Home >> Tips dan Trik >> Cara Pengaduan Pelanggan Listrik Ke PLN

Cara Pengaduan Pelanggan Listrik Ke PLN

Sejak diluncurkannya sistem listrik prabayar hingga sekarang, banyak terjadi permasalahan pada pelanggan listrik prabayar. Permasalahan yang sering terjadi adalah terjadinya error pada meteran listrik prabayar, seperti munculnya tulisan periksa pada disply meteran hingga gagal input token listrik yang sudah pelanggan beli. Dari permasalahan yang pelanggan hadapi sebagian besar dari mereka tidak tahu bagaimana caranya melakukan penengaduan ke PLN.

layanan PLN

Padahal PLN sudah memberikan beberapa jalur layanan dalam melakukan pengaduan tentang permasalahan listrik yang pelanggan hadapi agar permasalahan cepat ditangani dan kembali normal lagi.

Berikut beberapa cara pengaduan kepada PLN tentang permasalah listrik yang pelanggan hadapi :

contact center pln

1.Melalui Telepon dan Ponsel

Untuk Telepon PSTN : call 123 (tarif lokal )
Untuk Ponsel : Masukkan kode area kemudian masukkan 123, contohnya 0354 kemudian tekan 123 ( tarif provider ), jadi 0354123 kemudian tekan panggilan. Setelah menekan kode tersebut pelanggan akan diberikan 3 pilihan layanan yaitu :

a) Tekan 1 untuk layanan informasi tagihan listrik
b) Tekan 2 untuk layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan
c) Tekan 3 untuk layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.

2.Melalui Email : pin123@pln.co.id

Pelanggan PLN yang lebih suka melakukan pengaduan via email bisa melalui email PLN yaitu pin123@pln.co.id. Selain bisa melakukan pengaduan pelanggan bisa juga melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, dan informasi pelanggan.

3.Melalui SMS via Ponsel

Melalui sms dari ponsel pelanggan dengan mudah bisa mendapatkan layanan dari PLN seperti gangguan, keluhan dan layanan lainnya. Cukup via sms dari ponsel dengan mengirim format ketik : INFO , kemudian kirim ke 0838 8888 123

4.Melalui Facebook lewat akun PLN123

Aplikasi Facebook juga sudah menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh pelanggan PLN sehingga lebih mudah melakukan pengaduan dan keluhan jika terjadi permasalahan pada listrik pelanggan. Kemudian melalui Facebook juga bisa mendapatkan layanan penyambungan baru, penyambungan sementara, perubahan daya, dan informasi pelanggan.

5.Melalui Twitter akun @pln_123

Melalui twitter pun, pelanggan juga bisa mengakses informasi seperti pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Jadi dari beberapa jalur layanan yang telah disediakan oleh PLN, maka pelanggan PLN akan dimudahkan jika terjadi permasalahan dengan listrik dirumahnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *