupan mereka sehari-hari. Ini masih masalah kebutuhan listrik saja belum kebutuhan yang lainnya, sudah dipastikan semua kebutuhan penting masyarakat mengalami kenaikan semua, seperti BBM, pajak, sembako, dan lain-lainnya.

listrik pulsa

Untuk masalah listrik solusi yang tepat saat ini adalah beralih ke listrk sistem prabayar, meskipun harga per Kwh nya juga mengalami kenaikan. Dalam sistem prabayar ini ada beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan manfaatnya jika kita menggunakan sistem ini.

Meskipun itu bukan solusi menurunkan tarif listrik tetapi dalam sistem listrik prabayar kita bisa melakukan penghematan yang baik daripada kita menggunakan listrik pasca bayar. Bagi pelanggan listrik pasca bayar mau beralih ke prabayar awalnya memang menyulitkan, karena dalam sistem yang lama tahunya kita tiap bulan hanya membayar tagihan listrik, tetapi jika menggunakan listrik prabayar kita harus membeli token dahulu kemudian memasukkan kode token pada meteran listrik dirumah dan barulah kita bisa menikmati listrik tersebut. Langkah-langkah inilah yang membuat pelanggan agak kebingungan karena belum terbiasa.

Berikut keunggulan menggunakan listrik prabayar :

1.Tidak ada biaya beban

tidak ada biaya beban

Pada listrik pasca bayar dalam tagihan pasti ada biaya beban yang harus dibayar, biaya tersebut besarannya sesuai dengan daya listrik yang kita pakai dirumah kita, semakin besar daya dirumah kita biaya beban pun juga semakin besar. Disini saja kita sudah terbebani jika kita menjadi pelanggan listrik pasca bayar, belum lagi biaya tagihannya, kalau ditotal pastinya ketemu angka besar. Beda dengan listrik prabayar yang tidak ada biaya beban, dan pemakaian sesuai dengan Kwh yang kita miliki, jika kwh habis maka otomatis listrik akan padam sendiri. Untuk menyalakan, maka kita harus membeli token lagi . Jadi kita bisa mengatur pemakaian listrik kita sesuai dengan keinginan kita.

2.Kwh meter akurat

meter digital

Kwh meter digital yang digunakan listrik prabayar, sehingga validitas lebih akurat daripada Kwh analog pada listrik pasca bayar. Pada Kwh meter prabayar tidak adanya human error karena sudah otomatis, beda dengan kwh pascabayar yang setiap bulannya ada petugas PLN yang mencatat Kwh, yang bisa terjadi human error.

3.Lebih hemat

lebih hemat

Karena sistem pulsa, maka jika kita tidak berhemat yang terjadi kwh dirumah kita cepat habis dan terjadi pemadaman. Oleh sebab itu kita dituntut untuk berhemat dalam pemakaian. Beda dengan listrik pasca bayar, karena tidak adanya pemadaman otomatis maka kita seakan-akan tidak ada rambu-rambu yang mengingatkan kita harus berhemat listrik, sehingga diakhir bulan tagihan listrik kita jadi membengkak.

4.Tidak ada denda

tidak ada denda

Sistem tagihan perbulan ada sangsi denda jika membayar melebihi batas waktu yang telah ditentukan oleh PLN. Beda dengan sistem prabayar tidaka ada denda karena listrik dibeli diawal, jika listrik habis untuk menikmati listrik kembali harus membeli token kembali.

5.Mencegah resiko kebakaran

konsleting

Meteran listrik prabayar salah satu fungsinya adalah mendeteksi permasalahan pada instalasi, konsleting yang merupakan penyebab kebakaran dan sistem seperti ini tidak ada dalam sistem pasca bayar.

6.Token listrik mudah didapatkan

beli token listrik

Banyak minimarket yang menyediakan token listrik, loket-loket PPOB yang menjamur disekitar kita juga menyediakan, bahkan kita juga bisa menjadi member server pulsa tertentu, sehingga kita bisa melakukan pembelian token listrik via hp kita sendiri, baik via sms ataupun via aplikasi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *