Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Kendala-kendala pada Listrik Prabayar

Kendala-kendala pada Listrik Prabayar

Sistem baru yang memudahkan kerja PLN dalam masalah kelistrikan sudah teraplikasi meskipun belum 100 %. Sistem baru tersebut adalah sistem listrik prabayar, pelanggan PLN harus membeli dulu stroom supaya bisa menikmati listrik didalam rumahnya. Beda dengan sistem pascabayar yang pelanggan bisa menikmati listrik dan akan dibayar setelah pemakaian dalam setiap bulannya. Berbicara tentang listrik prabayar disana ada keunggulan dan kelemahannya juga, keunggulan dari sistem ini yang paling utama adalah memudahkan kerja PLN dan memangkas biaya yang pengeluaran sehingga menjadi efektif, seperti tidak perlunya lagi menggaji petugas pencatat kwh tiap bulannya ke pelanggan PLN karena sudah ada sistem otomatis pada sistem baru tersebut.

kendala kendala listrik prabayar

Tetapi bagi pelanggan PLN, sistem listrik prabayar ini ada yang merasa menyusahkan karena harus membeli stroom dulu untuk menikmati, selain itu setelah membeli listrik tidak otomais masuk pada meteran listrik tetapi harus manual menginput kode token listrik yang telah dibeli pada meteran listrik, apalagi jika salah memasukkan kode 3 kali lebih, maka akan terblokir selain itu ada masalah-masalah lainnya yang banyak dirasakan oleh pelanggan PLN sistem prabayar ini.

Berikut kendala-kendala yang sering terjadi pada listrik prabayar :

1.Kwh habis

kwh habis

Kwh bisa habis kapanpun juga karena pemakaian listrik didalam rumah, namun ketika Kwh habis ditengah malam hari ini menjadi kendala yang menyakitkan. Karena tidak setiap saat kita ngecek Kwh pada meteran listrik disebabkan banyaknya aktifitas pekerjaan setiap hari. Padahal inginnya tidak terjadi pemadaman pada saat yang penting seperti malam hari karena butuh penerangan.

2.Tutup meteran terbuka

tutup meteran terbuka

Karena ada pengaman otomatis maka ketika tutup meteran listrik prabayar kebuka sedikitpun akan terjadi masalah. Untuk memperbaiki error atau kendala tadi hanya dengan menghubungi PLN saja. Sehingga apapun permasalah seputar meteran prabayar hanya petugas PLN saja yang bisa menyelesaikan. Kendala sebenarnya adalah tidak ada kepastian pihak PLN untuk memperbaiki dengan cepat sehingga penggunaan listrik dirumah terganggu.

3.Instalasi buruk

instalasi buruk

Instalasi pada listrik prabayar ini harus standart dan bagus agar tidak terjadi masalah. Namun dalam instalasi setiap rumah berbeda, ada yang instalasi dibangun sebelum pemasangan listrik prabayar, artinya banyak pelanggan juga menggunakan sistem prabayar dari hasil migrasi dari sistem lama yaitu pascabayar sehingga instalasi bukan instalasi baru yang banyak menyebabkan terjadinya error pada meteran. Seperti halnya pemasangan grounding yang tidak benar salah satu penyebab error, kemudian kabel yang tidak standar juga menjadi masalah munculnya error, dan kabel lama sehingga rentan terkelupas dan menyebabkan error, serta masih banyak lagi masalah lainnya.

4.Muncul tulisan Periksa

muncul periksa

Jika terjadi tulisan Periksa pada meteran, akan terkendala dengan pengisian token listrik karena stroom tidak mau masuk, kadang terjadi pemadaman otomatis. Solusi hanya dipecahkan oleh PLN saja.

5.Muncul Bunyi Tit

bunyi tit

Bunyi tit yang muncul pada meteran prabayar sebenarnya adalah alarm sebagai tanda Kwh yang ada tinggal sedikit bahkan sudah habis. Namun kenyataannya bunyi tit tadi masih berbunyi terus ketika token diisi ulang kembali, sehingga bunyi tersebut cukup mengganggu sekali.

6.Kelebihan beban

njeglek

Banyaknya daya yang terpakai saat bersamaan sampai melebihi daya yang ada akan juga menimbulkan sebuah permasalahan. Pertama listrik akan padam alias njeglek karena beban yang berlebihan, jika ini terjadi terus menerus maka akan terjadi error pada meteran listrik prabayar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *