Home >> Tips dan Trik >> Cara Mudah Menghemat Listrik

Cara Mudah Menghemat Listrik

Last Updated on

Pemimpin sebuah negara juga akan berpengaruh pada kehidupan kita sehari – hari. Karena seorang pemimpin negara yang tidak bisa mengelola negara, akan berdampak pada kebijakan – kebijakan yang diambil. Seperti di sebuah negeri maritim, sumber daya alam yang kaya, namun sebagian besar dinikmati oleh para kapitalis.

sumber : https://www.liputan6.com

Salah satu masalah yang dihadapi rakyat saat ini, adalah biaya listrik yang tinggi, sehingga rakyat merasa terbebani dengan tarif yang diberlakukan oleh pemerintah. Jadi hanya cara berhemat saja menjadi solusi bagi rakyat saat ini, itupun tidak begitu maksimal untuk menekan biaya listrik yang mahal saat ini.

Berikut cara mudah menghemat listrik :

Gunakan listrik seperlunya

Nyalakan alat elektronik saat kita membutuhkan, kemudian kita matikan jika sudah tidak digunakan. Jangan sampai boros, seperti menonton TV sampai tertidur, dan TV masih menyala. Aktivitas tadi kita hindari karena merupakanpemborosan listrik.

Cabut kabel dari stop kontak

Semua alat elektronik jika tidak digunakan, sebaiknya dicabut dari stop kontak listrik agar tidak ada lagi listrik yang terpakai. Jika dalam kondisi stanby, listrik sebenarnya masih terpakai meskipun sedikit. Namun dari sedikit tersebut jika lama dan banyak alat dalam kondisi tersebut maka listrik lama-lama juga boros.

Matikan lampu pagi dan siang hari

Pagi dan siang hari, memanfaatkan cahaya dari matahari, kemudian ventilasi dan pntu juga dibuka jika kita sedang dirumah. Menyalakan lampu hanya dilakukan pada malam hari saja, itupun tidak semua lampu harus dinyalakan, tetap nyalakan lampu yang diperlukan saja.

Pakai setrika otomatis

Pengatur panas membuat listrik menjadi lebih hemat daripada setrika yang tidak otomatis karena setrika terus memakan listrik meskipun panas yang diinginkan sudah terpenuhi.

Gunakan mesin cuci dengan cerdas

Mencuci pakaian kotor yang banyak dengan sekali cuci, artinya mencuci baju menunggu hingga pakaian kotor menumpuk banyak, sehingga kita tidak sering menyalakan mesin cuci.

Gunakan air panas dalam menanak nasi

Menanak nasi sebaiknya menggunakan air panas agar nasi cepat matang, kemudian penanak nasi kita matikan, dan dinyalakan lagi 10 menit sebelum menjelang makan agar nasi hangat. Jadi listrik bisa berhemat.

Pakai lampu LED

Harga lampu LED memang agak mahal dari lampu biasa, namun dengan lampu LED listrik bisa dihemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *