Home >> Tips dan Trik >> Keunggulan dan kelemahan Listrik Prabayar

Keunggulan dan kelemahan Listrik Prabayar

Pada sebuah sistem apapun pasti memiliki keunggulan dan kelemahanya. Seperti pada sistem kelistrikan, ada dua sistem yang sedang dipakai saat ini, yaitu sistem listrik prabayar dan sistem listrik pascabayar. Kali ini yang kita bahas adalah sistem listrik prabayar. Apa saja keunggulan dan kelemahanya dari sistem listrik prabayar ini ? Mari kita simak beberapa keunggulan dan kelemahannya dibawah ini.

Keunggulan dan kelemahan Listrik Prabayar

Keunggulan

1.Tidak ada biaya beban bulanan

Listrik pascabayar ada biaya beban yang harus ditanggung tiap bulannya diluar biaya pemakaian. Tetapi pada listrik prabayar tidak ada sama sekali. Jika ingin menggunan listrik kwh harus ada pada meteran listrik, jika tidak diisipun juga tidak apa apa tetapi tidak bisa menggunakan listrik. Jadi pengaturan penggunaan listrik tergantung pelanggan sendiri.

2.Sistem digital

Sistem digital berarti menggunakan sistem otomatis dalam penghitungannya, berbeda dengan sistem analog atau manual pada listrik pascabayar yang rawan kesalahan dalam penghitungannya

3.Privasi terjamin

Tidak ada petugas dari PLN tiap bulan berkunjung untuk mencatat pemakaian listrik. Cukup mengisi dengan token listrik jika kehabisan listrik dan sudah bisa memakai listrik kembali.

4.Lebih hemat

Jika kwh yang dimiliki habis maka otomatis listrik padam. Jadi pelanggan bisa mengontrol pemakaian sehingga tidak boros. Beda dengan listrik pascabayar, seboros apapun pemakaian ujung ujungnya tagihan membengkak.

5.Token listrik mudah didapatkan

Jika listrik habis bisa membeli di minimarket terdekat yang enyediakan pembelian token, atau ke konter pulsa hp yang menyediakan token listrik. Bahkan pelanggan bisa menjadireseler agen pulsa listrik sendiri yang gampang caranya. Dengan pembelian via hp bisa dilakukan sendiri jika pada tengah malam kehabisan listrik.

6.Aman dari kebakaran

Ada sistem otomatis pada meteran listrik prabayar. Jika terjadi masalah pada iinstalasi maka akan nampak pada layar tulisan periksa, atau bahkan listrik padam secara otomatis.

Kelemahan

petugas pln

1.Padam sewaktu-waktu jika listrik habis

Jika padamnya pada tengah malam dan jauh dari penjual token listrik, ini yang membuat kesulitan bagi pelanggan. Beda dengan listrik pascabayar, selama tidak ada gangguan dari PLN listrik tidak akan padam.

2.Meteran mudah error

Error pada meteran bisa terjadi dari banyak faktor, seperti karena ada benturan dari benda lain sehingga tutup meteran sedikit terbuka, maka meteran akan otomatis error sebagai sistem pengaman dari pencurian listrik.

3.Pelayanan PLN kurang cepat jika ada masalah dengan listrik prabayar

Banyak keluhan terjadi pada meteran prabayar pelanggan, hingga 1 x 24 jam belum tertangani sehingga mereka tidak bisa menggunakan listrik dirumahnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *