Home >> Tips dan Trik >> Kebutuhan Minimal Kuota Internet Dalam Sebulan

Kebutuhan Minimal Kuota Internet Dalam Sebulan

Dunia maya sekarang menjadi dunia nyata yang kedua bagi manusia jaman sekarang. Aktifitas berlama-lama dengan smartphone sudah sangat umum dan biasa sekarang ini. Lebih menarik ngobrol lewat smartphone daripada ngobrol langsung dengan sesama teman. Semua aktifitas tadi tidak akan bisa dilakukan jika smartphone tidak memiliki koneksi internet. Untuk mendapatkan koneksi internet kita harus membeli paket kuota internet.

kuota internet sebulan

Ketika lagi seru-serunya berselancar didunia maya, kuota internet kita habis. Supaya bisa terkoneksi lagi maka kita harus membeli paket kuota internet lagi. Agar kita tidak sering membeli kuota internet maka dalam satu bulan kita harus bisa mengukur kuota minimal kita gunakan untuk internetan. Setelah tahu minimal kuota yang kita gunakan dalam satu bulan, kita membeli paket kuota internet dengan besaran yang sesuai dengan yang kita konsumsi dalam satu bulan.

Dengan bantuan aplikasi Onavo Count kita bisa mengetahui besaran kuota dalam satu bulan yang telah kita habiskan. Aplikasi ini akan menghitung besaran kuota yang dikonsumsi aplikasi yang terinstall pada smartphone kita.

1.Instagram

instagram

Untuk berbagi foto dan video aplikasi instagram ini sangat banyak peminatnya, karena pengguna smartphone sangat suka mendokumentasikan aktifitas mereka sehari-hari dengan foto dan video. Padahal jika kita posting 1 foto dan berbagi love dalam sehari , kita membutuhkan minimal kuota 5 mb. Jika dalam sebulan kita tinggal mengalikan dengan 30 hari. jadi total penggunaan minimal instagram dalam satu bulan adalah 150 mb.

2.Facebook

facebook

Tidak sebesar Instagram kuota yang dihabiskan, di Facebook untuk posting dan mengunggah satu status dan melakukan like 10 postingan, serta memposting satu foto, Facebook hanya mengkonsumsi 2 mb saja. JIka dalam satu bulan kuota minimal yang dibutuhkan 60 mb. Tetapi kuota bisa bertambah besar samapai 200 mb jika kita sering berbalas komentar, melihat video yang menarik dan lain-lainnya.

3.Google Chrome

google chrome

Bagi yang suka informasi tentu aplikasi yang sering digunakan adalah google chrome untuk mencari informasi yang diinginkannya. Ternyata aktifitas berselancar ini menghabiskan banyak kuota juga, masuk dalam dua artikel saja bisa 5 mb yang kita habiskan jika kita mengujinya dengan aplikasi Onavo Count.

4.BBM dan WhatsApp

bbm dan whatsapp

Aplikasi chating yang paling banyak penggunannya adalah BBM dan WhatsApp ini ramah kuota.Aktifitas chating dengan 2 grup dan melihat recent update BBM hanya membutuhkan 800 kb. Sedangkan WhatsApp hanya membutuhkan 9 kb untuk berbalas 9 chat. Kedua aplikasi ini adalah aplikasi favorit setiap pengguna smartphone.

5.YouTube

youtube

Nonton video berdurasi 15 menit akan menghabiskan kuota 16 mb. Bagi kita yang gemar streaming video diaplikasi YouTube ini tentu akan menghabiskan kuota yang banyak.

Selanjutnya aplikasi-aplikasi lainnya yang sangat berpotensi menghabiskan kuota seperti aplikasi game, aplikasi musik online. Namun ada aplikasi yang ramah kuota sejenis aplikasi chating.

Jadi dari perhitungan diatas, kita akan memprediksi besaran kuota internet minimal dalam satu bulan adalah 5 GB. Tetapi jika kita juga sering memanfaatkan koneksi wifi, maka kuota kita akan lebih hemat. Tetapi ukuran yang harus kita beli pakt kuota internet tetap minimal 5 GB supaya kita tidak sering mengisi ulang paket kuota internet kita.
Demikian sedikit gambaran besar dari kebutuhan kuota internet kita dalam satu bulan. KIta bisa menghitung lebih detail dengan aplikasi penghitung kuota yang ada.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *