Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Cara Mudah Menghemat Listrik

Cara Mudah Menghemat Listrik

Kebijakan penting sebuah negara akan baik jika pemimpinya baik dan cakap mengurus negara. Tetapi jika tidak cakap dalam mengurus negara, maka kebijakan-kebijakannya selalu memberatkan rakyatnya. Salah satu kebijakan yang memberatkan rakyatnya adalah menaikkan tarif kebutuhan penting , seperti tarif listrik dan menghapus subsidi bagi rakyatnya.

sumber : https://mommiesdaily.com

Bagi rakyat untuk kenaikan tarif listrik, hanya bisa melakukan upaya penghematan, meskipun masih saja biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya masih besar. Namun penghematan listrik ini minimal bisa mengurangi biaya hidup dalam satu bulan meskipun tidak optimal.

Berikut ini beberapa cara mudah menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah :

1.Memakai listrik seperlunya

Nyalakan alat yang menggunakan listrik seperlunya jika diperlukan. setelah selesai dimatikan. Jangan sampai boros listrik, contohnya menyalakan lampu diruangan yang tidak terpakai, nonton tv sampai tertidur, dan masih banyak lagi hal boros listrik lainnya yang harus dihindari.

2.Cabut kabel colokan

Kabel colokan alat listrik, seperti tv, carger hp, dan alat-alat elektronik lainnya, jika tidak digunakan dicabut saja coclokannya dari sumber listrik. Maksudnya jangan sampai kondisi standby, karena kondisi standby masih mengkonsumsi listrik meskipun sedikit. Hal ini akan boros listrik jika dilakukan terus menerus dan alat elektronik yang digunakan banyak.

3.Nyalakan lampu di malam hari saja

Pagi dan siang hari cukup diterangi cahaya matahari saja. Supaya pencahayaan terang dirumah dipasang jendela dan ventilasi yang banyak. Kemudian menyalakan lampu dimalam hari tidak sampai pagi. cukup sampai menjelang tidur saja kemudian lampu dimatikan lagi.

4.Beli setrika otomatis

Jika belum memiliki setrika otomatis, silahkan beli baru setrika otomatis. karena setrika tersebut mampusecara otomatis mati dan menyala sesuai dengan panas yang diinginkan. Kemudian baju juga aman dari setrika yang terlalu panas yang bisa merusak baju tersebut.

5.Cerdas menggunakan mesin cuci

Cerdas menggunakan mesin cuci artinya mampu memperkirakan penghematan listrik, yaitu jika baju kotor sedikit sebaiknya cukup mencuci manual saja. Menggunakan mesin cuci dilakukan jika baju kotor banyak. Kemudian pengering baju digunakan saat hujan saja, jika cuaca panas cukup sinar matahari menjadi pengering alami.

6.Gunakan rice cooker seperlunya

Biar hemat dalam menanak nasi gunakan air panas agar nasi cepat matang, setelah matang rice cooker dimatikan, kemudian nyalakan lagi 10 menit sebelum menjelang makan agar nasi hangat. Jadi kebiasaan tersebut akan menghemat listrik cukup baik.

7.Pasang lampu LED

Lampu LED sudah terbukti lebih hemat dan sinar juga terang dengan perbandingan antara lampu LED dengan lampu biasa.

Demikian beberapa cara mudah menghemat listrik yang bisa diaplikasikan di rumah. Semoga beberapa cara diatas bisa mengurangi biaya listrik tiap bulannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *