Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Gagal Isi Token Listrik pada Meteran Prabayar

Gagal Isi Token Listrik pada Meteran Prabayar

Dalam teknologi kelistrikan penggunaan listrik prabayar menjadi solusi yang tepat untuk kedua belah pihak, baik itu dari PLN atau dari pelanggan. Bagi PLN dengan penggunaan sistem listrik prabayar bisa efisian anggaran karena sudah tidak perlu menggunakan tenaga manusia untuk mengecek pemakaian listrik pada setiap rumah. Listrik prabayar memiliki sistem digital otomatis dalam penghitungan pemakaiannya sehingga listrik akan padam otomatis jika Kwh habis.

Secanggih teknologi yang ada, pasti ada kelemahan dari teknologi tersebut seperti juga pada meteran listrik prabayar. Banyak keluhan pelanggan listrik prabayar disebabkan tidak bisa memasukkan token listrik karena muncul tulisan gagal pada display meteran listrik. Ada beberapa penyebab token listrik yang mau di input ke meteran listrik selalu gagal.

Berikut beberapa penyebab token listrik gagal di input :

1.Server PLN gangguan

server error

Setelah melakukan pembelian token listrik dengan ID meter yang benar, tiba-tiba ketika diinput ke meteran prabayar muncul tulisan gagal. Hal tersebut bisa disebabkan server PLN sedang mengalami gangguan. Karena setiap meteran dan token listrik yang telah dibeli terhubung dengan server PLN. Jadi jika server sedang bermasalah maka pengisian stroom tidak bisa dilakukan. Solusinya menunggu beberapa saat kemudian dicoba untuk input kembali setelah server PLN normal.

2.Keliru memasukkan kode token listrik

salah input kode token listrik

Dalam memasukkan kode token listrik yang sudah dibeli ke meteran prabayar harus teliti. Cek dengan seksama kode token di struk pembelian, jika salah input satu angka saja maka akan mengalami gagal ketika di enter, dan jika ini dilakukan 3 kali gagal terus maka meteran prabayar akan terblokir. Solusi untuk membuka blokiran harus menghubungi PLN dengan Call 123.

3.Meter prabayar bermasalah

Periksa pada meteran

Jika meteran prabayar mengalami masalah maka pada display akan muncul salah satu dari tampilan ini Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa, Cancel, hingga kondisi meteran mati. Jika menemukan meteran dengan permasalahan tersebut maka bisa dipastikan token listrik tidak bisa diinput. Agar meteran bisa digunakan kembali, solusinya adalah menghubungi PLN.

4.Instalasi listrik buruk

instalasi buruk

Instalasi listrik harus benar dan baik, benar berarti benar dalam proses pemasangannya, sedangkan baik adalah bahan yang digunakan haus berstandar. Jika instalasi buruk maka akan muncul tulisan periksa pada meteran listrik karena itu sebuah peringatan dari instalasi yang buruk. Bisa jadi kabel yang memiliki kualitas rendah atau alat-alat listrikyang tidak berstandar. Solusinya adalah mengganti instalasi baru yang benar dan baik.

5.KwH over limit

KwH over limit

Setiap pelanggan PLN memiliki batasan maksimal listrik yang digunakan yang berfungsi untuk penghematan listrik. Jika dalam satu bulan melebihi batasan listrik yang digunakan maka token gagal dimasukkan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *