Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Cara Pintar Menggunakan Listrik Prabayar

Cara Pintar Menggunakan Listrik Prabayar

Dicabutnya subsidi listrik oleh pemerintah, sehingga biaya listrik tiap bulan otomatis naik.Yang sering menjadi kendala banyak rumah tangga adalah biaya listrik terlalu besar sehingga ini akan berpengaruh kepada biaya pengeluaran. Apalagi dalam setahun tarif dasar listrik (TDL) bisa naik beberapa kali sehingga menambah besar pengeluaran dalam membeli pulsa listrik.

Belum lagi beberapa item tambahan biaya yang dibebankan kepada konsumen listrik seperti beban biaya administrasi sebesar Rp 1.300-1.600 per transaksi oleh bank, Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang besarnya maksimal 10% sesuai Pemerintah Daerah masing-masing pelanggan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%, dan tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas 300 ribu rupiah. Akibatnya, jumlah kWh yang didapatkan semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar. ( baca : Penyesuaian tarif listrik agar subsidi tepat sasaran )

Dimanapun kalian tinggal entah di rumah sederahana, rumah skala besar atau apartement kalian pasti ingin memangkas biaya pengeluaran terutama listrik sebagai kebutuhan primer hampir setiap orang. Nah berikut kami akan membagikan tips menarik bagaimana kalian dapat mencoba untuk mengurangi biaya listrik kalian.

1.Pilih daya listrik sesuai kemampuan

pilih daya listrik

Tahukah kamu jika beda daya listrik maka beda pula harga per kWh listriknya? Ya, untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah karena diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Artinya setiap pembelian pulsa listrik golongan daya listrik 450 VA atau 900 VA akan mendapat jumlah kWh listrik yang lebih banyak daripada golongan daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan seterusnya. Jadi perkirakan dulu berapa daya listrik yang kalian butuhkan untuk pemakaian sehari-sehari.

Jika terlalu besar maka kalian bisa minta kepada kantor PLN terdekat untuk menurunkan daya listrik. Semakin besar daya listrik yang kalian gunakan semakin mahal pula harga per kWh listriknya.

 

2.Gunakan pulsa listrik ( prabayar )

pulsa listrik prabayar

 

Kenapa banyak orang sekarang beralih ke sistem listrik prabayar? banyak alasan yang mendorong banyak orang beralih ke sistem prabayar, salah satunya adalah hal ini akan mempermudah kalian mengontrol pemakaian listrik yang disesuaikan dengan pulsa yang kalian beli setiap bulannya.

Karena sistem kerja lsitrik prabayar adalah berdasarkan pulsa maka saat kalian kehabisan pulsa karena pemakaian yang berlebihan maka listrik akan padam, memang ini terlihat seperti sedikit menyulitkan tetapi dengan cara ini kalian akan tau bagaimana cara mengatur alokasi listrik yang tepat untuk menghindari keborosan yang tidak perlu.

3.Menggunakan kabel SNI yang berkualitas baik dan teruji.

Kabel yang berkualitas akan mencegah terjadinya kerak kabel yang ikut memboroskan listrik yang kita konsumsi. Maka segera ganti kabel yang tua dan berkerak dengan kabel baru yang baik.

4.Mencabut steker atau colokan tidak digunakan.

steker cabut

Penghematan listrik bisa dilakukan dengan mematikan alat yang tidak digunakan sampai benar-benar mati. Sering kali kita menancapkan charger hp atau laptop dan lainnya selama bertahun-tahun yang sebenarnya mengkonsumsi listrik secara terus menerus meskipun tidak digunakan.
5.Tidak menggunakan alat listrik secara bersamaan.

Sehingga akan mengkonsumsi listrik yang cukup tinggi secara simultan. Hal ini akan membuat meteran listrik Anda berlari kencang.
Apabila Anda menggunakan pompa air, gunakanlah tandon air dan isilah air pada siang hari saat beban listrik tidak terlalu tinggi.

6.Pengaturan isi pulsa

Pengaturan isi pulsa sebenarnya tidak bisa digunakan pada semua orang. Karena pengaturan ini hanya mempengaruhi kondisi psikologis saja. Untuk Anda yang berperilaku hemat apabila pulsa listrik sedikit, maka Anda jangan pernah mengisi pulsa langsung banyak, sehingga Anda akan memiliki perilaku berhemat karena malas membeli pulsa.

7. Penggunaan kode rahasia

Penggunaan kode rahasia hanya diperuntukkan bagi meteran 1300 vA keatas. Dan penggunaan kode ini terbatas pada sector tertentu. Kode setting meteran listrik prabayar biar irit merupakan kode yang diberikan oleh PLN sehingga legal, cara mengeceknya adalah dengan mengakses web PLN pada info prepaid kemudian masukkan CostumerID atau No.Meteran. Kemudian Lihat di bagian bawah “Transaksi Token kwh Non Tunai” akan muncul nomer token. Copy kodenya dan masukan ke meteran.
Cara setting meteran listrik prabayar biar irit bisa dilakukan dengan cara yang legal tanpa melanggar hukum. Tidak disarankan untuk mengutak-atik meteran PLN, karena dapat mengakibatkan kerusakan sehingga kebutuhan listrik Anda terganggu dan harus repot memanggil petugas untuk memperbaikinya. Selalu gunakan cara yang aman dan legal untuk kebutuhan listrik Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *