Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Faktor Penting Penyebab Munculnya Tulisan Periksa pada Meteran Prabayar

Faktor Penting Penyebab Munculnya Tulisan Periksa pada Meteran Prabayar

Sistem baru kelistrikan sudah diaplikasikan dan semain banyak penggunanya setiap hari. Pada sebuah sistem pasti ada plus dan minusnya, yang pasti adanya sistem baru adalah untuk merubah sistem lama menjadi lebih baik meskipun ada beberapa kelemahan kelemahan yang masih bisa muncul dalam perjalanannya. Sistem baru kelistrikan ini namanya adalah listrik prabayar, pembayaran listrik dilakukan diawal sebelum menggunakan listrik seperti pada pulsa hp prabayar, jika habis pulsanya maka listrik tidak bisa digunakan dan akan terjadi pemadaman otomatis. Agar bisa digunakan lagi maka harus diisi pulsa listrik atau stroom lagi. Beberapa keunggulannya adalah memiliki sistem otomatis sehingga tidak akan terjadi kesalah penghitungan Kwhnya, keunggulan lainnya bisa mendeteksi instalasi yang buruk jika terjadi kebakaran pada instalasi maka akan terjadi pemadaman otomatis sehingga tidak membahayakan bagi penghuni rumah.

Periksa pada meteran

Namun ada beberapa kelemahannya yang sering kali menjadi keluhan banyak pelanggan, diantaranya adalah sering terjadinya atau muncul tulisan Periksa pada meteran listriknya, sehingga tidak bisa dilakukan pengisian stroom jika terjadi seperti itu. Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah tulisan Periksa tadi sebaiknya mengetahui dulu faktor penting penyebab munculnya tulisan Periksa tadi.

Berikut faktor penyebab munculnya tulisan Periksa pada meteran prabayar :

1.Grounding yang buruk

grounding yg buruk

Grounding yang buruk disebabkan salah satunya adalah pemasangan yang tidak benar, pemasangan ground yang benar adalah sebelum pemasangan meteran listrik dan itu harus dilakukan oleh ahlinya karena sistem prabayar ini memiliki otomatisasi jika terdeteksi tidak sesuai maka akan muncul tulisan Periksa tadi.

2.Kabel dibawah standart

kabel listrik

Kabel dibawah standart salah satu faktor munculnya tulisan Periksa dikarenakan arus listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi meteran listrik yang didalamnya ada settingan otomatis besar arus listrik. Jika besaran arus yang mengalir diluar settingan tersebut maka akan muncul tulisan Periksa sebagai alarm bahwa terjadi ketidak normalan arus listrik.

3.Kebocoran listrik

kebocoran listrik

Kebocoran listrik ini ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, pertama bisa karena sambungan yang tidak kuat akhirnya terkelupas dan menyebabkan bocor listrik, yang kedua karena kabel dibawah standart sehingga mudah terkelupas juga karena cuaca disekitarnya, dan yang ketiga karena kabel dimakan oleh tikus sehingga mengakibatkan kebocoran listrik. Hal hal diatas itu yang menjadi pemicu munculnya tulisan Periksa pada meteran prabayar.

4.Tegangan listrik tidak stabil

tegangan listrik tidak stabil

Naik turunnya tegangan listrik terjadi karena gangguan jaringan listrik disekitar kita sehingga ini akan berpengaruh pada listrik yang ada dirumah,. Jika tegangan tidak stabil cukup lama maka bisa menyebabkan muncul tulisan Periksa pada meteran prabayar.

5.Cover meteran terbuka

cover meteran terbuka

Pada meteran prabayar ada yang namanya tombol temper, ini adalah pengaman meteran prabayar dari hal yang tidak diinginkan. tombol temper akan menyala dan muncul tulisan Periksa jika cover meteran tadi dipaksa untuk dibuka atau tidak sengaja kena benturan benda keras sehingga cover terbuka sedikit.

Jadi foktor faktor diatas tersebut penyebab munculnya tulisan Periksa. sebenarnya tulisan Periksa ini adalah juga pengaman dari hal hal yang tidak diinginkan namun hal tersebut menjadi masalah karena pelanggan tidak bisa menambah stroom jika dalam kondisi Periksa. Satu satunya solusi adalah dengan menghubungi PLN terdekat untuk minta tombol reset meteran supaya bisa normal kembali. Dengan cara call 123 maka cs dari PLN akan memandu pelanggan untuk mendapatkan kode temper tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *