Home >> Pulsa elektrik Murah >> Hindari hal ini jika bisnis pulsamu tidak ingin bangkrut dengan cepat!!

Hindari hal ini jika bisnis pulsamu tidak ingin bangkrut dengan cepat!!

Hidup di dunia bisnis memang penuh tantangan dan rintangan, tak jarang seseorang lebih memilih “tutup usia” usahanya karena salah dalam melakukan beberapa langkah, termasuk dalam berbisnis pulsa. Hal yang menjadi mimpi buruk seorang pebisnis pemula adalah takut tidak untung, inilah yang menyebabkan beberapa pelaku bisnis (termasuk bisnis pulsa) melakukan berbagai cara agar mendapatkan untung. Dan tak jarang hal ini malah membuat mereka gulung tikar.

bangkrut

Memang dalam dunia bisnis pulsa modal yang diperlukan tidak terlalu banyak, dengan modal 100 ribu kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Namun dengan modal yang sedikit ini, tak jarang pebisnis pulsa pemula tetap saja mengalami kebangkrutan. Apa permasalahanya??. Rata-rata seorang pemula dalam bisnis ini lemah akan manajemen bisnis. Meskipun bermodal sedikit, bisnis pulsa yang kamu jalankan juga memerlukan manajemen bisnis yang tepat. Beberapa hal ini wajib kamu hindari jika ingin tetap survive di dunia bisnis pulsa.

Salah memilih agen server pulsa

salah

Hal pertama yang wajib kamu hindari adalah kesalahan dalam memilih server pulsa. Server pulsa merupakan penyedia layanan deposit saldo pulsa yang nantinya akan kamu jual kembali kepada pelanggan. Melihat dari fital nya peran server pulsa, maka kualitas dari server pulsa yang kamu ikuti harus menjadi prioritas utama mu dalam meilih. Tak jarang seorang pebisnis pulsa pemula tergiur dengan deposit murah yang ditawarkan oleh server pulsa abal-abal. Akibatnya jaringan sering eror, deposit sering macet, dan seterusnya.

Sebelum memilih kepada siapa kamu akan melakukan deposit, lakukanlah survey terlebih dahulu, dengan menanyakan kepada para downline (orang yang menjadi pengikut server pulsa tersebut) tentang kualitas server pulsa yang akan kamu ikuti nanti. Sekali lagi jangan sampai kamu tergiur oleh server yang memiliki harga jauh lebih murah dari server lain, karena bisa jadi itu merupakan server abal-abal.

Meremehkan pembukuan

pencatatan

Beberapa orang yang baru memulai bisnis pulsa sering kali meremehkan pencatatan transaksi dalam buku laporan keuangan. Tapi kan ini usaha milik kita sendiri, laporan keuangan dilaporkan kepada siapa dong ??. Meskipun kamu adalah bos dari bisnis ini, pembukuan tetap sangat dibutuhkan untuk mengetahui berapa saja pendapatan yang kamu peroleh tiap hari, minggu, maupun bulan. Pembukuan keuangan juga berfungsi sebagai bahan evaluasi bisnis yang kamu kerjakan, pengeluaran untuk apa, sampai mungkin jumlah piutang usaha (meskipun piutang sangat tidak direkomendasikan).

Jika dalam menjalankan bisnis pulsa kamu malas-malasan dalam mencatat setiap transaksi dalam buku keuangan. Maka jangan kaget jika diakir bulan, atau saat tiba-tiba saldo deposit kamu habis, kamu akan terkejut karena uang untuk melakukan deposit saldo tidak cukup. Hal ini terjadi karena kamu tidak melakukan pembukuan keuangan dengan baik, sehingga uang yang mestinya kamu gunakan untuk melakukan deposit malah terpakai untuk keperluan lain dan tidak tercatat dalam buku keuangan.

Tidak melakukan pemisahan antara uang pribadi dan modal

Ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang pebisnis pulsa pemula. Penting bagi seorang pebisnis pulsa (bidang apapun tidak hanya pulsa) untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kamu hanya boleh menggunakan keuangan usaha dari jumlah pendapatan yang telah kamu kurangi dengan kebutuhan modal (laba bersih).

Bagaimana jika kepepet karena suatu kebutuhan mendesak ??. Sering kali pebisnis mengalami kebutuhan yang cukup mendesak yang mengakibatkan seorang pebisnis terpaksa menggunakan modal usaha. Sebenarnya kamu tetap bisa menggunakan modal usaha untuk keperluan mendadak, namun penggunaan itu bersifat hutang, artinya kelak kamu harus mengganti jumlah uang yang kamu pinjam dalam modal usaha yang kamu kembangkan.

Tidak sabaran dan kurang ulet

Dalam berbisnis pulsa memang memerlukan kesabaran dan keuletan yang sangat tinggi. Tentunya setiap orang ingi cepat sukses melalui usaha yang dikembangkannya. Jika kamu memiliki orientasi bahwa bisnis pulsa akan membuat kamu kaya mendadak dengan modal sedikit, maka kami sarankan untuk berhenti dan mencari ladang bisnis lain.

Meskipun bergitu, bukan hal mustahil juga untuk mendapatkan laba bersih yang melimpah di akir bulan. Semua tergantung seperti apa kamu dalam melihat peluang dalam mengembangkan bisnis pulsa yang kamu jalankan. Selamat berbisnis!!!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *