Home >> Tips dan Trik >> Intip 4 Cara Memulai Usaha PPOB untuk Pemula

Intip 4 Cara Memulai Usaha PPOB untuk Pemula

ppob

Bisnis merupakan pilihan sebagian orang untuk bisa menjadi sukses. Namun pernahkah Anda berfikir binsis apa yang cocok saat ini dengan modal yang tidak begitu besar namun keuntungan tetap berlanjut? Banyak orang yang mempertanyakan bisnis yang cocok, namun kebanyakan orang juga tidak mengetahui apa yang cocok bagi mereka sendiri. Nah, bagaimana bila Anda bingung bisnis apa sebaiknya memulai dengan membuka loket pembayaran listrik atau yang orang-orang sebut dengan usaha PPOB?

PPOB atau kepanjangan dari PaymentPoint Online Bank, biasanya bagi orang awam disebut dengan tempat bayar listrik. Oleh karena kebanyakan PPOB selalu melayani pembayaran listrik pra bayar maupun pasca bayar. Jadi wajar bila sampai saat ini orang awam menyebutnya loket bayar listrik. Lalu bila Anda ingin segera memulai bisnis tersebut apa saja yang perlu dipersiapkan? Ada setidaknya 4 hal yang perlu disiapkan dan menjadi sangat penting untuk Anda kethui. Berikut 4 hal tersebut.

4 Hal Persiapan Membuka Usaha PPOB bagi Pemula

  1. Siapkan Modal

Modal adalah hal paling mendasar dalam setiap usaha, modal ini bisa didapat dengan berbagai cara. Dimana salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman di perbankan nasional. Atau bisa juga dengan melakukan pinjaman ke orang terdekat Anda. Modal untuk membuka PPOB juga terbilang sangat sedikit bila melihat banyak orang yang memulai usaha PPOB dengan modal yang cukup besar.

persiapan modal

Anda bisa menyiapkan setidaknya 5 juta atau 10 juta bila Anda ingin memulai usaha tersebiut. Modal ini nantinya akan menjadi uang yang bergerak dengan melipat gandakan keuntungan secara teratur setiap bulan bila usaha Anda berjalan dengan lancar. Namun bila tidak lancar modal ini akan tetap utuh dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

  1. Menyiapkan Peralatan

Peralatan yang digunakan untuk usaha PPOB ini adalah seperangkat komuter lengkap dengan printer dan modem serta koneksi internet. Nah, Anda bisa menggunakan spesifikasi komputer berapapun yang penting peralatan ini ada dan bisa digunakan. Peralatan ini hanyalah penunjang untuk membuka portal yang diberikan oleh pihak Agen PPOB nantinya. Sedangkan printer digunakan untuk mencetak tagihan serta tanda bukti pembayaran. Lalu internet bisa Anda kira sendiri digunakan untuk apa? Kalau sudah paham mari lanjut kebutuhan dari 4 hal lainnya.

lengkap

  1. Menentukan Lokasi yang Strategis

Sebenarnya lokasi ini sangat penting untuk sebuah usaha PPOB maupun usaha lainnya. Hal ini terkait nanti untuk pemasaran dan juga minat dari masayarakat menemukan lokasi PPOB Anda. Menentukan lokasi sebaiknya di daerah desa atau bisa juga di daerah perkotaan dengan berada di dekat jalan raya.

strategis

Bila letak lokasi ini di desa akan menjadi sangat mudah menemukan pelanggan setia, sebab pembayaran listrik sangat dibutuhkan di desa-desa yang tidak terjangkau oleh kantor PLN. Selain itu di desa bisa juga dibentuk sebuah komunitas pelanggan Anda yang mau menjadikan PPOB Anda sebagai tempat bayar listrik yang paten.

  1. Menentukan Agen PPOB

Mencari agen PPOB itu sangat mudah, Anda bisa mencarinya dan membandingkan dengan yang lainnya di internet. Sebenarnya semua perbankan sudah bisa diajak kerjasama untuk mendirikan PPOB ini, namun aturan dan keuntungan yang diberikan berbeda-beda sehingga Anda perlu untuk membandingkannya. Ada satu hal lagi yang penting dalam mencari agen PPOB ni, yakni kredibelitasnya agen harus benar-benar valid sehingga Anda akan terhindar dari penipuan atau semacamnya.

memilih

Itulah hal penting yang bakal dilakukan oleh pemula yang ingin membuka usaha PPOB, jadi manfaatkan informasi ini sebijak mungkin hingga Anda bisa lebhi sukses lagi dalam menjalankan usaha tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses….

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *