Home >> Wisata >> Goa Gong Yang Sangat Memukau

Goa Gong Yang Sangat Memukau

Goa Gong sebagai salah satu wisata alam yang berada di Pacitan Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang sudah memiliki pamor di mata dunia karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Goa Gong menjadi salah satu obyek wisata alam bawah permukaan tanah dengan keindahan terbaik se Asia Tenggara.

Pemandangan alam di obyek wisata Goa Gong salah satunya adalah stalaktit dan stalakmit yang tersusun dengan formasi yang sangat indah dan sorot lampu juga menambah keindahan pemandangan di dalam goa. Di Goa Gong para pengunjung bisa menyusuri keindahan dalam goa sepanjang 256 meter dengan penerangan yang sudah ada. Pengunjung akan merasakan ketakjuban yang luar biasa setelah mereka sampai pada ujung goa. Karena di sana ada sebuah ruangan besar yang terbentuk secara alami seperti kubah raksasa dengan panjang 100 meter dan memiliki lebar dari 15 sampai 40 meter serta tinggi sekitar 20 hingga 30 meter.

sumber : https://tempatwisataseru.com/

Stalaktit dan stalakmit yang berada di dalam goa ini terbentuk secara alami mungkin selama ribuan tahun. Stalaktit dan stalakmit ini ada yang terbentuk sangat indah sehingga diabadikan dengan memberinya nama. Nama nama yang digunakan juga cukup indah memilki makna yang baik menurut bahasa Jawa, seperti Selo Bantaran Angin, Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Citro Cipto Agung dan lainnya.

Untuk menikmati keindahan alam di dalam Goa Gong, para pengunjung dengan mudah menyusuri lorong di dalam goa karena pemerintah setempat sudah menyediakan sarana di dalam goa berupa tangga, penerangan, pagar pengaman, kipas angin, dan sarana lainnya sehingga pengunjung dengan mudah menikmati pemandangan indah di dalam goa.

Sejarah Obyek Wisata Goa Gong

sumber : https://www.nativeindonesia.com/

Pada tahun 1924 keberadaan Goa Gong ini ditemukan oleh dua orang yaitu mbah Joyorejo dan mbah Noyosemito. Sebelum ditemukan goa ini ada beberapa faktor yang melatarbelakangi sehingga Goa Gong bisa ditemukan. Pada saat itu di desa mbah Joyorejo dan mbah Noyosemito sedang dilanda kekeringan sehingga banyak penduduk waktu itu mencari sumber air supaya bisa bertahan hidup. Kemudian dua orang mbah Joyorejo dan mbah Noyosemito juga berusaha mencari sumbur air hingga ditemukan Goa Gong.

Namun, penduduk sekitar merasakan suasana mistis dengan goa yang telah ditemukan oleh dua orang tersebut. Suasana angker ini karena di dalam goa sering muncul suara gong sehingga penduduk setempat takut untuk datang ke goa tersebut. Atas dasar suara mistis gong di dalam goa ini maka obyek wisata ini dinamakan Goa Gong. Hingga di tahun 1995 ada ekspedisi untuk mengetahui lebih dalam tentang goa ini. Hal ini dilakukan oleh Pak Wakino dan rekan-rekannya. Dalam ekspedisinya ternyata di dalam goa terdapat pemandangan bawah tanah yang sangat indah sehingga mereka menyimpulkan bahawa goa ini sangat potensial menjadi tempat wisata yang sangat menarik.

Kemudian di tahun 1996 Pemerintah Kota Pacitan mulai melakukan pembangunan di dalam goa dan sekitar goa dengan menambahkan beberapa sarana mulai dari anak tangga, pagar pengaman, lampu, kipas angin, dan sarana dan prasarana umum lainnya sehingga Goa Gong tampak menjadi tempat lokasi yang unik dan menarik.

Pesona Keindahan Goa Gong

sumber : https://www.nativeindonesia.com/

Di Pacitan Jawa Timur memiliki wilayah pegunungan yang dekat dengan pesisir pantai selatan. Sehingga disana terdapat banyak goa dan Goa Gong adalah salah satu dari sekian banyak goa yang indah di sana. Selain Goa Gong di dekat sana juga ada sebuah goa yang juga sudah terkenal yaitu Goa Tabuhan. Namun keindahan Goa Gong memang tidak tertandingi sehingga goa ini terkenal tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga sangat terkenal di luar negeri.

Bentuk stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam goa sungguh mempesona para pengunjung. Selain keindahan alam bawah tanah ini Goa Gong juga sangat rapi dan nyaman karena pengelolaan dan penataan yang tepat sarana pendukung yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Seperti penataan lampu warna-warni yang tepat dan apik membuat kondisi goa semakin tampak indah.

Keindahan Goa Gong tidak hanya pemandangan stalaktit dan stalakmit saja yang bisa dinikmati saat menyusuri dalam perut bumi ini. Tetapi ada juga pemandangan lainnya yang ada di dalam lorong Goa Gong, yaitu sebuah kolam atau sendang yang sangat indah. Sendang di dalam goa ini airnya sangat segar karena berasal dari mata air dalam Goa Gong sehingga hal ini selalu menjadi kesempatan para pengunjungan untuk merasakan kesegaran mata air ini.

Di dalam Goa Gong memiliki 5 sendang dengan air yang segar sehingga sebagian pengunjung mempercayai air tersebut memiliki nilai magis yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit sehingga sebagian pengunjung tidak hanya ingin melihat keindahan dalam Goa Gong tetapi juga ingin meminum air yang ada di dalam Goa Gong sebagai usaha mendapatkan kesembuhan. Selain sendang yang berjumlah 5, di dalam goa juga ada 7 ruangan yang indah yang bisa dieksplorasi mulai dari ruang sendang bidadari yang berada di dekat mulut goa. Ruang sendang bidadari ini memliki air yang cukup dingin dan bersih.

Kemudian di sebelah ruang sendang bidadari terdapat taman bidadari dengan pemandangan yang indah yang ditemari oleh lampu warna-warni yang menyorot keindahan stalaktit dan stalakmit. Mitos dalam ruangan ini, masyarakat sekitar meyakini sering terjadi penampakan bidadari. Selanjutnya ada ruang kristal selo dulur langit, batu yang berada diruangan ini diyakini sebagian orang sebagai batu yang menopang atap Goa Gong.

Ada juga ruang marmer atau diberi nama selo citro cipto agung yang memiliki arti ciptaan dari Maha Kuasa yang sangat indah. Kemudian dilanjutkan dengan ruangan sendang kemulyan, pada ruangan ini adalah ruang yang paling luas daripada ruangan lainnya yang ada di dalam Goa Gong. Dalam ruangan ini pernah dijadikan venue dari pertunjukan musik empat negara dalam rangka mempromosikan keindahan Goa Goang di mata dunia.

Setelah melalui ruanagn yang terbesar dalam goa ini kemudian akan bertemu dengan ruang pertapaan. Pada ruangan ini terdapat sedang yang bernama larung nistho yang artinya kurang lebih membuang keburukan. Tidak berhenti di ruang pertapaan saja, selanjutnya akan menemukan ruang batu gong yang didalam terdapat dua sendang yaitu sendang panguripan dan sendang cambirobo. Pada ruangan ini merupakan pemandangan utama dalam wisata Goa Gong yang mempersembahkan sebuah batu besar yang ketika dipukul akan berbunyi seperti bunyi alat musik gong. Dai bunyi batu yang seperti bunyi gong maka Goa ini bernama Goa Gong.

Jadi, jika kamu dalam perjalanan ke Pacitan, sempatkanlah mampir ke obyek wisata Goa Gong untuk menikmati keindahan alam di dalam goa yang pesonanya sangat luar biasa yang sudah sampai ke telinga dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.