Home >> E - Wallet >> Dompet Digital Di Indonesia Dan Tips Penggunaannya Agar Tetap Hemat

Dompet Digital Di Indonesia Dan Tips Penggunaannya Agar Tetap Hemat

Dompet digital di Indonesia pada umumnya hanya mengenal beberapa platrorm saja, seperti ovo, gopay dan dana. Padahal paltform dompet digital di Indonesia masih ada banyak lagi dengan kelebihan fitur dan layanan. Dompet digital di Indonesia sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena hampir setiap orang sekarang memiliki smartphone.

sumber : https://news.detik.com/

Internet yang semakin berkembang juga menjadi faktor berkembangnya dompet digital di Indonesia. Aktivitas yang banyak dilakukan secara online, membuat dompet digital menjadi sarana untuk transaksi dengan mudah. Seperti membeli makanan via online, mengantar barang, dll. Syarat bisa menggunakan dompet digital adalah memiliki smartphone.

Kali ini kami akan membahas tentang macam-macam dompet digital yang ada di Indonesia sebagai rekomendasi kita semua dalam memilih dompet digital yang terpercaya dan terbaik.

Dana

Dana merupakan salah satu paltform dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi dan bisa diunduh di Playstore android. Pada aplikasi dompet digital Dana memiliki fitur yang bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh pengguna, mulai dari bayar listrik hingga transfer saldo ke rekening bank. Dana merupakan salah satu platform dompet digital di Indonesia yang memiliki fitur all in one.

LinkAja

Aplikasi dompet digital di Indonesia berikutnya adalah LinkAja. Aplikasi jasa keuangan ini bisa mempermudah dalam transaksi keuangan secara digital, seperti membayar segala kebutuhan kita hanya menggunakan smartphone yang kita miliki. Pada apliaksi ini juga ada layanan pinjaman online (pinjol). Selain itu LinkAja juga bisa untuk membayar cicilan pembelian kredit barang seperti sepatu, membeli tiket pesawat, pulsa, handphone, baju.

DOKU

Dompet digital DOKU jarang didengar oleh khalayak umum. Pada aplikasi dompet digital ini DOKU memberikan layanan kepada pengguna agar dimudahkan dalam penimpanan uang secara online maupun offline secara aman. Fitur layanan seperti yang dimiliki dompet digital yang populer juga ada seperti pembayaran listrik, telepon, pulsa, dll.

Spin

Spin memiliki kepanjangan Smart Payment Indonesia. Platform dompet digital di Indonesia ini memiliki aplikasi yang mudah dalam melakukan transaksi keuangan secara online. Smart Payment Indonesia pada aplikasinya juga memiliki fitur yang menarik diantaranya Spin cash, spin wallet, SPIN transfer, dan fitur menarik lainnya.

OVO

sumber : https://www.99.co/

Siapa yang tidak mengenal dompet digital satu ini. Pasti mayoritas pengguna smartphone mengenal paltform OVO. Selain untuk membayar ojek online, aplikasi OVO juga bisa untuk melakukan banyak transaksi keuangan dengan cara scan barcode untuk melakukan pembayaran online. OVO juga bisa melakukan transfer saldo ke rekening bank.

Jenius

Jenius merupakan salah satu dompet digital pada smartphone dengan layanan kartu debit visa. Jenius jga memiliki layanan menyimpan uang dengan aman, serta pengguna bisa melakukan penarikan tunai via ATM. Kelebihanaplikasi ini sangat banyak sehingga dapat membantu dalam melakukan berbagai macam transaksi pembelian barang di situs luar negeri dan situs dalam negeri. Kelebihan jenius lainnya adalah bisa melakukan penarikan uang ketika sedang di luar negeri.

Gopay

sumber : https://www.tribunnews.com/

Gopay adalah platform dompet digital yang dimiliki oleh nadiem makarim. Gopay merupakan platform dari Gojek yang awalnya digunakan sebagai pembayaran ojek online. Hanya dengan Gopay pengguna bisa melakukan pemesanan makanan, kirim barang, dan belanja.

Dipay

Dipay merupakan dompet digital yang bersaing di Indonesia. Fungsi dompet digital sebagai pembayaran non tunai juga dapat dilakukan aplikasi Dipay. Fitur dan layanan juga hampir mirip dengan platform dompet digital lainnya.

Dompet Mandiri

Dompet mandiri layaknya sebuah server yang bisa untuk berjualan beberapa produk seperti pulsa, data internet, pengisian e-money, dan pembayaran tagihan.

AstraPay

AstraPay merupakan aplikasi dompet digital milik PT Astra International Tbk. Astrapay meskipun pendatang baru sudah cukup dikenal oleh kalangan masyarakat di indonesia. Astarapay juga memilki layanan seperti dompet digital pada umumnya.

Tips Menggunakan Dompet Digital Agar Tidak Boros

sumber : https://www.rajabeli.com/

Berbagai macam promo menarik dari platform dompet digital di Indonesia membuat para pengguna dompet digital tergiur untuk terus melakukan transaksi yang sesungguhnya tidak dibutuhkan. Sehingga saldo yang kita milki cepat habis dan pengeluaran juga semakin boros. Agar keuangan kita tidak boros maka ikuti beberapa langkah berikut ini supaya keuangan bisa terkendali.

  • Cashless Hanya Untuk Kebutuan Sekunder

Agar tidak lupa diri dengan promo yang gila-gilaan dari dompet digital, maka lakukan pengaturan keuangan dengan cara membuat daftar keperluan yang dibutuhkan. Dan fungsi dompet digital hanya untuk pembelian kebutuhan sekunder yang sangat diperlukan saja.

  • Bikin Rekening Terpisah

Buat rekening terpisah untuk mempermudah pengendalian dana. Rekening utama misalnya untuk kepentingan diluar dompet digital dan yang satunya untuk dompet digital. Jadi jika alokasi dopet digital sudah habis, maka jangan dipaksakan untuk mengambil alokasi utama supaya tidak boros.

  • Batasi Saldo Dompet Digital

Membatasi jumlah saldo setiap kali melakukan pengisian ke dompet digital sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan. Caranya dengan melakukan sekali top-up dalam setiap bulan.

  • Cek History Transaksi

Agar bisa mengukur kebutuhan dompet digital di bulan berikutnya, sebaiknya kita selalu mengecek history transaksi dalam bulan yang lalu. Dalam history transaksi kita juga mengetahui kebutuhan apa saja yang penting dalam setiap bulannya. Jika ada kebutuhan yang tidak begitu diperlukan, selanjutnya menjadi catatan untuk tdak melakukan transaksi lagi.

  • Install Aplikasi Pengatur Keuangan

Meskipun tidak harus sempurna. Aplikasi pengatur keuangan bisa membantu kita dalam mengelola keuangan kita dalam satu bulan agar tidak boros.

  • Manfaatkan Promo

Pandai memanfaatkan promo yang sedang berlangsung di dompet digital bisa membantu kita untuk tidak boros dalam pengeluaran. Pemanfaatan promo ini sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan saja, jangan sampai terlena belanja kebutuhan yang tidak diperlukan. Tetap teliti sebelum eksekusi melakukan pembelian, karena setiap promo memiliki masa berlaku dan syaratnya.

  • Jangan Hubungkan Dompet Digital dengan Kartu Kredit

Peringatan keras ini jangan sampai kita lakukan. Karena resiko yang besar akan kita dapatkan jika kita menghubungkan dompet digital dengan kartu kredit, yaitu resiko boros dan pengeluaran semakin tidak bisa dikendalikan.

  • Jangan Sampai Ketergantungan

Transaksi yang mudah dengan iming-iming yang menggiurkan membuat kita bisa menjadi ketergantungan. Hal ini bisa ditanggulangi dengan cara banyak melakukan transaksi tunai saja. Jika melakukan transaksi tunai biasanya harus datang ketempat atau toko barang yang mau kita beli. Sehingga kadang malas untuk datang langsung ke toko, akhirnya transaksi tidak terjadi dan pengeluaran jadi hemat.

Nah, mungkin sedikit uraian tentang jenis-jenis aplikasi dompet digital di Indonesia yang perlu kita ketahui. Minimal kita bisa faham dan bisa juga menjadi rekomendasi ketika kita ingin menggunakan aplikasi dompet digital di Indonesia. Setelah mengenal dompet digital, selanjutnya juga bisa mengetahui cara penggunaannya agar bisa berhemat dengan beberapa tips yang sudah dipaparkan di atas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.