Home >> Tips dan Trik >> Ini Dia Cara Menghitung Kuota Data Internet

Ini Dia Cara Menghitung Kuota Data Internet

person-woman-apple-iphone-large

Anda tentu sangat sering melihat atau mendengar iklan tarif data internet. Berbagai provider menawarkan hal ini. Ujung-ujungnya, anda disuruh membeli produk mereka. Ya, memang tidak ada yang salah di sini.

Melalui media cetak dan elektronik provider berusaha “merayu” anda dengan kalimat yang meyinggung “kuota data internet”. Tentunya, iklan didesain agar anda tergiur. Sayangnya, banyak konsumen yang tidak memperhatikan ada bagian lain yang juga tertulis di dalam promo provider. Yaitu, tulisan kecil yang ada di bawah gambar, bertuliskan “Syarat dan ketentuan berlaku”.

Misalnya saja, ada promo Rp.29.900 paket internet kuota 3GB. Anda pun melihat iklan tersebut langsung tergoda, dan membeli paket internet itu. Selidik punya selidik, ternyata kuota 3GB yang sudah anda memiliki syarat dan ketentuan yang tidak anda ketahui. Yaitu:

  • Kuota data yang bisa di pakai 24 jam hanya 0.6 GB.
  • Sisanya, 2.4 GB hanya bisa dipakai jam 00.00 sampai jam 06.00.

Sudah bisa dipastikan, dengan adanya pembagian waktu yang tidak seimbang ini menyebabkan kuota yang anda beli tidak cukup digunakan dalam jangka waktu astu bulan. Terutama kuota yang 24 jam. Akhirnya, mau tidak mau anda harus membeli paket kuota yang baru.

Lebih baik, sebelum membeli spaket data internet, perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagi anda yang kurang paham dengan isitilah GB (Giga Byte), MB (Mega Byte) dan KB (Kilo Byte), perhitungannya adalah 1GB = 1024 MB, sedangkan 1MB = 1024 KB, dan 1KB = 1024 Byte. Dengan begitu, sahabat bisa membandingkan atau komparasi harga-harga paket internet yang ditawarkan oleh jasa operator internet.

Pelajaran yang bisa anda dapatkan dari contoh di atas, yaitu apabila anda menemukan ada dua operator, katakanlah operator A dan B, memberikan penawaran dengan harga sama (Rp.25.000).

  • Paket operator A, anda mendapatkan Kuota 4000MB (Sistem pembagian jam).
  • Operator B, kuota 2.5 GB bisa dipakai 24 jam.

Maka, lebih baik anda pilih yang opetator B.

Operator B lebih urah dibandingkan dengan operator A, meski kalah jumlah kuota. Namun, dari sisi waktu pemakaian, anda memiliki kebebasan. Apabila anda memilih operator A, ada kemungkinan anda “terpaksa” membeli paket data baru. Karena paket data pada jam yang sering anda gunakan telah habis. Padahal, masih ada paket data di jam yang tidak sering dipakai.

Teliti sebelum membeli. Lebih baik lama memilih, dari pada harus keluar uang untuk membeli kembali. Setuju?

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

GooglePlay

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *