Home >> Tips dan Trik >> Hemat Listrik dengan Cara Sederhana

Hemat Listrik dengan Cara Sederhana

Cara terbaik untuk mulai menghemat biaya listrik adalah menjadi pintar dalam menggunakan listrik. Melakukan cara yang sederhana ternyata bisa membuat biaya listrik di rumah menjadi ringan.

Berikut beberapa cara sederhana menghemat listrik tersebut :

1.Matikan lampu yang tidak perlu

sumber : http://lifestyle-indonesia.com

Hal sederhana yang sering diabaikan adalah mematikan lampu yang tidak perlu didalam rumah. Mulai saat ini lakukanlah hal sederhana ini dengan mematikan lampu yang tidak sedang digunakan.

2.Gunakan cahaya alami

sumber : https://www.arsitag.com

Artinya memperbanyak jendela didalam rumah, sehingga pencahayaan didalam rumah akan baik ketika disiang hari. Selain itu sirkulasi udara didalam rumah juga menjadi baik.

3.Hemat air

sumber : https://www.gadis.co.id

Gunakanlah air seperlunya, jika dirumah menggunakan air PDAM atau mengambil air dengan pompa listrik, penghematan air sangat diperlukan. Jika masih memiliki sumur manual yang menggunakan tenaga manusia itu sangat menghemat biaya listrik dirumah. Untuk menghemat air, perlu juga memperbaiki keran air yang bocor.

4.Cabut kabel alat elektronik yang tidak digunakan

sumber : https://higrizzly.wordpress.com

Kondisi stanby alat elektronik sebenarnya masih mengkonsumsi listrik meskipun sedikit. Jika kondisi tersebut dilakukan terus menerus dan kabel elektronik yang menancap cukup banyak, maka bisa memakan listrik yang besar juga.

5.Gunakan Laptop daripada PC

sumber : https://www.blackxperience.com/

Laptop sangat menghemat listrik daripada PC, dengan kemampuan kerja yang sama maka pekerjaan akan diselesaikan dengan cepat dan baik serta yang paling penting adalah listrik hemat dan biaya ringan.

6.Mencuci baju kotor yang banyak

sumber : https://mimpicucibaju.blogspot.com

Mencuci baju dengan mesin cuci harus memiliki cara yang pintar agar listrik bisa hemat, yaitu dengan mencuci baju kotor ketika sudah banyak agar listrik yang terpakai sekali itu saja dan tidak berulang-ulang.

7.Keringkan cucian dengan sinar matahari

sumber : https://www.solusiibuattack.com

Pakaian sebaiknya dijemur di terik matahari, dan gunakan mesin pengering cucian ketika diperlukan seperti dimusim penghujan saja agar listrik didalam rumah bisa dihemat.

8.Efisien kulkas

sumber : https://biangbaca.blogspot.com

Atur suhu kulkas dan frezer dengan suhu yang ideal. Suhu juga disesuaikan dengan isi yang ada dalam kulkas, jika semakin banyak atur lebih dingin supaya makanan tidak cepat basi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *