Home >> Teknologi >> Dampak Positif Teknologi Modern

Dampak Positif Teknologi Modern

Dampak Positif Teknologi Modern sangat berguna dalam semua bidang kehidupan saat ini. Perkembangan teknologi modern tidak bisa dibendung karena teknologi modern memiliki tahapan yang terus berlangsung hingga mencapai teknologi paling maju seiring perjalanan waktu. Hadirnya perkembangan teknologi ini memiliki dampak positif teknologi modern dengan berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh manusia.

Teknologi yang berubah dengan sangat cepat membuat sebagian orang menyesuaikan kondisi sesuai dengan perkembangan teknologi tersebut. Jika bisa beradaptasi dengan perkembangan ini maka dampak positif teknologi modern ini bisa dirasakan dan bermanfaat dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Contoh perkembangan teknologi yang bisa memberikan dampak positif teknologi modern diantaranya adalah ditemukannya komputer yang banyak membantu pekerjaan manusia sehari-hari.

Tidak lama ditemukan komputer berikutnya ditemukan ponsel yang sekarang berubah menjadi smartphone yang bisa menghubungkan jarak yang jauh melalui teknologi ini dengan sangat cepat, sehingga informasi atau pesan juga sangat cepat didapatkan.

Tidak mesti dampak positif teknologi modern yang didapatkan, namun dampak negatif dari perkembangan teknologi modern ini juga menjadi perhatian supaya tidak meluas dan menjadi kebiasaan. Sebagain orang lainnya juga banyak yang acuh dengan teknologi modern bahkan menolaknya karena sangat merugikan bagi dirinya mungkin. Seperti halnya jika mereka adalah bagian tenaga kerja dari sebuah pabrik yang di PHK karena modernisasi pabrik yang menggunakan mesin untuk efektivitas produksi. Jadi dampak negatif dari kemajuan teknologi pasti ada dan kita harus tetap menyadari hal tersebut.

Di tahun yang sangat sulit ini, perkembangan teknologi modern sangat dibutuhkan sekali. Adanya musibah wabah corona membuat sendi kehidupan menjadi sangat lemah karena dibatasinya interaksi langsung antar sesama sehingga harus memanfaatkan teknologi modern dalam berinteraksi. Dalam dunia kerja, rapat yang biasa dilakukan dengan bertemu langsung, maka saat ini dibatasi untuk memutus penyebaran virus. Sehingga dampak positif teknologi modern rapat dapat dilakukan melalui online secara real time hanya dengan menggunakan laptop atau smartphone di rumah masing-masing.

Memulai kehidupan baru di kondisi pandemi ini jika tidak memanfaatkan teknologi modern sangat berat sekali. Bagi anak muda yang mudah sekali melek teknologi tidak menjadi masalah yang berarti bagi mereka. Namun sebagian orang tua yang sulit beradaptasi dengan teknologi modern maka akan sangat tertinggal jauh dan bisa menyebabkan keterpurukan pada ekonominya. Nah, supaya kita bersemangat untk selalu mengikuti perkembangan teknologi, sebelumnya perlu menyimak apa saja dampak positif teknologi modern bagi kehidupan kita pada khususnya dan bagi manusia pada umumnya.

Dampak Positif Teknologi Modern

Dampak Positif Teknologi Modern

sumber : http://itdwiki.blogspot.com/

Penemuan Internet

Penemuan internet terbukti mampu merubah segala bidang kehidupan manusia, mulai dari sosial, ekonomi, pendidikan, bisnis, dan masih banyak bidang lainnya. Selain itu dengan hadirnya internet, maka jarak yang jauh bisa menjadi sangat dekat dan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat untuk mendapatkan informasi.

Penemuan Alat-alat Modern

sumber : https://republikseo.net/

  • Bidang Komunikasi

Penemuan alat modern di bidang komunikasi seperti telepon, ponsel, smartphone, laptop, dll, menjadi alat yang mempermudah untuk komunikasi kepada sesama dalam jarak yang sangat jauh dengan hanya membutuhkan waktu yang singkat.

  • Bidang Pertanian

Di bidang pertanian ditemukannya alat-alat modern seperti traktor dan mesin-mesin pengganti pekerjaan manual seperti mesin untuk menanam benih, mesin untuk memanen, dan banyak lagi mesin modern pertanaian lainnya yang sangat membantu para petani.

  • Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan juga banayak ditemukan alat-alat modern yang sangat membantu manusia. Seperti alat scan, rontgen, alat kemoterapy, dan masih banyak alat canggih kesehatan lainnya.

  • Bidang Industri

Di bidang industri mesin-mesin modern sudah banyak digunakan untuk efektivitas produksi. Selain itu mesin modern juga mampu menghasilkan produk yang berkualitas karena adanya kualiti kontrol yang ketat.

  • Bidang Transportasi

Transportasi semakin maju dengan bertambahnya kualitas seperti kenyamanan saat menaiki alat transportasi, selain kenyamaan, keamanan juga terus disempurnakan.

  • Bidang Bisnis

Pada bidang bisnis hampir mirip dengan perkembangan teknologi itu sendiri. Jadi perkembangan teknologi modern selalu diiringi oleh perkembangan bisnis. Jadi para bisnismen pastilah orang-orang yang selalu melek dengan teknologi, jika tidak maka akan sangat tertinggal jauh sekali.

Efesien Waktu

Dampak positif teknologi modern salah satunya adalah efesien waktu. Dengan hadirnya teknologi modern jarak tidak menjadi masalah karena bisa teratasi dengan teknologi modern. Pekejaan-pekerjaan berat juga tidak masalah karena bisa diselesaikan dengan alat-alat modern sehingga waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan menjadi sangat singkat sehingga waktu besar lainnya bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan lainnya. Jadi dampak positif teknologi modern sangat membantu dalam efesiensi waktu.

Kemudahan Dalam Akses Informasi

sumber : https://republikseo.net/

Jika di zaman dulu, informasi dari jarak jauh bisa didapatkan setelah membutuhkan waktu beberapa hari. Namun dengan perkembangan teknologi modern, maka akses informasi sangat mudah didapatkan dengan hanya membutuhkan waktu yang singkat dengan durasi waktu per menit bahkan per detik dan tidak perlu lagi menunggu waktu berhari-hari, apalagi berbulan-bulan.

Munculnya Inovasi Baru

Teknologi modern tidak harus memunculkan penemuan baru, tetapi cukup menyempurnakan penemuan sebelumnya dengan inovasi-inovasi yang baru. Dan inovasi yang baru ini selalu terjadi hingga saat ini denga tujuan semakin memudahkan pekerjaan manusia dari segala bidang kehidupan. Di negara-negara maju, inovasi baru hadir tidak perlu menunggu tahunan, tetapi dalam setiap bulan sudah sering muncul inovasi-inovasi baru pada teknologi modern. Misalnya dalam bidang komunikasi, smartphone dalam setiap bulannya selalu muncul type yang baru dengan fitur yang baru yang lebih update.

Dampak Negatif Teknologi Modern

sumber : https://www.daftarinformasi.com/

Jika berbicara dampak pasti ada positif dan negatif. Jadi tidak elok jika kita hanya berbicara tentang dampak positif teknologi modern saja, tetapi tidak bicara dampak negatifnya. Nah, apa saja dampak negatif teknologi modern bagi kehidupan manusia ? Selengkapnya akan kami bahas di bawah ini.

Kecanduan Sosial Media

Yang banyak terjadi dari dampak negatif teknologi modern salah satunya adalah kecanduan media sosial. Kemudahan dalam melakuakan pekerjaan memang bisa dilakukan dengan smartphone, namun hal ini banyak yang terjebak sehingga waktu-waktunya dihabiskan dengan benda kecil ini, sehingga kewajiban-kewajiban lainnya menjadi tidak terurus. Jika ibu-ibu mungkin lupa dengan kewajiban mendidik anaknya karena sudah disibukkan dengan main sosial media.

Untuk anak-anak biasanya dilenakan dengan permainan game online yang sangat mencandu bahkan sampai menyebabkan dampak negatif serius hingga kematian. Teknologi modern memang ibarat pedang bermata dua, jika tidak bijak dalam memanfaatkannya maka akan tergores atau tertusuk sendiri, yaitu terjebak dalam hal-hala negatif.

Menggantikan Peran Manusia

Hadirnya teknologi modern memang banyak manfaatnya, tetapi juga memiliki dampak negatif yang banyak juga menggantikan peran manusia dalam melakukan pekerjaan. Sehingga lapangan pekerjaan semakin sempit, apalagi di negara-negara maju pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia sekarang sudah banyak digantikan dengan robot-robot.

Menurunkan Kualitas Belajar

Untuk anak-anak usia sekolah dampak negatif yang terjadi karena perkembangan teknologi modern salah satunya adalah menurunnya kualitas belajar anak. Budaya literasi semakin menurun karena kesulitan mata pejaran sekolah dipecahkan dengan cara instan melalui mesin pencarian di internet. Padahal budaya literasi yang baik akan memberikan dampak positif dalam kualitas belajar dan berfikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.