Home >> Voucher Game Online >> Dampak Bermain Game Online

Dampak Bermain Game Online

Dampak positif dan negatif juga merupakan dampak bermain game online. Game online yang semakin disukai oleh banyak kalangan di era milenium ini menjadi aktivitas yang sering dilakukan setiap hari. Game online hari ini tidak sekedar sebagai hiburan saja. Tetapi, bermain game online saat sudah menjadi hobi bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak, anak, muda, dan orang dewasa, bahkan orang tua.

Bermain game online saat ini bisa dimainkan lewat PC atau via smartphone. Namun, seiring perkembangan teknologi, penggunaan smartphone lebih banyak digunakan untuk bermain game online. Karena smartphone yang mudah di bawa kemana-mana bisa lebih dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang para gamer. Seperti saat menggu antrian, saat rehat dari pekerjaan, dan lain-lainnya. Bagi kamu pecinta game online, perlu kamu ketahui beberapa dampak negatif dan positinya bermain game online. Apa saja dampak bermain game online ? Selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Dampak Negatif Dari Bermain Game Online

sumber : https://makassarmetro.com/

Meskipun ada dampak positifnya dalam permainan game online, alangkah baiknya kami jelaskan dulu poin-poin dampak negatif dari bermain game online. Supaya gamer tidak terlalu menyepelekan tentang permainan game online.

  • Bikin Kecanduan

Bermain Game online bisa membuat siapapun menjadi kecanduan. Karena awal bermain game online hanya untuk hiburan saja. Kemudian penasaran dengan lever permainan berikutnya. Akhirnya permainan game online bikin pemain kecanduan. Kecanduan game online saat ini terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Yang membuat kecanduan bermain game online adalah karena fasilitas yang mudah didapatkan seperti smartphone yang selalu ada di tangan maupun saku baju atau celana kamu. Sehingga kecanduan ini sulit untuk dihilangkan.

  • Lupa Waktu

Bermain game online menjadikan waktu terasa cepat. Sehingga bermain game online di depan PC atau di smartphone tidak akan terasa meskipun sudah bermain selama berjam jam. Lupa waktu ini kadang juga melupakan makan, minum dan aktivitas lainnya yang lebih penting seperti ibadah, belajar, mengerjakan tugas sekolah bagi gamer pelajar.

  • Tubuh Rentan Sakit

Bermain game online di depan monitor atau di depan layar hp selama berjam-jam dan ini dilakukan sehari-hari akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Karena radisi dari monitor ataupun layar hp membuat tubuh kebugarannya menurun. Sehingga hal ini yang menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit.

  • Bikin Malas

Karena bermain game online dilakukan selama berjam-jam sehingga melupakan aktivitas penting lainnya. Dan dampak bermain game online berjam-jam ini membuat para gamer ini menjadi malas melakukan kegiatan lainnya karena sudah capek.

  • Sulit Konsentrasi Dalam Pekerjaan

Bagi gamer pelajar, bermain game online bisa berdampak sulit konsentrasi dalam pelajaran. Karena masih terbayangkan tentang game-game online yang telah dimainkan selama berjam-jam. Sedangkan, bagi orang dewasa, bermain game online memberikan dampak kurangnya konsentrasi dalam melakukan pekerjaan. Sehingga pekerjaan tidak bisa diselesaikan secara maksimal.

  • Dapat Merusak Mata dan Saraf

sumber : https://www.bungfei.com/

Aktivitas di depan monitor komputer atau layar hp yang dilakukan terus menerus karena bermain game online akan berdampak pada menurunnya penglihatan dan bisa merusak saraf. Hal ini disebabkan oleh radiasi dari monitor dan layar hp yang berdekatan dengan mata. Dan kerusakan saraf disebabkan oleh grafis permainan-permainan dalam game online tersebut.

  • Kurangnya Sosialisasi

Sebagai manusia seharusnya sering melakukan interaksi dengan manusia lainnya, hal ini merupakan sunatullah sebagai manusia. Namun, bermain game online ini membuat para gamer ini menjadi manusai yang jarang berinteraksi langsung dengan manud=sia lainnya karena sudah asyik dengan dunia game online. Hal ini akan bisa berdampak buruk di dalam masyarakat nantinya.

  • Sulit Berinteraksi

Game online membuat , para gamer sulit berinteraksi dengan orang lain di masyarakat karena waktunya sudah dihabiskan untuk main game. Hal ini akan berbahay jika game online sudah bikin kecanduan anak-anak, karena otak anak yang terkenal sangat lincah, aktif, dan penuh ekplorasi sedikit demi sedikit akan tumpul bila kehidupannya hanya dalam satu ruangan saja. Sehingga berinteraksi secara langsung dalam dunia nyata sangat diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

  • Menimbulkan Stress

Awalnya bermain game adlah untuk hiburan agar tidak stress. Namun, hal ini bisa menjadi berkebalikan, yang awalnya biasa-biasa saja karena bermain game online di lakukan selama berjam-jam, maka justru akan berdampak menjadi stress karena otak dan tubuh yang kelelahan. Sehingga emosi menjadi sulit dikendalikan yaitu gampang marah, dan gampang kesal.

Dampak Positif Dari Bermain Game Online

sumber : https://indihome.co.id/

Selain memiliki dampak negatif, bermain game online juga memiliki dampak positifnya. Apa saja dampak positifnya ? mari kita cek selengkapnya di bawah ini.

  • Menambah Teman

Pertemanan via dunia maya akan bertambah karena permainan dalam game online ada yang dilakukan oleh beberapa orang ketika bermain. Dan permainan ini dilakukan secara online. Pertemanan sesama gamer secara offline juga bisa dilakukan apabila gamer sering main game di game rental atau pusat game online. Di sana ada banyak berkumpul gamer dan mereka saling mengenal satu dengan lainnya.

  • Membuat Berpikir Semakin Cepat

Jika bermain game online dengan game-game tertentu seperti game strategi yang menuntut untuk berpikir cepat, maka dampak positifnya bisa membuat berpikir para gamer ini semakin cepat. Karena dalam game ini biasanya di tuntut untuk mengambil keputusan yang cepat supaya permainan bisa dimenangkan.

  • Menambah Kemampuan Bahasa Asing

Game online mayoritas berbahasa asing karena game online mayoritasnya berasal dari luar negeri. Bahas yang digunakan pada umumnya adalah bahasa inggris. Sehingga secara tidak sadar gamer terbiasa dengan bahasa inggris tersebut itu meskipun awalnya kemampuan bahsa inggris yang dimiliki gamer sangat rendah.

  • Mengurangi Stres

sumber : https://makassar.tribunnews.com/

Stres bisa dialami oleh siapa saja mulai daroi anak-anak hingga orang tua. Salah satu untuk mengobati stres menerut beberapa orang adalh dengan bermain game online. Namun permainan yang dilakukan tidak boleh berlebihan, misalnya bermain game tidak dilakukan berjam-jam. Jika permainan dilakukan berjam-jam justru akan menambah stresnya.

  • Melatih Kesabaran

Kesulitan permainan game online bisa melatih para gamer untuk bersabar untuk melewati rintangan kesulitan tersebut. Kesulitan dalam permainan game online kadang bisa diselesaikan dalam waktu yang lama. Jika memiliki kesabaran, maka permainan dapat terselesaikan.

  • Melatih Ketangkasan

Ketangkasan bisa dilatih dengan bermain game online. Karena jenis game online juga beragam,sehingga bisa memilih jenis permainan yang bisa meningkatkan ketangkasan kamu. Ketangkasan biasanya satu paket dengan kejelian dalam melakukan permainan.

  • Mendapat Penghasilan

Sekarang ada banyak game yang dilombakan, istilah kerennya esport. Pada permainan ini biasanya diadakan berkala dengan total hadiah hingga ratusan juta rupiah. Sehingga banyak para gamer ingin menjadi yang terbaik, karena permainan ini dilakukan atau berkompetisi dari berbagai negara di dunia. Selain itu untuk mendapatkan penghasilan dari game biasanya dengan menjual komponen dalam permaian game online seperti Item kepada pemain lainnya.

Demikianlah beberapa dampak negatif dan positif game online. Saran kami boleh bermain game asalkan tidak berlebihan supaya pekerjaan lainnya bisa dilakukan dengan tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.