Home >> Tips dan Trik >> Cara Sederhana Menghemat Listrik

Cara Sederhana Menghemat Listrik

Kesalahan dalam memilih pemimpin sebuah negara akan berdampak pula pada kehidupan kita sehari – hari. Karena seorang pemimpin negara yang kurang memiliki kemampuan mengelola negara, maka kebijakan – kebijakan yang diambilnya akan berdampak negatif pada sebagian besar masyarakatnya. Seperti di negeri ini, jika kita amati dan rasakan sumber daya alam yang seharusnya sebagian besar dinikmati oleh rakyatnya justru sebaliknya, banyak sumber daya alam dinikmati oleh negara lain, serta banyak permasalahan lainnya yang tidak kita sebutkan disini.

cara hemat listrik

Satu permasalahan dari banyak masalah pada negeri ini adalah tentang tarif listrik, semakin hari tarif listrik semakin naik. Terbukti sekarang sudah tidak adanya subsidi listrik kepada pelanggan PLN, kecuali pengguna listrik dengan daya 450 VA. Padahal pengguna listrik dengan daya 900 VA sebagian besarnya adalah masyarakat ekonomi kelas bawah. Sehingga mereka merasa berat untuk membiayai listrik saja, apalagi keperluaan – keperluan lainnya juga masih banyak.

Agar biaya listrik yang kita keluarkan per bulan tidak membengkak, maka kita harus melakukan penghematan listrik dirumah kita, berikut ini caranya :

1.Menggunakan listrik seperlunya

matikan tv

Menyalakan alat elektronik ketika kita membutuhkan saja, selepas itu kita matikan. Jangan sampai menyalakan alat elektronik sampai boros, contohnya banyak terjadi ketika menonton TV sampai tertidur didepan TV dan TV masih menyala. Hal seperti itu kita hindari karena salah satu pemborosan listrik.

2.Cabut kabel dari sumber listrik

cabut kabel

Kabel charger hp, kabel alat – alat elektronik sebaiknya kita cabut dari sumber listrik jika kita tidak menggunakannya. Sejatinya jika kabel masih terhubung dengan sumber listrik meskipun alat elektronik tidak dinyalakan maka alat tadi masih mengkonsumsi listrik meskipun sedikit. Tetapi jika kita mencabutnya maka kita bisa menghemat listrik walaupun sedikit.

3.Matikan lampu di pagi dan siang hari

matikan lampu

Pagi dan siang hari cukup memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan dirumah kita. Lampu hanya kita nyalakan dimalam hari saja, itupun ketika menjelang tidur lampu kita matikan, dan hanya beberapa lampu saja yang menyala sampai pagi untuk penerangan depan dan belakang rumah kita.

4.Gunakan setrika otomatis

setrika otomatis

Setrika yang memiliki pengatur panas yang otomatis akan lebih menghemat listrik, karena ketika panas yang kita perlukan terpenuhi maka setrika akan mati dengan otomatis dan ketika panas yang kita butuhkan belum terpenuhi maka setrika akan menyala dengan sendirinya.

5.Gunakan mesin cuci dengan tepat

mesin cuci

Mencuci pakaian kotor yang sedikit sebaiknya cukup dengan mencuci manual pakai tangan saja. Gunakan mesin cuci jika pakaian kotor yang akan kita cuci banyak. Begitupun dengan menggunakan pengering baju kita gunakan saat dimusim penghujan saja, jika dimusim kemarau kita memanfaatkan sinar matahari sudah cukup[.

6.Gunakan Penanak nasi seperlunya

menanak nasi

Ketika menanak nasi sebaiknya menggunakan air panas supaya nasi cepat matang, setelah matang penanak nasi kita matikan, dan kita nyalakan 10 menit ketika menjelang kita makan supaya nasi hangat. Jadi tidak perlu dinyalakan terus selama nasi masih ada dalam mesin penanak nasi karena akan membikin listrik kita boros.

7.Gunakan lampu LED

lampu led

Harga lampu LED memang sedikit agak mahal dari lampu biasa, tetapi kita akan terbantu dengan lampu LED karena dengan Watt kecil saja lampu LED bisa memberikan penerangan ruangan cukup sesuai dengan yang kita inginkan.

Demikian beberapa cara menghemat listrik yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita dalam menggunakan listrik dirumah kita. Semoga cara – cara diatas bisa mengatasi masalah biaya listrik yang kita bayarkan tiap bulannya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *