Home >> Tips dan Trik >> Cara Mudah Menghemat Listrik

Cara Mudah Menghemat Listrik

Kebiasaan menghemat listrik muncul disebabkan beberapa faktor, pertama adalah karena semakin mahalnya tarif dasar listrik yang disebabkan dari kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada sebagian besar rakyatnya. Terbukti dengan dicabutnya subsidi untuk pelanggan listrik, padahal subsidi adalah hak semua rakyat baik yang kaya maupun miskin karena sumber daya alam dikelola negara dan untuk semua rakyatnya. Kedua adalah besarnya biaya tagihan listrik dalam setiap bulannya sehingga sebagian besar pengeluaran rumah tangga adalah untuk biaya listrik. Dari beberapa faktor tadi maka munculah kegiatan penghematan listrik supaya biaya listrik terjangkau dan keuangan rumah tangga bisa untuk pos lainnya yang lebih penting juga.

Berikut cara mudah dalam menghemat listrik dirumah :

1.Pasang daya listrik sesuai dengan kebutuhan rumah

daya yang sesuai

Daya yang besar tarif dasar listriknya juga mahal, daya harus disesuaikan dengan kebutuhan listrik didalam rumah. Besar kecilnya rumah juga berpengaruh dengan besaran daya yang harus dipasang karena rumah yang besar tentu membutuhkan penerangan yang lebih banyak dimalam harinya sehingga membutuhkan daya yang besar. Selain itu semakin banyak alat elektronik didalam rumah juga berpengaruh dengan daya yang harus dipasang karena untuk keamanan listrik didalam rumah supaya tidak terjadi njeglek karena daya yang digunakan melampau kekuatan daya yang terpasang. Jadi pasanglah daya listrik yang pas supaya tidak terjadi pemborosan listrik.

2.Pasang listrik sistem prabayar

pasang listrik prabayar

Listrik pascabayar juga ada keunggulannya seperti tidak akan terjadi pemadaman selama tidak ada gangguan dari PLN, namun tidak bisa mengontrol pemakain listrik dirumah yang mengakibatkan tagihan listrik membengkak. Beda dengan listrik prabayar, pelanggan bisa mengontrol penggunaan listrik karena jika penggunaan melebihi perkiraan yang kita tetapkan maka listrik akan padam otomatis jika stoorm dirumah habis. Untuk menyalakan kembali harus mengisi stroom lagi. Dari sistem tersebut penggunaan listrik akan bisa dikontrol dan bisa menghemat biaya listrik dalam tiap bulannya.

3.Ganti lampu dirumah dengan lampu LED

rumah dengan lampu led

Semua lampu dirumah diganti lampu LED yang hemat listrik, karena memiliki Watt yang rendah dengan daya terang yang tinggi. Dari sisi harga lampu LED memang sedikit mahal, namun penggunaan LED sangat bisa menghemat listrik dirumah dan akan bisa dirasakan dalam tiapb bulannya biaya listrik menjadi ringan.

4.Gunakan peralatan elektronik bentuk LED

gunakan tv led

TV LED, monitor LED, akan menghemat listrik lebih banyak dari pada menggunakan TV tabung dan monitor tabung karena perbedaan daya yang digunakan 100 % bahkan lebih. Misalakan daya TV LED 40 watt maka TV tabung bisa 100 watt dengan besaran inchi yang sama.

5.Gunakan termos penghangat nasi

termos penghangat nasi

Biasanya alat penanak nasi sudah otomatis dengan penghangatnya jika sudah matang nasinya. Untuk menghangatkan nasi dalam alat tersebut tentunya listrik akan terkonsumsi banyak karena alat tersebut terus menyala. Supaya bisa menghemat listrik dan nasi bisa tetap hangat sebaiknya menggunakan termos penghangat nasi, caranya setelah nasi matang, nasi dipindah dalam termos penghangat nasi dan nasi akan tetap hangat dan listrik tidak terkonsumsi sehingga biaya listrik bisa ringan.

6.Membeli alat elektronik yang dibutuhkan saja

kipas angin

Di negeri ini iklim sangat ramah sehingga ketika terjadi kemarau panasnya pun tidak sepanas dinegeri timur tengah, dan ketika terjadi musim hujan dinginnya pun juga tidak sedingin dinegeri eropa. Jadi alat pendingin seperti AC sebetulnya tidak diperlukan, lebih baik menggunakan kipas angin saja atau memasang fentilasi yang baik dalam rumah agar udara didalam rumah bisa sejuk. Dengan cara seperti itu maka tidak keluar biaya mahal untuk membeli AC dan biaya listrik, sehingga biaya listrik menjadi ringan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *