Home >> Tips dan Trik >> Cara Unik Menghemat Listrik

Cara Unik Menghemat Listrik

Menghemat listrik dipedesaan lebih mudah dari pada menghemat listrik diperkotaan. Jika anda tinggal di desa alternatif pekerjaan sehari-hari bisa dilakukan secara manual tanpa ada bantuan tenaga listrik. Namun jika anda tinggal dikota, menghemat listrik ini sulit dilakukan. Karena pekerjaan sehari-hari banyak dilakukan dengan menggunakan energi listrik karena beberapa faktor yang anda harus menggunakan energi listrik dalam melakukan pekerjaan.

cara unik hemat listrik

Dalam setiap bulannya saja sudah cukup banyak untuk membayar tagihan-tagihan mulai dari hal yang kecil seperti harus membayar jasa pembuangan sampah dan tagihan untuk membayar jasa-jasa yang lainnya. Belum lagi jika anda membayar tagihan listrik tiap bulannya dengan tagihan yang fantastis, maka akan jebol kantong anda untuk membayar tagihan-tagihan bulanan. Bagi anda yang tinggal diperkotaan ada bebera cara untuk menghemat listrik dirumah anda.

Berikut cara unik menghemat listrik dirumah anda :

1.Tidak membeli TV

tidak membeli tv

Pertama, tidak banyak manfaatnya dalam tontonan TV sekarang, jika memerlukan informasi sekarang cukup via online saja melalui handphone yang anda punya. Jika ingin hiburan sebaiknya jalan-jalan keluar silahturahim ketetangga akan lebih bermanfaat. Tanpa TV maka waktu anda bisa dimanfaatkan untuk aktifitas yang positif, seperti membaca buku, membikin kreatifitas yang bermanfaat, dan lain-lainnya. Jadi listrik dirumah hanya terpakai oleh hal-hal yang memang sangat penting, sehingga biaya listrik dalam sebulan akan ringan.

2.Memasak nasi dengan kompor

menanak nasi di kompor

Adanya mesin penanak nasi membuat banyak orang malas untuk memasak nasi secara manual, padahal memasak nasi dengan mesin harus membutuhkan listrik, apalagi supaya nasi tetap hangat maka mesin penanak nasi tadi harus menyala terus dalam mode menghangatkan nasi. Aktifitas tersebut jelas mengkonsumsi listrik banyak, sehingga bisa memberatkan biaya bulanan listrik anda. Dengan menanak nasi di kompor maka nasi akan lebih sehat, kandungan gizinya tidak berubah, beda dengan nasi yang terus dihangatkan oleh mesin penanak nasi maka kandungan gizinya akan berubah.

3.Mencuci baju manual

manual mencuci baju

JIka mencuci baju menggunakan mesin pencuci baju jelas itu akan mengkonsumsi listrik besar. Tetapi jika anda mencuci baju secara manual, maka tidak akan menggunakan listrik sama sekali. Aktifitas tersebut betul-betul menghemat listrik dirumah anda. Anggap saja mencuci baju secara manual sebagai olah raga rutinan anda, maka tubuh anda akan tetap sehat dan bugar.

4.Pasang sumur pompa

sumur pompa

Mengambil air dengan sumur pompa 100% tidak akan mengkonsumsi listrik, dalam kondisi listrik padampun anda tetap bisa mendapatkan air dengan cara memompa. Selain anda menggunakan pompa air otomats, sumur pompa menjadi alternatif dalam menghemat listrik dirumah anda.

5.Desain rumah hemat energi

rumah hemat energi

Ventilasi harus banyak, banyak menanam pohon kecil atau bunga agar udara di sekitar rumah sejuk. Jika perlu pasang tenaga surya sebagai alternatif untuk penerangan didalam rumah. Atap bangunan yang tinggi supaya didalam rumah terasa adem dan anda tidak perlu lagi menggunakan AC atau kipas angin.

Demikian beberapa cara-cara unik dalam menghemat listrik dirumah, agar biaya tiap bulan bisa menjadi ringan dan anda tidak terbebani lagi dengan biaya yang tinggi. Aktifitas menghemat itu kuncinya adalah dari pembiasaan, awalnya memang ribet mungkin, tetapi kalau sudah terbiasa anda akan mudah dan ringan sekali melakukannya. Semoga cara unik diatas bisa bermanfaat bagi semua orang baik didesa maupun dikota, dan semakin banyak orang yang membiasakan dengan penghematan listrik ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *